Uncategorized

Dolar AS Melemah, Harga Emas Naik Tipis

Harga emas Antam hari ini naik Rp2.000 per gram | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Harga emas acuan dunia pada penutupan perdagangan di Bursa New York Rabu sore waktu setempat (Kamis pagi WIB) kembali naik setelah kurs dolar Amerika Serikat melemah terhadap sejumlah mata uang dunia. Hal tersebut disebabkan ketidakpastian soal kenaikan suku bunga di AS, yang selama ini dinanti pelaku pasar.

harga emas di PT Aneka Tambang Tbk (Antam), Kamis 15 September 2016 berdasarkan data Unit Bisnis Antam, untuk pembelian di kantor Pulogadung, harga emas dibanderol Rp605 ribu per gram atau naik Rp2.000 per gram dari Rabu lalu.
Sedangkan untuk pembelian kembali, atau buyback emas pada hari ini sebesar Rp553 ribu per gram atau naik Rp2.000 per gram dari Rabu lalu.

Sementara itu, untuk produk Batik all series ukuran 10 gram dan 20 gram dipatok masing-masing Rp6,16 juta dan Rp11,92 juta. Sedangkan untuk produk edisi Idul Fitri, ukuran dua dan lima gram dibanderol Rp1,24 juta dan Rp2,95 juta.
Untuk transaksi pembelian emas langsung di kantor Antam Pulogadung, setiap harinya dibatasi 150 antrean. Hari ini, untuk ukuran emas 2 gram, 4 gram, 10 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram dan 500 gram tidak tersedia.

Berikut ini, harga emas berdasarkan ukuran. Emas lima gram Rp2,88 juta, 10 gram Rp5,71 juta, 25 gram Rp14,2 juta, 50 gram Rp28,35 juta. Kemudian, emas 100 gram dibanderol Rp56,65 juta, 250 gram Rp141,5 juta, dan emas 500 gram dibanderol Rp282,8 juta.

Analis dari Natixis, Bernard Dahdah, mengatakan gambaran besar kenaikan emas adalah terkait suku bunga Fed minggu depan, dan ini menjadi faktor terbesar saat ini sehingga dalam jangka pendek pasar akan melihat data AS.
“Ini semua tentang biaya kesempatan memegang emas. Suku bunga Fed yang tinggi tentunya membuat pasar lebih mahal untuk memegang emas, karena memiliki hasil yang rendah,” jelas Bernard.

Dilansir dari laman Reuters, Kamis 15 September 2016, harga emas di pasar spot tercatat naik sebesar 0,18 persen menjadi di level US$1.326,10 per ons. Sedangkan, harga emas berjangka AS ditutup naik sebesar US$2,4 per ons menjadi di level US$1.326,30 per ons.

Harga Emas Dibanderol Rp615.000/Gram | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam) hari ini dibanderol melemah Rp2.000 per gram. Harga emas lokal berbanding terbalik dengan harga emas dunia yang menguat.

Sekadar informasi, harga kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik USD2,4 atau 0,18 persen menjadi USD1.326,1 per ounce.

Para pedagang mengambil keuntungan pada posisi jangka pendek mereka, memberikan dorongan bagi logam mulia naik kembali setelah jatuh selama empat sesi berturut-turut.

Seperti dikutip dari Antara, analis percaya bahwa melemahnya dolar AS juga mendorong logam mulia naik, karena indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap sekeranjang mata uang utama, turun 0,33 persen menjadi 95,26 pada pukul 17.30 GMT.

Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar turun maka emas berjangka akan naik, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih murah bagi para investor.

Mengutip laman Logam Mulia Kamis, 15 September, harga emas pagi ini diperdagangkan di level Rp615.000 per gram jika dibandingkan sebelumnya di posisi Rp613.000 per gram.

Sementara itu, harga pembelian kembali (buy back) emas diperdagangkan di level Rp553.000 per gram jika dibandingkan kemarin yang dijual sebesar Rp550.000 per gram.

Mengintip Produksi Emas di Tambang Pongkor | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (Antam) merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang salah satu bisnisnya adalah di bidang pertambangan emas. Saat ini, Antam memiliki tambang emas yang masih produksi, yaitu di Pongkor, Bogor, Jawa Barat.

Sayangnya, sampai saat ini cadangan emas di tambang ini mulai menipis. Dari beberapa tahun lalu kadar emas yang terkandung dalam 1 ton bongkahan batu mencapai 15-20 gram, kini hanya 5 gram.‎

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Alhasil, diperkirakan jika tidak ditemukan titik cadangan emas yang baru, UBPE Pongkor ini akan berhenti produksi pada 2019.

Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor ini juga menjadi satu-satunya tambang milik pemerintah Indonesia melalui pemegang saham PT ANTAM. UBPE Pongkor sendiri sudah mulai berproduksi sejak 1992.

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Pada semester 1 2016 pendapatan dari emas sendiri mencapai 71 persen dari total pendapatan perusahaan yang mencapai Rp 4,16 triliun. Tahun ini Perseroan menargetkan produksi emas sebesar 1.431 kg.

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Lalu, bagaimana kondisi tambang saat ini? Liputan6.com berkesempatan untuk menjelajah tambang emas di Pongkor demi mengetahui proses produksi emas dari sisi hulu.

Meski begitu, hasil tambang emas di UBPE Pongkor ini masih menjadi sumber pendapatan perusahaan yang cukup dominan.

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s