Uncategorized

Tarif Listrik Akan Naik 1 Januari 2017

Tahun depan kenaikan tarif listrik sebanyak 4 kali | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

“Kalau 900 (w) mulai 1 januari kita sesuaikan bertahap,” ujar Direktur Jenderal Kelistrikan Kementerian ESDM Jarman di JCC, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

“450 watt itu tetap kita lakukan sesudah pencocokannya selesai. Kan sekarang sedang dilakukan pencocokan,” ungkap Jarman.

Sebagian pelanggan 450 watt juga rencananya bisa dikenakan kenaikan tarif. Data para pengguna listrik yang tidak dicabut subsidinya pada level tersebut sedang dikumpulkan oleh PLN.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menaikkan tarif untuk pelanggan listrik 900 watt mulai 1 Januari 2017.

Hal itu sejalan dengan pengurangan anggaran subsidi yang sering salah sasaran kepada pelanggan di level tersebut.

Jarman mengungkapkan kenaikan tarif pelanggan 900 watt dilakukan bertahap 3 kali. Sedangkan pelanggan 450 watt naiknya bertahap sebanyak 4 kali.
“900 watt bertahap 3 kali. 450 watt diharapkan 4 kali,” kata Jarman.

Menurut Jarman, pelanggan listrik 450 watt tidak semuanya berasal dari masyarakat miskin. Karena hal itu ada sebagian dari mereka yang harus dicabut subsidinya.
“Nah 450 watt kemarin harus dibikin tepat sasaran, itu perlu waktu. Kita akan lakukan pencocokan dulu,” jelas Jarman.

Pemerintah Siap Cabut Subsidi 450 VA Bertahap | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Kementerian ESDM, Jarman mengatakan, subsidi 450 VA tetap akan diberikan kepada masyarakat tidak mampu. Namun, bila setelah pencocokan ditemukan masih ada subsidi yang salah sasaran, maka sebagian subsidi pelanggan 450 VA yang salah sasaran tersebut akan dicabut.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mencabut subsidi untuk pelanggan 450 VA. Langkah ini dilakukan sejalan dengan keputusan Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) yang memutuskan hanya memberi subsidi listrik sebesar Rp44,98 triliun di 2017.

Jarman menegaskan bahwa pihaknya akan menugaskan PLN untuk menyisir ulang pelanggan 450 VA. Setelah PLN melakukan program penyisiran dan pencocokan baru setelah itu akan dilakukan pencabutan subsidi listrik secara bertahap sebanyak empat kali.

“Kita minta PLN lakukan pencocokan di lapangan. Kalau 900 VA mulai 1 Januari kita sesuaikan bertahap. 450 VA kita lakukan setelah pencocokan selesai,” ujar dia.

Ia menjelaskan, pencabutan subsidi pelanggan 450 VA ini akan dilakukan seperti pencabutan 900 VA. Rencananya pencabutan subsidi 900 VA akan dilakukan bertahap mulai Januari 2017. Pencabutan secara bertahap ini dilakukan agar masyarakat tidak kaget ketika langkah itu direalisasikan.

“Prinsipnya subsidi harus tepat sasaran, yang 900 VA kan sudah dicocokan. Itu sudah selesai. Nah 450 VA kemarin harus dibikin tepat sasaran, itu perlu waktu. Kita akan lakukan pencocokan dulu,” kata Jarman, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Sekadar informasi, Banggar DPR RI memutuskan subsidi listrik pada 2017 sebesar Rp44,98 triliun atau lebih rendah dari usulan sebelumnya Rp48,56 triliun. Keputusan itu diambil karena pemerintah diyakini berkomitmen untuk mencabut subsidi pelanggan 900 VA. Subsidi listrik akan diberikan pada 23,15 juta pelanggan yang terdiri dari 19,1 juta pelanggan 450 VA dan 4,05 juta pelanggan 900 VA.

Untuk mekanisme pencabutannya, seperti pada pencabutan subsidi 900 VA di mana pencabutan subsidi 450 VA akan diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM. Permen pencabutan subsidi listrik 900 VA itu paling lambat akan keluar pada Desember 2016.

“Nanti kita siapkan permennya. Kalau permennya terbit baru kita kasih tahu. 450 VA kita akan terbitkan permennya,” pungkas dia.

Tarif Listrik 900 Va Naik 3 Kali Lipat Tahun Depan | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jarman mengatakan, pencabutan subsidi ini akan dilakukan pada 2017. Adapun kenaikan tarif listrik akan dilakukan secara bertahap seiring pencabutan subsidi.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral telah menetapkan kenaikan tarif listrik untuk 450 dan 900 volt ampere (va). Kenaikan ini dilakukan menyusul adanya pemangkasan jumlah masyarakat yang berhak memperoleh subsidi listrik.

“Iya, bertahap, 900 va bertahap tiga kali. Untuk 450 va diharapkan empat kali,” ujarnya di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Sinkronisasi data akan dilakukan oleh PLN. Nantinya, aturan kenaikan tarif listrik ini akan diterbitkan melalui peraturan menteri (permen).

“Nanti kita siapkan permennya. Kalau permennya terbit, baru kita kasih tahu. Yang 450 vs kita akan terbitkan permennya,” tutup Jarman.

“Prinsipnya subsidi harus tepat sasaran, yang 900 va kan sudah dicocokkan. Itu sudah clear-kan. Nah, 450 va kemarin harus dibikin tepat sasaran, itu perlu waktu. Kita akan lakukan pencocokan dulu,” imbuhnya.

“Untuk 450 va itu tetap kita lakukan sesudah pencocokannya selesai, kan sekarang sedang dilakukan pencocokan, 900 va kan sudah,” jelasnya

Untuk subsidi 900 va, pemerintah telah melakukan pencocokan data bagi masyarakat yang berhak menerima subsidi. Namun, pencocokan data masih dilakukan untuk pengguna listrik 450 va. Belum diketahui kapan sinkronisasi data ini akan selesai dilakukan.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s