Uncategorized

Pelayanan Tax Amnesty, Ditjen Pajak Buka Sampai 04.00 WIB

Antrean bisa mencapai ribuan orang | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Ken Dwijugiasteadi menyampaikan, pihaknya menyiapkan pelayanan maksimal, bahkan hingga jam 04.00 WIB dini hari, untuk hari terakhir dari pelaksanaan periode pertama tax amnesty.

Menjelang akhir periode I tax amnesty, masyarakat berbondong-bondong melakukan pelaporan harta kekayaannya. Apalagi, periode I yang mematok diskon paling murah ini sudah berada di penghujung waktu.

“Jadi, kami layani nanti sampai selesai. Kalau masih ada yang dilayani, sampai jam empat pagi, ya dilayani,” kata Ken di kantor Ditjen Pajak, Jumat 30 September 2016.

Mengenai prediksi terkait berapa dana tebusan dan pernyataan harta dalam tax amnesty, Ken tak mau berkomentar banyak, ia mengaku akan menunggu selesainya tahapan tax amnesty tahap pertama untuk hal itu. “Sekarang repatriasi juga sudah banyak,” kata dia.

Ken mengklaim, antrean terjadi di seluruh wilayah Indonesia. Dia juga menyebut, peserta tax amnesty yang mendaftar di kantor pusat Ditjen Pajak telah mencapai ribuan orang setiap harinya.
“Antreannya di seluruh Indonesia, kalau kemarin, di sini sampai jam satu malam ini sampai selesai, dan selesai semua. Malam-malam (petugas) tidur di sini. Pagi-pagi buka Lapak lagi,” kata Ken.

Dana SPH Amnesti Pajak Tembus Rp3.212 Triliun | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat total komposisi harta berdasarkan Surat Pernyataan Harta (SPH) sudah menembus Rp3.000 triliun. Hal ini sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo yang optimistis SPH tembus di angka tersebut.

Pantauan Metrotvnews.com, rincian komposisi total tersebut yakni deklarasi harta dalam negeri Rp2.191 triliun, deklarasi harta luar negeri Rp890 triliun, dan dana repatriasi sebesar Rp131 triliun.

Melansir Antara, total harta yang dilaporkan hingga pagi tadi bertambah sekitar Rp400 triliun dalam waktu kurang dari 24 jam, dibandingkan dengan total harta per 29 September 2016 pukul 14.00 WIB yang sebesar Rp2.798 triliun.

Mengutip data statistik amnesti pajak di laman Ditjen Pajak, Jumat, 30 September pukul 11.18 WIB, tercatat total SPH yang disampaikan mencapai 303.025 SPH dengan total harta Rp3.212 triliun.

Komposisi penerimaan tersebut terdiri atas SSP atau uang tebusan sesuai Pasal 8 ayat 3 b UU Pengampunan Pajak sebesar Rp90,4 triliun dan pembayaran seluruh tunggakan pajak peserta amnesti pajak Rp3,06 triliun.

Sementara itu, untuk komposisi uang tebusan yang diterima dari seluruh harta yang dilaporkan atau berdasarkan SPH yang disampaikan tercatat sebesar Rp80,1 triliun. Sementara penerimaan dari tebusan dari Surat Setoran Pajak (SSP) beserta tunggakan pajak lainnya mencapai Rp93,8 triliun.

Adapun menjelang akhir periode pertama ini diyakini masih akan bertambah karena penutupan amnesti pajak dengan tarif tebusan dua persen ini berakhir pukul 24.00 WIB.

Kemudian pembayaran pajak yang sedang dalam pemeriksaan bukti permulaan (bukper) atau penyidikan sesuai Pasal 8 ayat 3 d sebesar Rp338 miliar.

Ikut Pengampunan Pajak, Boy Rafli: Polri Mendukung Tax Amnesty | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Siang ini Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (DJP), Gatot Subroto, Jakarta Selatan, didatangi oleh Irjen Pol Boy Rafli Amar. Kadiv Humas Mabes Polri itu hendak ikutan tax amnesty.

Boy datang bersama Donny Imam Priambodo, Anggota DPR Komisi XI. Keduanya diterima oleh Kepala Kanwil Pajak Jakarta Selatan Sakli Anggoro, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama, dan Wakil Ketua Umum Apindo Suryadi Sasmita.

Semakin siang, semakin banyak wajib pajak (WP) mendaftar ikut program pengampunan pajak alias tax amnesty.

“Dalam kesempatan ini Polri sangat mendukung program tax amnesty, kita tahu ini merupakan langkah reformasi struktural di bidang perekonomian. Ini adalah kebijakan negara bidang fiskal yang diharapkan dalam upaya peningkatan pendapatan negara,” tambahnya.

“Kita masing-masing individu sebagai warga negara untuk mensukseskan kegiatan tax amnesty. Kebetulan karena kesibukan baru bisa melakukan formulir di tempat tinggal saya di Jakarta Selatan,” katanya, Jumat (30/9/2016).

“Oleh karena itu terima kasih telah diberikan kesempatan pelayanan yang sangat cepat. Kita biasanya selama ini dibantu mengurus SPT itu oleh staf kita, tapi kalau lakukan sendiri itu cepat banget di kantor pajak di dekat rumah saya. Alhamdulillah saya hari ini diminta ambil tanda terima,” ungkapnya.

Boy pun berterima kasih kepada pegawai pajak yang bisa dengan cepat melayani dirinya. Biasanya, Boy mengisi Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Tahunan oleh stafnya. Namun kini ia ingin mengisi tax amnesty sendiri.

Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s