Uncategorized

Mantan Menteri Keuangan Jadi Presiden Komisaris, Saham XL Naik

RPUSLB XL bahas perubahan susunan Dewan Komisaris  | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

Hari ini, Kamis (29/9/2016), XL mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RPUSLB). Satu-satunya agenda yang dibahas adalah perubahan susunan Dewan Komisaris Perseroan.

Sementara itu, di XL, tidak ada perubahan pada susunan Direksi Perseroan. Dian masih menjabat sebagai Presiden Direktur, didukung oleh Willem Lucas Timmermans dan Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin sebagai Direktur dan Yessie D. Yosetya sebagai Direktur Independen.

Setelah memperoleh persetujuan RUPS, Preisden Komisaris Perseroan dan Komisaris baru yang lain akan secara resmi memulai tugasnya hari ini.

Kini, Dr. Muhammad Chatib Basri menjadi Presiden Komisaris yang baru. Dia menggantikan YBhg Tan Sri Dato’ Insinyur Muhammad Radzi bin Haji Mansor. Selain itu, XL juga menunjuk 3 anggota Dewan Komisaris baru yaitu Dato’ Sri Mohammed Shazalli Ramly, Mohd. Khairil Abdullah, dan Dr. David R. Dean.

Chatib Basri merupakan lulusan Universitas Indonesia dan pernah menjabat menjadi Menteri Keuangan kala Susilo Bambang Yudhoyono menjabat sebagai presiden. Pengangkatannya berdampak positif pada saham XL. Hari ini, saham XL 6,59 persen atau Rp170 menjadi Rp2.750.

Dia mulai bekerja sebagai Menteri Keuangan Indonesia ke-28 pada bulan Mei 2013, menggantikan Agus Martowardjojo yang mengundurkan diri karena terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia.

“Kami sampaikan selamat kepada Bapak Chatib Basri yang kini menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan. Pengalaman panjang dan prestasi beliau di dunia bisnis serta di pemerintahan akan sangat diperlukan untuk mengawal XL menghadapi tantangan ke depan,” kata Presiden Direktur XL, Dian Siswarini.

“Kepada YBhg Tan Sri Dato’ Insinyur Muhammad Radzi bin Haji Mansor, kami ucapkan terima kasih atas bimbingan beliau selama menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan.”

XL Axiata Ubah Susunan Dewan Komisaris | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

Emiten jasa telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) rombak susunan dewan komisaris perseroan.

Selain itu, RUPSLB juga mengukuhkan Muhammad Chatib Basri sebagai presiden komisaris perseroan, menggantikan YBhg Tan Sri Dato’ Insinyur Muhammad Radzi bin Haji Mansor. Sementara itu, tidak terjadi perubahan dalam susuan direksi perseroan. Presiden komisaris perseroan dan komisaris baru lain akan resmi bertugas mulai 29 September 2016 setelah memperoleh persetujuan RUPS.

Tiga kursi komisaris diduduki orang baru. Tiga anggota dewan komisaris yang baru itu yakni Dato’ Sri Mohammed Shazalli Ramly, Mohd. Khairil Abdullah, dan Dr. Davi R. Dean. Ketiganya sah diangkat sebagai komisaris dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada Kamis (29/9/2016).

Dari putusan RUPSLB, berikut susunan dewan komisaris dan dewan direksi XL Axiata

Dewan Direksi

Presiden Direktur : Dian Siswarini

Direktur : Willem Lucas Timmermans

Mohamed Adlan bin Ahmad Tajudin

Direktur Independen : Yessie D. Yosetya

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris : Dr. Muhamad Chatib Basri

Komisaris : YBhg Tan Sri Jamaludin bin Ibrahim

Chari TVT

Dato’ Sri Mohammed Shazalli Ramly

Mohd. Khairil Abdullah

Komisaris Independen : Peter J. Chambers

Yasmin Stamboel Wirjawan

Dr. David R. Dean

Chatib Basri Didapuk Jadi Presiden Komisaris XL | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Palembang

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) memutuskan untuk mengubah susunan Dewan Komisaris Perseroan. Adapun Presiden Komisaris baru, yakni mantan Menteri Keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Muhammad Chatib Basri menggantikan YBhg Tan Sri Dato’ Insinyur Muhammad Radzi bin Haji Mansor.

Presiden Direktur XL Dian Siswarini mengucapkan selamat kepada Chatib Basri yang kini menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan. Menurutnya, pengalaman panjang dan prestasinya di dunia bisnis serta di pemerintahan akan sangat diperlukan untuk mengawal XL menghadapi tantangan ke depan.

Sementara untuk jajaran Direksi perseroan tidak mengalami perubahan.

Selain itu, juga bergabung tiga anggota Dewan Komisaris yang baru, yaitu Dato’ Sri Mohammed Shazalli Ramly, Mohd. Khairil Abdullah, dan Dr. David R. Dean.

“Kepada YBhg Tan Sri Dato’ Insinyur Muhammad Radzi bin Haji Mansor, kami ucapkan terima kasih atas bimbingan beliau selama menjabat sebagai Presiden Komisaris Perseroan,” kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (29/9/2016).

Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s