Uncategorized

Rupiah turun menjadi Rp13.521 per dolar AS

Rupiah masih berpotensi kembali menguat | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

“Nilai tukar rupiah relatif bergerak stabil. Pasar cenderung masih dibayangi beberapa kekhawatiran seperti inflasi November 2016 yang berpeluang naik serta rencana demonstrasi pada akhir pekan ini,” kata ekonom Samuel Sekuritas, Rangga Cipta.

Namun, menurut dia, rupiah juga masih berpotensi kembali menguat menyusul imbal hasil surat utang negara (SUN) yang mulai turun mengikuti tren global dan itu menandakan mulai meredanya aliran keluar dana asing dari dalam negeri.

Nilai tukar rupiah dalam transaksi antar bank di Jakarta pada Selasa pagi turun tiga poin menjadi Rp13.521 per dolar AS.

Ia mengatakan permintaan dolar AS yang meningkat menjelang akhir bulan juga turut membuat rupiah cenderung melemah meski terbatas.

Di sisi lain, lanjut dia, harga minyak berpeluang naik setelah anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) menyatakan sepakat memangkas produksi walaupun finalisasinya masih menunggu kesepakatan mengenai besaran pemangkasan.

Selain itu, ia mengatakan, pelaku pasar uang juga mulai dapat memperhitungkan efek negatif dari kemenangan Donald Trump dalam pemilihan presiden Amerika Serikat.

“Pergerakan mata uang negara berkembang masih dibayangi oleh potensi kenaikan suku bunga AS,” katanya.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova mengatakan bahwa para pelaku pasar juga cenderung “menanti dan melihat” menjelang rencana kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat (The Federal Reserve).

Rupiah Pagi Ini Melemah di Tengah Stabilnya USD terhadap Euro | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

Berdasarkan data dari kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah dibuka pada level Rp13.549/USD. Posisi ini melemah dari posisi kemarin di level Rp13.467/USD.

Di sisi lain posisi rupiah menurut Yahoo Finance pada perdagangan hari ini berada di level Rp13.540/USD pada pukul 10.00 WIB atau tidak lebih baik dari posisi sebelumnya di level Rp13.530 dengan kisaran harian Rp13.473-Rp13.540/USD.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini dibuka melemah, balik lagi menembus level Rp13.500/USD dibanding penutupan kemarin. Pelemahan mata uang Garuda hari ini terjadi saat USD tercatat flat terhadap mata uang lainnya.

Sementara data Bloomberg pagi ini rupiah pada pukul 10.05 berada di level Rp13.551/USD, atau mengalami pelemahan dibanding sebelumnya di level Rp13.532/USD. Pergerakan rupiah hari ini berada pada kisaran harian Rp13.522-Rp13.564/USD.

bersumber dari Limas pagi ini, rupiah berada di level Rp13.510/USD. Posisi ini sedikit membaik dibanding kemarin yang berakhir di level Rp13.505/USD.

Risiko politik membuat euro tertahan meskipun mundurnya dalam dolar. Di mana euro terhadap USD berada di level 1,0606, setelah gagal untuk berada di level 1,0686 atau tertinggi dalam 11 hari.

Greenback masih di jalur untuk keuntungan dua bulan terkuat sejak awal 2015, didukung oleh ekspektasi Federal Reserve (The Fed) hampir pasti menaikkan suku bunga bulan depan.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (29/11/2016), USD stabil setelah kemarin melemah. Sementara pasar ekuitas flat sebagai risiko politik yang muncul kembali di Eropa menjelang referendum di Italia akhir pekan ini.

USD bergerak lebih tinggi pada yen di level 112,18, setelah aksi profit taking menariknya ke bawah sejauh 111,58. Ini masih 7% lebih tinggi pada bulan tersebut.

Rupiah Dibuka Melemah Tipis | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Bandung

Nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi ini dibuka di kisaran Rp 13.525 per dolar AS. Sedangkan, pergerakan rupiah pagi ini berada di kisaran Rp 13.522-Rp 13.550 per dolar AS.

Rupiah pada perdagangan Selasa pagi ini dibuka melemah tipis sebesar tiga poin atau anjlok 0,02 persen ke kisaran Rp 13.535 per dolar AS.

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Selasa (29/11)dibuka melemah dan terhempas di zona merah.

PT Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s