Uncategorized

Pujian setinggi langit bos Forbes untuk Presiden Jokowi

“Presiden Jokowi adalah reformis yang sudah membangun Indonesia” | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Chairman and Editor in Chief Forbes Media, Steve Forbes memuji Presiden Joko Widodo sebagai salah satu tokoh perubahan yang memberi banyak perubahan terhadap pembangunan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, mantan Wali Kota Solo tersebut adalah orang dengan latar belakang yang tepat untuk membangun perekonomian Indonesia.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga dinilai telah memberi kemudahan kepada dunia usaha. Salah satunya melalui pemotongan izin yang dinilai terlalu lama dan panjang.

“Presiden Jokowi adalah reformis yang sudah membangun Indonesia. Sebelum dia memasuki dunia politik, dia wirausahawan. Dia tahu bagaimana hal terjadi di pasar, miliki bisnis mebel dan dia frustasi dengan birokrasi, dan dia melakukan sesuatu, dia tidak mengeluh dan justru melakukan yang baik. Dia seorang Wali Kota sukses di Solo dan Gubernur. Dia mengambil pendekatan sebagai wirausahawan saat jadi presiden,” ujarnya di Hotel Shang Ri La, Jakarta, Selasa (29/11).

“Kita mendapat kesan, Presiden bukan hanya bekas wirausaha tapi pebisnis merupakan masa depan bagi Indonesia,” pungkasnya.

“Dia juga mengeluarkan program amnesti pajak, dia menetapkan target 7 persen yang membuat Indonesia sebagai salah satu dari 10 ekonomi terbesar di dunia,”

Penilaian Dunia Terhadap Reformasi Birokrasi ala Jokowi | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Chairman and Editor in Chief Forbes Media Steve Forbes menilai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan seorang reformis. Hal ini lantaran sejak awal memimpin Indonesia, Jokowi langsung menggalakkan reformasi birokrasi di Tanah Air.

“Sebelum ia (Jokowi) memasuki dunia politik, dia wirausahawan. Dia tahu bagaimana hal yang terjadi di pasar, memiliki bisnis mebel dan dia frustasi dengan biorkrasi. Dan dia melakukan sesuatu,” katanya di Shangri-La Hotel, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Dia mengungkapkan, latar belakang Jokowi yang merupakan seorang pengusaha adalah pemicunya. Saat menjadi pengusaha, Jokowi merasakan sendiri berbelitnya sistem birokrasi di Tanah Air. Sehingga, saat menjadi Presiden, dia pun mengubahnya agar menjadi lebih mudah.

“Dia master. Dia juga mengeluarkan program amnesti pajak, dia menetapkan target tujuh persen yang membuat Indonesia sebagai salah satu dari 10 ekonomi terbesar di dunia. Kami mendapat kesan, Presiden sebagai bekas wirausaha melihat bisnis merupakan masa depan bagi Indonesia,” tandasnya.

Menurutnya, Jokowi telah mengambil pendekatan sebagai wirausahawan saat menjadi Presiden. Kebijakan yang diambil pun selalu memprioritaskan dunia usaha dan membuat iklim investasi di Tanah Air menjadi lebih kondusif.

Depan puluhan CEO, Jokowi banggakan telah hapus subsidi BBM | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Dalam kesempatan itu, mantan Walikota Solo tersebut menyampaikan perkembangan ekonomi dalam negeri. Jokowi juga menyampaikan pentingnya reformasi dalam birokrasi di Tanah Air.

Salah satu reformasi yang dibeberkan Jokowi adalah perihal pemotongan atau penghapusan subsidi bahan bakar minyak (BBM). Melalui pemotongan tersebut, ruang fiskal Indonesia sebesar USD 15 juta terselamatkan.

Presiden Joko Widodo membuka acara Forbes Global CEO Conference di Hotel Shang Ri La, Jakarta, Selasa (29/11). Puluhan CEO ternama hadir dalam event tahunan tersebut.

“Ketika saya menduduki jabatan saya dua tahun lalu sebagai CEO untuk negara RI, saya tahu bahwa kita harus melakukan restrukturisasi ekonomi kami secepat mungkin. Kita harus reformasi birokrasi kami secepat mungkin, dan kita harus melakukan reformasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat kami secepat mungkin,” ujarnya.

Proyek-proyek seperti pembangkit listrik 35.000 MW, 1.000 km jalan tol, 3.258 km railways, 15 bandara yang baru, dan 10 perluasan bandara, 24 pelabuhan menjadi bukti dari sebagian pemanfaatan pemotongan subsidi yang dilakukan pemerintah. Tidak hanya itu, pemerintah juga melakukan beberapa penyederhanaan izin dan meluncurkan paket kebijakan ekonomi sebagai bagian dari reformasi ekonomi.

“Dan kita dapat merealokasikan untuk infrastruktur, pendidikan, perawatan kesehatan dan lainnya,” ucapnya.

“Menciptakan sebuah formula yang membatasi peningkatan tahunan, yang memberikan kepastian bagi para pemberi kerja. Menurunkan harga BBM untuk industri dan banyak lagi langkah reformasi ekonomi,” sambungnya.

“Pada 14 bulan lalu kita meluncurkan upaya untuk deregulasi dan menyederhanakan perizinan dan lisensi. Kita sudah meluncurkan 14 yang disebut sebagai Paket Kebijakan Reformasi, menjadi langkah konkret, dan juga ekspor barang jadi menjadi lebih efisien,” jelas dia.

“Saat ini kami sudah mengumpulkan lebih dari USD 10 miliar atau 1 persen dari GDP kita dari pembayaran deklarasi dan repatriasi modal. Sejumlah USD 300 miliar yang luar biasa yang merupakan aset tidak diumumkan dan akhirnya diumumkan, itu lebih dari 30 persen GDP kami,” tuturnya.

Selain itu, di depan puluhan CEO, Presiden Jokowi juga membanggakan program ambisiusnya, yakni program Tax Amnesty atau pengampunan pajak. Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengklaim jika program Tax Amnesty Indonesia menjadi yang tersukses di dunia karena dalam 5 bulan pelaksanaannya, sebanyak USD 10 miliar atau 1 persen dari Gross Domestic Product (GDP) Indonesia.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s