Uncategorized

Sri Mulyani Janji Jaga Militansi dan Loyalitas PNS Kemenkeu

Sri Mulyani tidak kecil hati lantaran anggaran Kemenkeu susut Rp 1,4 triliun | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Menteri Keuangan Sri Mulyani tidak kecil hati lantaran anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) susut Rp 1,4 triliun dari usulan awal dalam pagu alokasi 2017. Ia janji akan menjaga kualitas kinerja semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemenkeu.

Bagi Ani, militansi dan loyalitas dalam bekerja merupakan hal yang sangat penting. Apalagi ia mengakui kalau tugas dan tanggung jawab Kemenkeu sangat besar. Selain mengelola keuangan negara, Kemenkeu juga berperan penting dalam mengejar penerimaan negara.

“Dilihat dari sisi kualitatif, seperti tadi militansi dan loyalitas jajaran itu tidak kuantitatif, tetapi dia nyata,” kata perempuan yang kerap disapa Ani itu dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

“Tentu anggaran yang kami usulkan itu untuk mencapai target- target yang kuantitatif yang bisa diukur sebut pajak, PNBP, bea cukai, dan layanan masyarakat,” kata Ani.

Sebab sektor pajak dan bea cukai yang merupakan motor penerimaan negara berada di bawah kewenangan Kemenkeu.

“Termasuk pendidikan untuk jajaran kami (penting) karena kami perlu kemampuannya, skill, pendidikannya, pengalamannya,” ucap perempuan kelahiran Lampung itu.

Lantaran hal itu, Sr Mulyani juga memprioritaskan anggaran untuk peningkatan kualitas sumberdaya manusia di lingkungan Kementerian Keuangan.

Beri Bonus untuk Pegawai Pajak, Sri Mulyani Siapkan Aturannya | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku masih menelisik berbagai aturan terkait bonus atau kenaikan tunjangan kinerja untuk para pegawai pajak.

“Kami akan mencoba membuat kalau memang ada diskresi meskipun tetap di dalam rambu-rambu peraturan perundangan-undangan,” ujar perempuan yang kerap disapa Ani itu di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (18/10/2016).

Meski begitu, perempuan yang kerap disapa Ani itu akan menyiapkan aturan sebagai landasan pemberian bonus atau kenaikan tunjangan kerja atas kinerja pegawai Direktorat Jenderal Pajak.

Di sisi lain, ia mengungkapkan, ada satu hal yang lebih penting daripada sekadar bonus atau kenaikan tunjangan kinerja. Hal itu ialah militansi dalam bekerja.

“(Saya) sebagai pimpinan merasakan betul bahwa nilai yang tidak terhingga itu adalah semangat, militansi, keinginan, dan kesetiaan dari semua jajaran untuk melaksanakan tugas dengan baik,” kata perempuan berusia 54 tahun itu.

Ia menuturkan, peraturan baru harus tetap mengacu kepada aturan yang sudah ada. Sebab, dengan begitu, besaran bonus atau kenaikan tunjangan kerja bisa memadai sehingga memompa semangat kerja para pegawai pajak.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi memberikan apresiasi kepada para pegwai pajak atas capaiaan tax amnesty pada periode pertama.

Bahkan, kata Presiden, para pegawai pajak harus bekerja siang-malam melayani masyarakat yang datang ke kantor pajak.

Pada tiga bulan terakhir, para pegawai pajak dinilai telah bekerja ektra keras untuk menyukseskan program tax amnesty.

DPR setujui anggaran Kemenkeu tahun 2017 sebesar Rp 40,77 triliun  | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Kementerian Keuangan menggelar rapat kerja (raker) dengan agenda membahas Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) di Rancangan Anggaran dan Pendapatan Negara (RAPBN) 2017.

“Kita sepakat total anggaran Kementerian Keuangan untuk tahun 2017 adalah sebesar Rp 40,77 triliun dan untuk BLU sebesar Rp 28,1 triliun,” katanya di Gedung DPR, Senayan, Selasa (18/10).

Rapat yang berlangsung kurang dari satu jam ini, yang dipimpin langsung Ketua Komisi XI DPR, Melchias Mekeng menyetujui pagu anggaran yang diusulkan Kemenkeu sebesar Rp 40,77 triliun.

Terdapat penghematan yang dilakukan Kemenkeu yakni pada sektor belanja barang dan pengadaan kendaraan dinas. “Sebelumnya anggaran yang diajukan Kemenkeu sebesar Rp 42,17 triliun, sebelum kemudian dipotong menjadi Rp 40,77 triliun,” jelas Sri Mulyani.

Sebelumnya Menteri Keuangan Sri Mulyani mengusulkan pagu anggaran untuk Kemenkeu sebesar Rp 40,77 triliun. Anggaran tersebut meliputi anggaran dari rupiah murni sebesar Rp 28,1 triliun, Badan Layanan Umum (BLU) Rp 12,58 triliun, dan PHBN (Pinjaman dan Hibah Luar Negeri) Rp 89,32 miliar.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s