Uncategorized

Aburizal Bakrie: Ikut Tax Amnesty, dosa lama kita kubur dalam-dalam

Pengusaha diminta ikuti tax amnesty, demi masa depan Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Pengusaha pribumi Aburizal Bakrie hari ini menyambangi kantor wilayah (Kanwil) Pajak Jakarta Selatan I, Gatot Subroto, Jakarta. Kedatangannya tersebut adalah untuk mengikuti program pengampunan pajak atau Tax Amnesty.

Mantan ketua umum partai Golkar ini menambahkan, harta yang dilaporkan seluruhnya berasal dari dalam negeri. Dirinya mengaku tidak melakukan repatriasi karena tidak memiliki banyak harta di luar negeri.

“Saya kalau dari luar negeri tidak ada. Jadi hartanya di Jakarta saja. Di sini lebih melaporkan ke harta pribadi. Perusahaan sudah, tapi memang ada beberapa yang belum,” ujarnya.

Ical, sapaan Aburizal Bakrie, mengungkapkan keikutsertaan para pengusaha dalam Tax Amnesty merupakan bentuk penebusan dosa atas beberapa harta yang tidak dilaporkan selama ini. Dirinya meminta agar setelah ini para pengusaha membuka lembaran baru dengan sikap pelaporan pajak yang lebih baik.

“Adanya Tax Amnesty (dosa) yang lama kita kubur dalam-dalam. Kita mulai yang baru,” tuturnya di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Kamis (29/9).

Selain itu, dirinya juga menyarankan kepada rekan-rekan pengusahanya agar segera mendaftar Tax Amnesty. Menurutnya, kesempatan menguntungkan ini tidak akan datang dua kali.

“Daripada ke depan susah. Bagi yang belum, ikut deh. Entah bulan Desember atau kapan yang penting harus ikut,” pungkasnya.

Lapor Tax Amnesty, ARB Puji Keberanian Pemerintah | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Pengusaha nasional Aburizal Bakrie, atau ARB mendatangi kantor pusat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak, Jakarta, untuk mengikuti program tax amnesty (pengampunan pajak).

ARB mengaku ikut program tax amnesty ini dengan melaporkan harta, serta aset pribadi dan perusahaan-perusahaannya, “Yang dilaporkan itu ada yang dari pribadi dan dari perusahaan,” kata dia.

“Tax amnesty ini adalah suatu keberanian luar biasa dari pemerintah, untuk membuat satu dasar pokok perpajakan dengan baik. Saya mendukung dan mendorong orang-orang, agar ikut tax amnesty. Ikut deh, daripada nanti ke depannya susah,” kata Ical di kantor DJP, Jakarta Selatan, Kamis 29 September 2016.

Ical sapaan akrabnya mengaku mengapresiasi langkah pemerintah melalui kebijakan ini, yang dinilainya sebagai sebuah langkah cemerlang dalam meletakkan dasar-dasar pokok perpajakan nasional.

Ia berharap, agar urusan perpajakan yang telah lalu bisa dikubur dalam-dalam, dan pemerintah beserta masyarakat bisa menyambut masa depan perpajakan nasional yang lebih baik.
“Kita berterima kasih kepada presiden dan teman-teman DPR pada program tax amnesty ini. Saya yakin, tax amnesty ini akan berjalan dengan baik. Maka mari kita kubur dalam-dalam hal-hal yang lama, kita hidup bareng-bareng ke depan. Mudah-mudahan, Indonesia pemasukan pajaknya lebih besar,” ujarnya.

Karenanya, ARB mengaku sangat berterima kasih kepada Presiden dan para anggota DPR, yang secara sinergis berhasil menggagas program tax amnesty ini.

Dia menyebut, seharusnya para pengusaha, atau pun pebisnis lainnya bisa melihat manfaat dari kebijakan tax amnesty ini, sebagai salah satu hal yang akan memperlancar urusan bisnis mereka ke depannya.
“Saya kira, kan tax amnesty itu dipakai bukan hanya untuk uang tebusan pajak, tetapi bagi wajib pajaknya, itu kan juga untuk urusan bisnis ke depannya,” kata dia.

Ikut Tax Amnesty, Aburizal Bakrie: Presidennya Paling Hebat | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Pemilik Group Bakrie, Aburizal Bakrie, hari ini mendaftar ikut program pengampunan pajak atau tax amnesty. Aburizal melakukan deklarasi dan juga repatriasi sebagai wajib pajak orang pribadi.

Aburizal mengatakan, proses administrasi yang panjang membuat dirinya baru berkesempatan melakukan tax amnesty di satu hari jelang berakhirnya periode pertama.

“Kalau orang punya administrasi yang panjang memang dibutuhkkan waktu untuk menyusun yang baik. Saya kira semua akan begitu. Mudah-mudahan yang belum keburu masuk ke tahap ke dua,” pungkasnya.

Aburizal berharap, partisipasinya dalam tax amnesty dapat berkontribusi bagi pembangunan negara, khususnya reformasi data perpajakan.

“Sebagai warga negara yang baik kita harus mendukung ini. Dan memberikan contoh bagi yang belum ikut tax amnesty, ikut deh daripada nanti susah ke depan. Apakah ikut Desember atau Maret. Mudah-mudahan ada gunanya bagi pemerintah dan bangsa ini,” ujar Aburizal, saat menerima Surat Keterangan Pengampunan Pajak di ruangan Direktur Jenderal Pajak, lantai 5 Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Ia kemudian mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kementerian Keuangan, dan DPR yang telah mencanangkan program tax amnesty. Aburizal mengaku salut akan kerja keras yang telah dilakukan pemerintah, hingga melakukan sosialisasi ke daerah.

“Pokoknya yang paling hebat sekarang ini sosialisasinya luar biasa sampai desa-desa. Ini yang mesti dapat bintangnya Dirjen Pajak. Tapi tentunya yang paling hebat Presidennya. Berani melakukan tax amnesty ini. Dan juga teman-teman DPR,” tutur dia.

“Saya kira tax amnesty dipakai bukan hanya untuk uang tebusan, tapi untuk tax base ke depan berapa banyak. Harapan saya basis data pajak bisa mencapai 15%, dari 11%. Dan saya yakin Indonesia jauh lebih baik dengan adanya tax amnesty,” harapnya.

Namun demikian, ia mengaku selama ini ia tidak memiliki banyak harta di luar negeri. Politisi Golkar ini berujar, perusahaan-perusahaannya hanya berada di dalam negeri.

“Kalau saya dari luar negeri hampir nggak ada, sedikit. Karena saya nggak pernah tinggal di luar negeri,” tambahnya.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s