Uncategorized

Anies Baswedan Ingin Pasar Jadi Tempat Wisata Turis

Anies punya mimpi agar pasar tradisional bisa menjadi tempat wisata | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Hari ini, Anies fokus blusukan di Jakarta Utara. Di Pasar Bambu Kuning, dia berkeliling menyapa para pedagang sambil membeli barang yang dijual, di antaranya tempe, kue cucur, dan pepes ikan.

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa kali blusukan ke pasar saat sosialisasi maupun di masa kampanye. Anies punya mimpi agar pasar tradisional bisa menjadi tempat wisata.

Anies juga sempat berdiskusi dengan warga di pasar, salah satunya soal Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Jakarta Pintar (KJP). Cagub nomor urut 3 ini berjanji akan mendobelkannya bila terpilih jadi gubernur.

“Pasar tradisional itu harus dimudahkan akses parkir. Pasar bukan dipindahkan tapi dibuat nyaman buat pembeli dan penjual,” kata Anies di Pasar Bambu Kuning, Sunter Agung, Jakarta Utara, Senin (31/10/2016).

“Pasar tradisional tertata, maka potensi jadi kunjungan besar seklai. Begitu juga dengan kampung, tur budaya. Hari ini yang pergi ke pasar yang mau beli. Kalau sudah ditata dengan baik, bisa jadi tempat wisata turis,” ungkap cagub yang diusung PKS dan Gerindra ini.

Menurut Anies, pasar yang tertata rapi bisa menjadi daya tarik tersendiri. Turis pun akan diarahkan ke pasar.

Pedagang Akan simpan Uang Dari Anies | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Mereka adalah Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang diusung Partai Demokrat, PPP, PKB dan PAN; Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat yang diusung PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura dan Partai Nasdem dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang diusung Partai Gerindra dan PKS.

“Saya akan simpan. Siapa tahu berkah,” ujar Timan, pedagang udang itu setelah menerima uang dari Anies saat berkunjung ke Pasar Bambu Kuning, Senin (31/10/2016).

Selain berbelanja, Anies juga sempat menanyakan langsung sejumlah harga kebutuhan pokok. Kebanyakan pedagang menyatakan harga-harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Penjual udang di Pasar Bambu Kuning, Sunter Agung, Jakarta Utara, akan menyimpan uang dari calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang digunakan untuk membayar dagangannya.

Calon gubernur nomor urut 3 itu membeli satu kilogram udang peci panami senilai Rp60 ribu. Selain itu, dia juga sempat membeli dua papan tempe seharga Rp15 ribu dan kue cucur. Anies menggunakan uang yang ada di dompetnya sendiri saat berbelanja di Pasar Bambu Kuning.

Anies mengatakan distribusi dan jalur logistik harus diperbaiki sehingga harga-harga kebutuhan pokok bisa lebih murah saat sampai ke pedagang pasar.

“Soal kenaikan harga menjadi salah satu fokus utama kami. Pemerintah harus turun tangan menangani pasokan kebutuhan pokok. Salah satu permasalahan harga kebutuhan pokok saat ini ada pada sisi pasokan,” tuturnya.

“Saat ini, mulai dari cabe, daging, bawang, beras dan telur, semuanya naik,” ujarnya.

Anies: Menata Pasar tak Berarti Merelokasi | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Cagub nomor urut tiga ini mengatakan, penataan pasar adalah salah satu persoalan yang harus dibenahi di ibu kota. Sebab, dia menilai pasar tradisional merupakan jantung yang menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Penataan pasar, menurutnya, tak selalu berarti relokasi.

Dalam kunjungannya, Anies berkeliling pasar dan banyak berdialog serta mendengar keluhan dari para pedagang di pasar. Rata-rata, mereka mengeluhkan harga bahan pokok yang terus merangkak naik. Selain memberatkan masyarakat, kondisi ini juga memberatkan pedagang.

Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan menata pasar tradisional menjadi lebih baik. Program revitalisasi pasar tradisional ini akan menjadi salah satu program andalan pasangan Anies-Sandiaga jika terpilih dalam pilkada DKI.

“Relokasi bukanlah hal yang utama untuk penataan pasar, yang pasti kami ingin agar pasar lebih nyaman dan aman,” kata dia dalam kampanyenya ke Pasar Bambu Kuning, Ancol, Jakarta Utara, Senin (31/10).

Menanggapi keluhan mereka, pasangan cawagub Sandiaga Uno ini menilai, pemerintah harus mengambil langkah untuk menangani naiknya harga tersebut. “Pemerintah Harus turun tangan,” ujar dia.

Yang kedua, Anies melanjutkan harus bisa menjangkau langsung pusat-pusat produsen kebutuhan pokok. Masalah seperti ini perlu dibicarakan dengan mengundang pihak terkait. Pemprov harus menjembatani semua itu dengan menunjukkan tujuan bagaimana bisa membuat dan tetap memberikan ruang keuntungan bagi semua pihak.

Anies mengatakan, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menekan harga bahan pokok. Di antaranya, memangkas rantai distribusinya dan memastikan barang cukup untuk wilayah DKI. Mata rantai distribusi, kata dia, terkait dengan sistem transportasi.

PT Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s