PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Listrik Bersih PLTP Lahendong Dukung Sektor Pariwisata Sulawesi Utara

PLTP Lahendong akan menambah pasokan listrik menjadi total 120 MW | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

residen Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan PLTP Lahendong unit 5 dan 6, serta PLTP Ulubelu unit 3 di Lampung, di Tompaso, Selasa (27/12/2016) pukul 10.00 WITA dalam kunjungannya ke Minahasa, Sulawesi Utara.

Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Irfan Zainuddin memiliki pesan tersendiri seputar Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong unit 5 dan 6 di Tompaso, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Peresmian ini merupakan rangkaian dari kunjungan Jokowi ke Minahasa, dalam rangka menghadiri Perayaan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2016 di Kabupaten Minahasa. Presiden juga dijadwalkan akan meninjau Bendungan Kuwil, di Kabupaten Minahasa Utara.

Sekadar informasi, data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulawesi Utara (Sulut) menyebutkan, sejak dibukanya penerbangan langsung tujuh kota di China ke Manado pada awal Juli 2016, sebanyak 8.118 wisatawan China telah mengunjungi Sulut, sementara wisatawan Singapura sebanyak 2.774 wisatawan.

Menurut dia, tambahan listrik dari unit 5 dan 6 sebesar 2×20 Megawatt (MW) di PLTP Lahendong akan menambah pasokan listrik menjadi total 120 MW. Jumlah tersebut diharapkan dapat menopang target Sulawesi, terutama Sulawesi Utara, untuk mengembangkan sektor pariwisatanya.

Selain kota Manado, pemerintah provinsi Sulut juga menyiapkan kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa. Di Kabupaten Minahasa inilah, PLTP Lahendong berada, memanfaatkan panas bumi (geothermal) menjadi energi listrik.

Berikut petikan wawancara dengan Irfan Zainuddin dengan wartawan dalam sebuah kesempatan kunjungan di unit 5 dan 6 pada Senin (26/12/2016), sehari sebelum peresmian oleh Jokowi.

Seberapa bersih energi panas bumi dibandingkan dengan batubara?

Emisi yang bisa kami kurangi setahun untuk unit 5 dan 6 bisa 150.000 ton per tahun. Ini sejalan dengan Paris Agreement untuk mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 29 persen hingga 2030. Panas bumi ini adalah salah satu upaya, kami akan terus sosialisasi manfaatnya.

Sama sekali tidak ada pembakaran di sini. Kalau batubara dan yang lainnya itu kan ada pembakaran apalagi minyak bumi. Kalau ini tidak. Panas bumi untuk gerakkan turbin. Jadi sama sekali tidak ada emisi.

Setelah ini mau kembangkan apa?

Kami lihat dulu. Tahun depan-lah. Lahendong unit 7 tahun depan. Mungkin di akhir-akhir tahun atau kuartal IV 2017 akan kami usahakan melakukan pengeboran. Di samping listing area, kami juga akan lihat eksplorasi.

Apa pesan bapak mengenai PLTP Lahendong unit 5 dan 6 ini bagi masyarakat Sulut?

Jadi Lahendong ini akan sangat mendukung kegiatan pariwisata dengan energi bersihnya. Kegiatan pariwisata kalau di-support dengan panas bumi akan sangat relevan dengan kegiatan pariwisata itu sendiri. Menurut saya kalau ini dihubungkan dengan pariwisata akan sangat tepat ya, bukan hanya di Sulawesi Utara.

Sulut ini adalah daerah pariwisata. Akan sangat-sangat relevan kalau energinya juga energi yang bersih yang ramah lingkungan dan energi hijau. Dan yang cukup besar dari Sulawesi Utara dari sisi sumber daya alamnya adalah panas bumi. Wilayah ini tidak memiliki resources seperti batubara.

Apakah PLTP tidak merusak lingkungan? Bagaimana nanti jika ada demo oleh LSM lingkungan?

Justru PLTP ini ingin melestarikan lingkungan sekitar. Air yang dipompa dari sumur dikembalikan ke tanah, dan jadi bahan baku uap lagi. Inilah bentuk energi terbarukan yang berkelanjutan.

Misal, sekarang sudah berjalan festival geothermal setiap tahun. Lalu ada wisata pacuan kuda, yang mana kuda Tompaso ini terkenal kuat. Kami akan kembangkan wisata berkuda di sekitar PLTP. Nanti juga akan ada wisata pemandian air panas.

Jika LSM demo itu biasa. Kami buat kerja sama dengan Pemda Minahasa dan Dinas Pariwisata setempat untuk mengembangkan pariwisata seputar PLTP Lahendong. Nantinya PLTP Lahendong ini akan jadi salah satu destinasi wisata.

Hari Ini, Presiden Jokowi Resmikan PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Presiden Joko Widodo hari ini dijadwalkan akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong unit 5 dan unit 6. Peresmian ini akan dilakukan pada lokasi PLTP di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara.

Seperti diketahui PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya, PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), berhasil mempercepat pembangunan PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 yang menelan investasi USD228,7 juta.

Dijadwalkan turut hadir Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto. Selain itu, turut pula akan hadir Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Irfan Zainuddin.

PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 merupakan PLTP milik Pertamina Geothermal Energy yang ke-4 dan ke-5, yang dibangun dengan pola total project, setelah sebelumnya PLTP Kamojang Unit-4, Kamojang Unit-5, dan Ulubelu Unit-3.

Seperti diinformasikan Biro Pers, Media dan Informasi Sekretriat Presiden, Jokowi sebelumnya dijadwalkan akan melakukan peninjauan ke Bendungan Kuwil, di Kabupaten Minahasa Utara dan kemudian dilanjutkan pada peresmian proyek infrastruktur energi PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Lahendong Unit 5 dan 6, serta PLTP Ulubelu Unit 3 di Kecamatan Tompaso, Kabupaten Minahasa.

Total project artinya proyek dilaksanakan oleh Pertamina Geothermal Energy mulai dari tahapan eksplorasi dan pengembangan lapangan uap hingga pembangunan dan pengoperasian PLTP untuk kemudian listriknya dijual kepada PT PLN (Persero) dan didistribusikan kepada masyarakat.

Sore harinya, bertempat di Gedung Wale Ne Tou Tondano, Kabupaten Minahasa, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi akan menghadiri Peringatan Natal Bersama Tingkat Nasional Tahun 2016 yang akan dihadiri kurang lebih 17.000 undangan.

Turut menyertai Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Manado, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit dan Gories Mere serta Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Ari Setiawan.

Setelah menghadiri peringatan natal, Presiden dan rombongan akan langsung lepas landas menuju Bandar Udara Internasional El Tari Kupang, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk melanjutkan kunjungan kerja.

Jokowi akan Meresmikan PLTP Lahendong di Minahasa | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Presiden Jokowi pada Selasa pagi, setelah meninjau Bendungan Kuwil di Minahasa Utara, kemudian menuju PLTP Lahendong melalui perjalanan darat. Adapun Jokowi dijadwalkan untuk meresmikan PLTP Lahendong Unit 5 dan Unit 6, selain itu pada kesempatan yang sama juga akan meresmikan PLTP Ulubelu Unit 3 di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Lahendong di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, dalam rangkaian kunjungan kerja di provinsi tersebut.

Peresmian infrastruktur energi PLTP Lahendong Unit 5 dan 6 serta PLTP Ulubelu Unit 3 akan dilakukan ditandai dengan penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian PLTP Lahendong Unit 5 dan 6, serta PLTP Ulubelu Unit 3.

Saat tiba di PLTP Lahendong Unit 5 dan 6, Presiden Jokowi akan disambut Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Dirut Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto. Presiden selanjutnya akan meninjau maket dan displai panel data PLTP Lahendong Unit 5 dan 6. Peninjauan tersebut dipandu oleh Dirut Pertamina Geothermal Energy Irvan Zainuddin.

Sebelum dibangun unit yang baru, total kapasitas terpasang di PLTP Lahendong Unit 1 sampai 5 mencapai 100 megawatt (mw) dan direncanakan akan dikembangkan PLTP Lahendong Unit 6 sebesar 20 mw, sehingga total kapasitas dari wilayah kuasa pengusahaan (WKP) pembangkit tersebut akan mencapai 120 mw.

Saat peresmian, Presiden akan didampingi Menteri ESDM Ignasius Jonan, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto. Demikian seperti dikutip dari Antara, Selasa, 27 Desember 2016.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s