Uncategorized

DPR Dukung Rencana Pemangkasan Golongan Tarif Cukai Rokok

‘Semua orang tidak ingin berurusan dengan sesuatu yang rumit’ | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Hendrawan Supratikno mendukung rencana Kementerian Keuangan mengurangi golongan tarif cukai rokok dari sebelumnya 12 golongan menjadi delapan atau sembilan golongan saja mulai 2018.

“Semakin sederhana lapisannya, maka tingkat kepatuhannya semakin tinggi. Karena orang tidak ingin berurusan dengan sesuatu yang rumit,” ujar Hendrawan, Jumat (21/10).

“Untuk saat ini pengurangan menjadi delapan layer itu sudah cukup ideal, karena tidak mungkin juga langsung turun menjadi enam layer secara cepat,” lanjutnya.

Menurut Hendrawan, penghapusan tiga sampai empat golongan tarif cukai rokok akan meningkatkan tingkat kepatuhan pabrikan dalam menebus pita cukai ke pemerintah.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai perampingan layer tarif cukai yang dilakukan bertahap hingga menyisakan delapan atau sembilan lapisan pada 2018 sudah cukup ideal.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyebutkan, pengurangan golongan tarif cukai akan dilakukan secara bertahap.

Langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan produsen untuk menyesuaikan tarif cukai dengan tipe rokok, klasifikasi usaha berdasarkan jumlah produksi, dan harga jual eceran (HJE) minimum.

Salah satu tujuan menghapus beberapa golongan tarif cukai rokok itu adalah tidak ada lagi pabrikan rokok yang membeli pita cukai dengan tarif termurah, untuk kemudian ditempel ke rokok yang lebih mahal.

Sepanjang 2017 pemerintah akan mempersempit tarif cukai antar golongan pabrik rokok, sebelum memangkas jumlah golongannya pada 2018.

“Layer kita sudah rencanakan ke depan akan makin kecil, saat ini ada 12 layer. Nanti 2017 kita mengecilkan gap antar layer, tapi tetap sama 12. Mulai 2018 kita akan kurangi layer mungkin jadi sembilan atau delapan,” kata Heru.

Bea Cukai Dan BNN Gagalkan Penyelundupan Narkoba 69,2 Kg | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

irektorat Jenderal Bea dan Cukai bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis shabu seberat 69,2 kilogram.

“Selanjutnya unit intelijen Bea dan Cukai meneliti dan menganalisis data impor. Hasilnya didapatkan, kontainer berisi lima buah water purifier dicurigai membawa narkoba tersebut,” ungkap Heru melalui siaran pers, Jumat (21/10/2016).

Heru Pambudi, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menyatakan kronologi menggagalkan penyelundupan narkoba ini bermula pada laporan yang masuk 28 September 2016 lalu. BNN menyampaikan informasi akan ada importasi shabu melalui Pelabuhan Tanjung Mas.

Di bawah kepemimpinan Deputi Pemberantasan BNN, Arman Depari, tim berhasil mengamankan lima orang berinisial YT (34), WD (36), TO (29), WJ (28), dan YS (28).

Berdasarkan keterangan dari salah satu tersangka, WD, total barang bukti yang diamankan sebanyak 7 bungkus shabu seberat 7,728 gram yang akan diserahkan kepada seorang kurir berinisial YS. Pihak BNN lantas melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan YS di kawasan Cikopo, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (15/10).

Penangkapan atas lima orang tersebut d Jalan Raya Suradadi, Tegal, Jawa Tengah terjadi saat para tersangka membawa dua ransel besar berisi 56 bungkus shabu seberat 58.083,5 gram dari Demak menuju Cikampek pada Sabtu, 14 Oktober 2016.

Tim BNN menemukan mesin pompa air yang digunakan sebagai alat kamuflasi di ruang tamu ruang kakak kandung YT di Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Kepada BNN, YT mengaku masih menyimpan shabu-shabu lainnya.

Atas perbuatan tersebut, para tersangka terancam Pasal 114 ayat (2) dan Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) Undang-undang No. 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati atau pidana sepanjang seumur hidup.

Selain itu, BNN juga mengamakan dunia unit kendaraan yang digunakan para tersangka saat dilakukan penangkapan. Seluruh tersangka dan barang bukti dibawa ke kantor BNN Pusat guna melakukan penyelidikkan lebih lanjut.

Pengembangan dilakukan dan BNN berhasil menemukan 11 bungkus shabu seberat 11.116,5 gram diamankan YT tak jauh dari lokasi penemuan mesin pompa air.

Prosedur Tarif Cukai Bakal Dikurangi, DPR Sambut Baik | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

Rencana pemerintah mengurangi lapisan (layer) tarif cukai, yang saat terdapat 12 layer namun akan dirampingkan menjadi delapan atau sembilan mulai 2018, mendapat dukungan di parlemen. Sebab, kebijakan tersebut dapat meningkatkan kepatuhan para pelaku usaha.

“Karena tidak mungkin juga langsung turun menjadi enam layer secara cepat,” lanjutnya.

Hendrawan menilai perampingan layer tarif cukai yang akan dilakukan sudah cukup ideal. Namun penyederhanaan model lain tetap memungkinkan untuk dilakukan. Sehingga dalam menentukan kebijakan, betul-betul yang terbaik untuk sektor tersebut.

Demikian menurut anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat dari F-PDIP, Hendrawan Supratikno. “Setuju, memang lapisan cukai harus dibuat lebih sederhana, saya yakin dengan layer yang lebih sederhana tingkat kepatuhannya juga akan semakin tinggi, karena orang tidak ingin berurusan dengan sesuatu yang rumit,” ujar Hendrawan dikutip dari keterangan resminya, Jumat 21 Oktober 2016.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyebutkan, pengurangan layer tarif cukai akan dilakukan secara bertahap. Sepanjang 2017 pemerintah akan mengecilkan gap antar layer untuk tarif cukai rokok, sebelum memangkas sejumlah layer pada 2018.

Dengan kebijakan heru ini berharap, jangan sampai layer ini dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk mengganti pita cukai dari harga murah di tempelkan ke harga rokok yang lebih mahal.

“Layer kita sudah rencanakan ke depan akan makin kecil, saat ini ada 12 layer. Nanti 2017 kita mengecilkan gap antar layer, tapi tetap sama 12. Mulai 2018 kita akan kurangi layer mungkin jadi sembilan atau delapan,”

Langkah ini diambil untuk memberikan kesempatan produsen untuk menyesuaikan tarif cukai dengan tipe rokok, klasifikasi usaha berdasarkan jumlah produksi, dan harga jual eceran (HJE) minimum.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s