Uncategorized

Stasiun Kota Jadi Alternatif Keberangkatan Kereta ke Bandara Soeta

Rutenya Jakarta Kota-Kampung Bandan-Duri-Batu Ceper-Bandara Soetta | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro saat peninjauan jalur kereta bandara di Jakarta, Senin (7/11/2016),mengatakan saat ini rencana tersebut tengah dibahas dengan operator yang akan menjalankan pengoperasian kereta bandara tersebut, yaitu PT Railink.

Edi mengatakan apabila telah dioperasikan, maka rutenya Jakarta Kota-Kampung Bandan-Duri-Batu Ceper-Bandara Soetta.

Stasiun Jakarta Kota direncanakan menjadi alternatif stasiun keberangkatan untuk kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten sebagai upaya memecah kepadatan para penumpang yang akan berangkat melalui Stasiun Manggarai.

“Kita pelajari lagi rencana pemberangkatan dari Stasiun Jakarta Kota, kalau ini bisa, maka kepadatan Manggarai bisa tertolong karena terlalu berat bebannya,” katanya.

Dia menjelaskan dipilihnya Stasiun Jakarta Kota karena areanya masih lebih luas dari Stasiun Manggarai dan beban penumpangnya tidak begitu berat serta bisa diakses dengan kereta rel listrik (KRL).

Terkait tarif, Edi akan membahasnya kembali dengan PT Railink apakah kemungkinan akan ada perbedaan besarannya dibandingkan dengan keberangkatan di Stasiun Manggarai.

“Jadi, penumpang bisa naik KRL untuk menuju keberangkatan Stasiun Jakarta, tidak perlu lagi bawa mobil pribadi, dari Stasiun Pasar Senen pun bisa ke situ,” katanya.

Begitu pula kantong-kantong parkir, menurut dia, perlu dikaji lebih lanjut karena dengan dibukanya keberangkatan menuju bandara, maka diperkirakan akan kendaraan terparkir jumlahnya akan meningkat.

“Presiden menginginkan agar bandara-bandara besar ini bisa diakses dengan kereta,” katanya.

Usulan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo saat meninjau jalur kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta Jumat (4/11) lalu bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno.

Edi menargetkan jalur kereta menuju bandara tersebut akan rampung pada semester I 2017 atau sekitar Juni-Juli 2017.

Sementara itu, rute kereta bandara dari Manggarai, yaitu Manggarai-Sudirman Baru-Batu Ceper-Bandara yang diperkirakan hanya memakan waktu tempuh 54 menit.

“Namun, kita sudah menyusun tarif yang lebih murah apabila berangkat secara berkelompok atau rombongan, bisa menghemat hingga 20 persen,” katanya.

Saat ini, kata dia, tengah dikebut pembangunannya, termasuk pembebasan lahan yang sudah mencapai 78 persen dan pembangunan Stasiun Sudirman Baru dan pengembangan Stasiun Duri dan Stasiun Batu Ceper.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Railink Kuswanto mengatakan terkait tarif akan dibahas kembali, namun saat ini rencana awal yaitu Rp100.000 sama dengan Kereta Bandara Kualanamu, Medan.

Jakarta Kota Bakal Jadi Stasiun Penghubung ke Bandara Soekarno-Hatta | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal menggunakan Stasiun Jakarta Kota sebagai penghubung ke Bandara Soekarno-Hatta.

“Semula akan diberangkatkan dari Manggarai, namun kita juga sedang pelajari dari Stasiun Jakarta Kota,” kata Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro kepada wartawan, Senin (7/11/2016).

Jika rencana ini direalisasikan, maka nantinya ada dua stasiun terminus dari Bandara Soekarno-Hatta, yakni Jakarta Kota dan Manggarai.

“Saat ini kan Manggarai bebannya sudah berat, nanti lebih berat jika ditambah kereta bandara,” jelasnya.

Edi mengatakan, Stasiun Jakarta Kota akan difungsikan sebagai alternatif lain, tujuannya untuk memecah penumpang agar tidak menumpuk di Manggarai.

Kereta bandara dari Stasiun Jakarta Kota tidak akan melintasi Stasiun Sudirman dan Tanah Abang, melainkan melalui Stasiun Kampung Bandan, Angke, dan Duri.

“Alternatifnya sebetulnya ada dua, apakah pintu masuknya dari Stasiun Jakarta Kota atau Kampung Bandan. Jika dari Kampung Bandan, kita punya lahan kosong 20 hektare untuk perluasan stasiun dan area parkir,” ungkapnya.

Menurut Edi, saat ini pihak manajemen KAI tengah melakukan studi dan evaluasi untuk kemungkinan membangun area parkir di Stasiun Jakarta Kota.

Menurut Edi, diharapkan pengoperasian Kereta Bandara dari Stasiun Jakarta Kota, jadwalnya akan sama dengan Stasiun Manggarai, yakni pada akhir semester pertama 2016 atau Juni.

Kereta Bandara Soekarno-Hatta – Stasiun Manggarai akan memiliki jarak sekitar 36,3 kilometer. Pada tahap pertama, akan dioperasikan sekitar 10 rangkaian kereta, di mana masing-masing dapat mengangkut 274 per rangkaian dengan tarif sekitar Rp 100 ribu.

“Apakah nanti disamakan dengan dari Stasiun Manggarai atau tidak masih menunggu kajian,” imbuhnya.

Mengenai tarif, Edi mengaku belum ditetapkan, lantaran masih menunggu kajian.

Pembebasan Lahan Kereta Bandara Soetta Capai 80% | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, pembebasan lahan untuk proyek kereta api Bandara Soekarno-Hatta telah mencapai 80 persen, sehingga mendukung penyelesaian sesuai target Presiden Joko Widodo akhir tahun ini.

Dia mencontohkan, lahan milik PT Fortuna Glass seluas 4,5 hektare yang terkena imbas dari proyek kereta api bandara. Perusahaan dengan 400 pegawai dan produksi kaca tersebut, mengaku siap pindah ke lokasi lainnya di Kota Tangerang.

Arief, di Tangerang, Senin, mengatakan sejumlah lahan yang belum selesai dibebaskan dalam proses verifikasi berkas oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Diharapkan, seluruh pembebasan lahan itu dapat selesai sesuai target dan proyek KA bandara selesai hingga waktu yang ditentukan.

“Pemkot Tangerang akan mempercepat agar proses pembebasan lahan yang sisa sedikit lagi bisa selesai,” katanya pula.

Tak hanya itu, Pemkot Tangerang pun siap untuk menyukseskan program pembangunan kereta bandara sekaligus proyek tol Bandara-Kunciran.

Presiden yang ditemani oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno, dan Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, serta Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro berkunjung ke PT Fortuna Glass yang berada di Kelurahan Batu Jaya, Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang.

Perlu diketahui, Presiden Joko Widodo pada Jumat (4/11) melakukan peninjauan proyek KA bandara dan lokasi lahan yang akan dibebaskan.

Kunjungan Presiden tersebut dimaksudkan untuk memantau progres pembebasan lahan di Kota Tangerang dan menargetkan pada Desember 2016 selesai.

Lahan yang dibebaskan itu, di antaranya Kecamatan Cipondoh dengan Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Tangerang dengan Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Batu Ceper dengan Kelurahan Batu Sari dan Kelurahan Batu Jaya.

Perlu diketahui, jumlah bidang yang diperlukan untuk pembangunan jalur KA Bandara Soekarno-Hatta adalah 815 bidang dengan luas 36 hektare meliputi lima kecamatan dan delapan kelurahan di Kota Tangerang.

Lalu, Kecamatan Benda dengan Kelurahan Belendung dan Kelurahan Pajang, serta Kecamatan Neglasari dengan Kelurahan Karang Sari dan Kelurahan Karang Anyar.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s