Uncategorized

Setelah Google Mundur, Ini Calon Kuat Pembeli Twitter

Google, Apple, dan Disney dilaporkan tidak tertarik membeli Twitter | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Raksasa internet Google dan perusahaan animasi Disney tampaknya tidak akan jadi membeli Twitter. Keduanya dikabarkan telah membatalkan tawarannya.

Google disebut mengambil langkah serupa dengan Disney, batal mengajukan penawaran pembelian. Padahal sebelumnya, raksasa mesin pencari ini tergolong pembeli serius dan sudah menyiapkan sokongan bank untuk mewujudkannya.

Sumber yang dekat dengan Disney sebelumnya menyebutkan soal kemungkinan perusahaan animasi itu mengajukan tawaran untuk membeli Twitter. Namun sumber yang sama telah mengonfirmasi Disney batal mengajukan penawaran pembelian tersebut.

Kini, tinggal Salesforce saja yang tampaknya masih berpotensi mencaplok Twitter. Setidaknya, perusahaan cloud asal San Francisco, Amerika Serikat ini tidak mengeluarkan bantahan soal dugaan tersebut.

Sebelumnya, menurut sumber internal, nasib Twitter akan ditentukan pada 27 Oktober 2016. CEO Twitter Jack Dorsey pun disebutkan sedang terdesak karena para pemegang saham dan karyawan terus mempertanyakan masa depan perusahaan.

Dia mengatakan bahwa Twitter sedang mempertimbangkan pilihan terbaik soal akuisisi dari perusahaan luar.

Kabar mengenai kemungkinan penjualan ini merebak setelah co-founder sekaligus mantan direksi Twitter, Evan Williams, bicara ke publik.

Di sisi lain, Salesforce juga tidak secara terbuka mengumumkan minatnya membeli Twitter.

Peluang Diakuisisi Meredup, Saham Twitter Anjlok 20% | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

 

Dilansir Channel News Asia, Jumat 7 Oktober 2016, situs teknologi Recode melaporkan induk perusahaan Google, Alphabet, tidak akan mengakuisisi Twitter. Sebelumnya, sejumlah pengamat berspekulasi Google akan membeli Twitter.

Sebagai informasi, bulan lalu, Twitter menyatakan, menerima sejumlah penawaran akuisisi dan terbuka untuk melakukan kesepakatan pada akhir tahun ini. Rumor akuisisi ini muncul, di saat Twitter mengalami stagnasi, karena jumlah pengguna terus menurun menjadi 300 juta orang dan belum membuat keuntungan.

Saham jejaring sosial Twitter anjlok 20 persen, dengan ditutup di US$19,87 per lembar saham, pada perdagangan Kamis waktu New York, 6 Oktober 2016. Saham Twitter merosot, karena rencana akuisisi perusahaan berlogo burung itu sepertinya tidak akan terjadi.

Recode juga melaporkan sejumlah potensial pembeli, yakni Apple dan Disney, tidak memiliki rencana untuk melakukan penawaran terhadap Twitter. Sementara itu, sebuah perusahaan teknologi Salesforce.com dilaporkan tengah melakukan pembicaraan serius dengan Twitter terkait akuisisi.

Disney dan Google Mundur, Saham Twitter Terus Anjlok | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Saham twitter turun sebanyak 19,2 persen menjadi USD20,10 dengan nilai valuasi perusahaan sekira USD142 miliar. Pada penutupan pasar, saham mereka kembali turun 20,1 persen dengan nilai USD19,87.

CEO Salesforce, Mark Benioff, secara terbuka menyatakan minatnya terhadap Twitter dalam beberapa hari terakhir. Namun hingga detik ini, perusahaannya belum mengajukan tawaran resmi.

Saham Twitter dilaporkan kembali jatuh, setelah Google dan Disney mundur dari persaingan untuk membeli Twitter.

Dengan pertumbuhan pengguna yang stagnan dan pendapatan yang tidak sesuai harapan, para direksi mempertimbangkan untuk menjual Twitter. Demikian seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/10/2016).

Penurunan ini diduga terjadi setelah dua pembeli potensial Twitter, Walt Disney dan Google, mengonfirmasi tidak akan mengajukan tawaran. Kini, Salesforce menjadi satu-satunya peserta untuk membeli Twitter.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s