Uncategorized

Maret 2017, Warga Bekasi Bisa Melayang ke Jakarta Tanpa Macet

Tol Becakayu yang sempat mangkrak selama 22 tahun | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

Jokowi menyebut sampai saat ini, pemerintah telah berhasil mendorong kontraktor menyelesaikan delapan dari 11 kilometer (km) jalan tol melayang yang menghubungkan Bekasi – Cawang – Kampung Melayu (Becakayu).

Mantan Walikota Solo mengatakan, dibutuhkan keberanian dari pemerintah untuk memulai kembali pekerjaan tol Becakayu yang sempat mangkrak selama 22 tahun. Pada kurun waktu 1996, saat Indonesia dipimpin oleh mantan Presiden Soeharto, proyek tersebut sempat berhenti karena krisis ekonomi.

Kabar baik bagi warga Kabupaten/Kota Bekasi, Jawa Barat tercetus dari mulut Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala negara menjanjikan, mulai Maret 2017 warga Bekasi yang ingin bepergian ke Jakarta bisa menikmati fasilitas infrastruktur bebas macet.

“Maret 2017 saya minta yang 8 km bisa kita pakai dulu. Saya ke sini untuk memastikan yang 8 km, Maret 2017 sudah selesai dan bisa dipakai,” kata Jokowi, Senin (7/11).

Ia menjamin, jika dua ruas tol dari dan menuju Bekasi bisa selesai tahun depan maka pemerintah bisa mengurai kemacetan jalan tol maupun non tol rute Kalimalang yang saat ini sudah sangat parah.

“Kita mulai lagi Januari 2015 pembangunannya. Saya minta seluruhnya sepanjang 11 km bisa selesai akhir 2017,” tegas Jokowi.

Ia mengapresiasi keberhasilan PT Waskita Karya Tbk (Persero) dalam menggarap proyek tersebut lebih cepat dari jadwal, termasuk dalam proses pembebasan lahan.

“Yang pasti akan sangat mengurangi kemacetan. Nantinya tol Becakayu akan terintegrasi dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR),” katanya.

Rini Soemarno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mendampingi Jokowi meninjau proyek tol Becakayu menyebut ruas tol sepanjang 8 km yang bisa dioperasikan Maret 2017 mendatang akan mengantarkan warga Bekasi sampai Universitas Borobudur di Kalimalang, Jakarta Timur.

“Tidak ada masalah dengan pembebasan lahan karena sekarang ini dengan adanya dana talangan. Jadi cepat banget, sangat cepat,” katanya.

Kebut Proyek Tol Becakayu, Jokowi: Kemacetan Sudah Terlalu Parah | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

Pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) terus dikebut, setelah mangkrak 22 tahun lamanya. Jalan tersebut dinilai mampu mengurangi kemacetan Bekasi-Jakarta.

Jokowi menyadari, rute yang dijalani masyarakat sekarang sudah sangat padat. Hampir setiap hari, kemacetan parah tidak bisa dihindari lagi.

“Iya yang pasti akan sangat mengurangi kemacetan, karena ini memang awalnya dihitung sangat diperlukan,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat blusukan ke lokasi pembangunan, Jakarta, Senin (7/11/2016).

Lokasi proyek tol Becakayu yang dipantau Jokowi pada pagi ini berada di jalur Kalimalang, Jakarta Timur. Jalan tol ini dibangun melayang di atas Jalan Raya Kalimalang. Terlihat Jalan Raya Kalimalang macet.

“Kemacetan di sini terlalu parah,” terangnya.

“Kan berhenti dan dilanjutkan (pada 2015). Kira-kira ini 2 tahun lah rampung,” ujar Jokowi.

Proyek pembangunan dimulai lagi sejak 2015. PT Waskita Karya Tbk menjadi kontraktor setelah yang sebelumnya memutuskan untuk berhenti. Jokowi optimis pembangunan bisa selesai di akhir 2017.

Jokowi Blusukan ke Proyek Tol Becakayu | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Axa

Berdasarkan pantauan wartawan, Senin (7/11/2016) beberapa menteri sudah sudah hadir di lokasi, yaitu wilayah Lampiri, Jakarta. Hampir seluruhnya tampak mengenakan kemeja putih.

Jokowi dijadwalkan hadir pada pukul 08.30 WIB. Rencananya Jokowi akan melihat perkembangan pembangunan seksi satu tol ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini memantau proyek pembangunan jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi I.

Terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno. serta beberapa pejabat eselon I sudah siap menunggu presiden.

Seperti diketahui, proyek ini digarap oleh PT Waskita Karya Tbk. Proyek dimulai pada 2015 dan ditargetkan bisa beroperasi pada akhir 2017. Hingga sekarang seksi I tol ini sudah hampir selesai.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s