Uncategorized

Google Ungkap Cara Tangani Hoax di Internet

Google mengaku belum bisa kendalikan secara penuh informasi palsu | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang mesin pencarian internet, Google mempunyai cara tersendiri untuk mengatasi peredaran berita palsu di dunia maya.

Belakangan ini berita-berita mengenai suatu isu tertentu yang diragukan akurasinya begitu marak dan bertebaran di internet hingga media sosial. Masyarakat mulai dibuat pusing karena berita asli dan berita palsu (fake news atau hoax) mengenai suatu isu yang sedang hangat. Hoax bahkan hadir seakan-akan sebgai berita yang benar.

Product Communications Leads Google Indonesia, Putri Silalahi mengatakan, Google terus berupaya untuk memberikan informasi yang sesuai dan akurat kepada netizen di kolom pencarian teratas.

“Seperti di Google News misalnya, kita (tampilkan) berdasarkan berita-berita dari kalian (media) sebagai news provider,” ungkap Putri.

Putri mengungkapkan, selama ini Google Indonesia bekerja sama dengan para publisher yang dalam hal ini media pers yang terbukti menyajikan berita sesuai dengan kaidah jurnalistik

Putri menjelaskan, dalam Google News itu dihadirkan metode Accelerated Mobile Pages (AMP) bagi media-media, yang mana metode itu dihadirkan untuk pencarian melalui jalur mobile.

Putri membuktikan, Google selalu menampilkan berita-berita relevan yang dilihat dari topik-topik terpopuler dalam 2016 ini. “Topik-topik yang terpopuler yang diungkapkan Google pada 2016 ini sesuai yang diberitakan oleh media.”

“AMP itu untuk memberikan meringankan artikel yang sudah dibuat oleh teman-teman (media), sehingga kalau dibuka (oleh netizen) terasa ringan,” ucapnya.

Managing Director Google Indonesia, Tony Kuesgen menuturkan, Google melakukan yang terbaik dalam menyajikan berita-berita yang relevan. Namun, Kuesgen menyampaikan, Google saat ini masih belum bisa mengontrol secara utuh peredaran informasi kepada netizen.

“Tapi, ada beberapa pihak yang membagikan berita palsu (hoax) di internet, semuanya dikumpulkan Google. Sampai sekarang kita belum mengontrol itu semua,” ucap Kuesgen di Jakarta, Rabu 14 Desember 2016.

Ramai Berita Hoax, Ini Jawaban Google Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Berita palsu (Hoax) kini semakin banyak berseliweran di internet yang terkadang menimbulkan dampak yang negatif bagi masyarakat. Bahkan tidak sedikit berita yang bersifat provokatif untuk menebar kebencian.

Managing Director Google Indonesia, Tony Keusgen mengungkapkan, Google cukup memberikan kontribusi terhadap isu seperti ini. Hanya saja Google belum dapat mengontrol secara penuh informasi yang disebar. Pasalnya posisi Google saat ini hanya sebagai penghimpun.

Dalam hal ini tentu saja perlu adanya pencegahan dari pihak-pihak terkait guna melakukan filter berita Hoax agar tidak semakin meresahkan. Hadir dalam acara Year in Search 2016, salah satu raksasa teknologi dunia maya, Google memberikan tanggapannya.

“Memang ada beberapa pihak yang menyebar informasi hoax, semuanya dikumpulkan Google. Sampai saat ini, kami akui belum bisa mengontrol itu semua,” ujar Keusgen, di Jakarta, Kamis (15/12/2016).

Sementara itu Putri Silalahi, Products Communication Lead Google Indonesia mengatakan bahwa Google memiliki beberapa tools bermanfaat yang dapat digunakan pengguna.

Terakhir, dirinya mengharapkan agar media dapat menjadi penyedia sumber informasi terpercaya bagi masyarakat. “Google dan Media harus saling bekerjasama untuk menciptakan ekosistem yang baik,” tandasnya.

Selain mengandalkan flag, Google juga mendorong para publisher untuk mendaftarkan perusahaan mereka agar dapat terverifikasi. Sebab, media yang sudah terverifikasi dapat menjadi sumber berita terpercaya bagi netizen Indonesia.

“Kita mengandalkan Flag dari para user. Flag biasa digunakan untuk melaporkan konten negatif. Jika laporan telah terproses, link akan langsung di-block,” ungkapnya.

Ini Kata Bos Google Indonesia soal Kewajiban Pajak | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Ditemui dalam acara Year in Search 2016, Tony Keusgen selaku Managing Director Google Indonesia mengaku bahwa pihaknya senantiasa menghormati regulasi pajak yang berlaku di Indonesia.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus mengupayakan agar Google Indonesia dapat menyelesaikan kewajiban bayar pajak. Kabar terakhir menunjukkan bahwa kedua pihak siap menuntaskan masalah tersebut.

Sayanya, ia enggan memberikan kabar terbaru mengenai masalah tersebut. Namun, ia mengungkapkan bahwa pembicaraan berjalan baik. “Kami akan kabari sesegara mungkin. Intinya, kami berkomitmen,” ucapnya singkat.

Sedang dalam proses. Kami terus menghormati prosesnya. Kami tetap berkomitmen,” ujarnya di Jakarta.

“Saya berterima kasih Google memiliki komitmen untuk memenuhi kewajibannya dan tentu saja saya juga bangga dengan tim kita. Sehingga kita juga bisa menciptakan yang disebut level playing field kepada seluruh pelaku ekonomi,” tukasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani, mengaku telah bertemu dengan pihak Google membicarakan masalah pembayaran pajak. Ia menjelaskan bahwa Google menunjukkan iktikad baik terhadap Indonesia.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s