Uncategorized

Atasi Pencurian Ikan, Menteri Susi Bentuk Samsat Perikanan

Pembentukan ini bekerjasama dengan Kementerian Perhubungan | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Kerja sama yang disepakati adalah optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak, guna aksesibilitas percepatan pelayanan pengukuran ulang kapal penangkap ikan, di antaranya adalah kapal eks cantrang, dan pelayanan izin terpadu. Kedua kementerian juga akan membentuk sistem administrasi manunggal satu atap di bidang perikanan (Samsat Perikanan).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, melakukan penandatanganan kerja sama dengan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, untuk melakukan upaya pemberantasan pencurian ikan. Hal ini ditempuh melalui program penguatan armada kapal perikanan nasional.

Selain itu, juga dilakukan kerja sama untuk harmonisasi tatanan zonasi pelabuhan, dan berbagai aktivitas lainnya yang mendukung program pemerintah. Sebagai tindak lanjut penandatanganan kerja sama ini, akan dibuat surat keputusan bersama menteri kelautan dan perikanan dan menteri perhubungan tentang pembentukan Samsat Perikanan.

“Ruang lingkup kerja sama ini, meliputi pendidikan pelatihan sumber daya manusia, percepatan pelaksanaan hasil pengukuran ulang kapal penangkap ikan, hingga gelar operasi bersama,” kata Susi di Gedung Mina Bahari IV, Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta, Senin 28 November 2016.

Dalam kesempatan tersebut, Susi juga mengajak kerja sama pemerintah Indonesia dengan negara Denmark dan Norwegia dalam pengembangan sektor perikanan di Indonesia. Sebuah forum bisnis akan digelar setiap bulannya untuk meningkatkan kerja sama bisnis dan minat investasi antarpelaku usaha Indonesia, Norwegia dan Denmark.

“Saya pikir ini sangat strategis, dan sangat baik untuk Norwagia dan Denmark. Karena Indonesia adalah negara yang punya area bisnis yang besar,” kata dia.

Ia menjelaskan, hadir dalam acara forum tersebut sebanyak 33 perusahaan dari Denmark dan Noerwegia yang akan memberikan penawaran kerja sama bisnis dan investasi kepada pemerintah Indonesia, dan pelaku bisnis Indonesia.

Susi Ungkap Jokowi Ingin Jadikan Maritim Kekuatan Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

“Presiden Jokowi pada Oktober 2014 ingin Indonesia jadi kekuatan maritim, secara realistis dukungan sangat penting agar jadi pemain bisnis maritim di ASEAN terutama dan dunia tentunya,” ujar Susi di Jakarta, Senin (28/11/2016).

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menjadikan sektor maritim sebagai kekuatan Indonesia. Keinginan tersebut dikemukakan Jokowi tidak lama setelah menjabat sebagai Presiden.

Setelah dipilih Jokowi menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi langsung bergerak cepat untuk meningkatkan sektor investasi di bidang kelautan.

Susi menjelaskan, target Jokowi itu tidak bisa diwujudkan sendirian oleh Indonesia. Pemerintah harus melakukan kerja sama dengan negara lain untuk jadi pemain utama di sektor maritim.

“Pada saat yang sama saya jadi menteri KKP, saya senang sejauh ini kita bisa akomodasi tiap bulan buka perikanan bisnis forum. Hari ini Norwegia dan Denmark, kita sama-sama strategi kerja sama karena Indonesia negara besar dan kompetitor kita besar juga dan jika tidak kerja sama maka tidak bisa,” katanya.

“Rusia, kita informasikan, akhir pekan lalu hari Sabtu di Makassar, Blackspace tanda tangan dengan Perindo join venture company 30 cold storage,” pungkasnya.

Dia mencontohkan, Rusia sudah menyepakati kerja sama pembangunan hingga 30 cold storage. Investor asal Rusia yakni Blackspace bekerja sama dengan PT Perikanan Indonesia (Perindo).

Menteri Susi: konsumsi ikan masyarakat Sulsel tertinggi di Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Susi Pudjiastuti menyatakan jika masyarakat Sulawesi Selatan lebih tinggi rata-rata angka konsumsi ikannya di Indonesia.

Susi Pudjiastuti membeberkan, berdasarkan angka konsumsi ikan per kabupaten/kota maupun provinsi, Sulsel tercatat memiliki kemampuan konsumsi ikan sebanyak 60-80 kilogram per kapita tiap tahunnya.

“Sulsel ini provinsi maritim dan bahkan Kota Makassar saja punya banyak pulau dibandingkan kota-kota lainnya. Angka konsumsi ikan masyarakatnya tertinggi di Indonesia,” ujarnya di Makassar, Sabtu.

Ia mengatakan, tingginya tingkat konsumsi ikan di Sulsel dari nasional didukung juga oleh produksi ikan tangkap daerah yang berada di atas angka 400 ribu ton pertahun.

Sedangkan daerah di Pulau Jawa seperti Kota Yoyakarta dan Solo hanya rata-rata 16 kilogram (kg) per kapitanya. Untuk secara keseluruhan nasional hanya 46 kilogram per kapita.

Di hadapan Presiden Joko Widodo dan seratusan nelayan di Pelabuhan Perikanan Untia itu, Susi meminta kepada para nelayan agar tetap melaut dengan menggunakan peralatan yang ramah lingkungan.

“Orang Sulsel itu pemakan ikan dan banyak orang Sulsel pinter-pinter, cerdas karena memang konsumsi proteinnya sangat tinggi,” katanya.

“Mari kita semua menjaga keberlangsungan sumber daya alam kita agar tetap terjaga, jangan menggunakan cara-cara illegal fishing, jangan membius, jangan mengebom dan jangan pakai kompresor dalam mencari ikan,” jelasnya.

“Pelaut Bugis-Makassar itu sudah terkenal sejak dulu dan sampai sekarang terkenal sampai keluar negeri. Terkenal karena suka membius dan lain-lainnya. Jangan lagi ada seperti itu karena anak cucu kita yang akan sengsara,” pesannya kepada nelayan.

Susi juga meminta kepada nelayan agar menjadikan lautan Indonesia ini sebagai tempat untuk mencari ikan tanpa harus merusak terumbu karang, koral dan biota lautnya daerah lain.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s