Uncategorized

Paket Kebijakan Ekonomi XIV Segera Digulirkan

Paket Kebijakan Ekonomi XIV menyangkut ekonomi digital dan e-commerce | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

“Perpres-nya sedang kami persiapkan, Perpres untuk e-commerce‎ dan ekonomi digital secara keseluruhan,”ujar Pramono di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/9).

‎”Jadi, sekarang sedang dipersiapkan Perpres. Tapi kita belum akan umumkan agar menjadi paket‎,” katanya.

Pemerintah dalam waktu dekat akan menggulirkan Paket Kebijakan ‎Ekonomi XIV. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Paket Kebijakan Ekonomi XIV menyangkut ekonomi digital dan e-commerce.

Meskipun demikian, Pramono enggan menjelaskan lebih lanjut turunan dari ekonomi digital dan e-commerce, yang akan dimasukkan dalam Paket Kebijakan Ekonomi XIV.

Paket Kebijakan Ekonomi ke XIV soal e-Commerce Segera Meluncur | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

“Iya nanti ke-14. Iya nanti kalau sudah disiapkan, perpresnya sedang kami persiapkan, perpres untuk e-commerce,” kata Pramono di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/9/2016).

“E-commerce dan ekonomi digital secara keseluruhan. Jadi sekarang sedang dipersiapkan perpresnya. Tapi kita enggak umumkan agar menjadi paket,” imbuh dia.

Tak lama lagi, Presiden akan meluncurkan paket Kebijakan Ekonomi ke-14. Paket ini konsentrasi pada pengembangan ekonomi digital.

Sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, sedikitnya ada 31 insiatif yang masuk dalam Perpres dan berkaitan dengan ekonomi digital. Sekretaris Kabinet akan membantu menyampaikan kepada menteri terkait guna memantapkan konsep.

Rudi memastikan, deregulasi terus dilakukan sambil menunggu perpres ekonomi digital ditandatangani. Diharapkan, pengembangan e-commerce segera selesai sehingga target penerimaan 2018 bisa terpenuhi.

“Harus selesai pertengahan 2018 untuk mengejar target US$ 130 miliar di 2020,” pungkas dia.

“Utamanya ada 7 isu, sumber daya manusia dan pendidikan, pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, keamanan cyber, logistik, dan infrastruktur komunikasi. Tujuh itu isunya, ada 31 inisiatif,” jelas Rudi.

Paket Ekonomi 14 Siap Meluncur. Ini Dia Paket Kebijakannya | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Pemerintah akan kembali menerbitkan paket kebijakan ekonomi dalam waktu dekat.

Kebijakan ini adalah tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo untuk mempercepat pengembangan ekonomi digital. Jokowi memerintahkan para menterinya merombak total aturan-aturan yang menjadi penghambat.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung bilang, pemerintah tengah menyiapkan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai pengembangan ekonomi digital.

Rencananya, paket kebijakan ekonomi XIV itu berisi pengembangan ekonomi digital.

“Nanti, ini benar-benar menjadi paket kebijakan ekonomi,” katanya, Selasa (27/9).

Potensi ekonomi digital yang besar, menurut Jokowi, belum tergali maksimal. Sebab dari 250 juta jiwa penduduk Indonesia, yang aktif menggunakan internet sampai 93,4 juta. Dari jumlah itu, pada 2014, transaksi e-commerce baru US$ 2,6 miliar.
“Potensi pasar kita tidak boleh ditinggalkan begitu saja,” kata Presiden di Rapat Terbatas Pengembangan Ekonomi Digital, Selasa (27/9).

Pertumbuhan ekonomi digital juga harus bisa membawa manfaat bagi rakyat, khususnya UMKM dan pelaku bisnis pemula atau start up. “Saya minta start up diprioritaskan,” imbuhnya.
Menurut Jokowi, aplikasi BlackBerry Messenger atau BBM dapat menjadi platform yang menopang industri e-commerce Tanah Air.

Jokowi juga memerintahkan menterinya memfasilitasi pelaku bisnis digital dalam hal permodalan dan infrastruktur.
Dengan begitu, diharapkan visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi digital terbesar pada 2020 akan tercapai.

Nantinya seluruh hal yang berkaitan dengan e-commerce, baik platform ritel maupun logistik bisa menempel ke BBM.

Apalagi, “Saya mendapatkan informasi BBM sudah dimiliki 100% Indonesia. Saya kira bisa kita jadikan platform asli Indonesia,” ujarnya.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan draf Perpres mengenai pengembangan ekonomi digital.

Draf tersebut mengatur tujuh isu penting pengembangan ekonomi digital, yaitu pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan, pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, keamanan cyber, logistik, dan infrastruktur komunikasi.

Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s