PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Kemendikbud Imbau Masyarakat Ikut Tax Amnesty

Besaran anggaran pendidikan tergantung penerimaan negara | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

Pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara mengamanatkan 20 persen alokasi belanja untuk pendidikan sesuai dengan Undang-undang. Namun, penyaluran belanja tentu akan tetap bergantung pada sektor pendapatan negara.

Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Daryanto pun mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat, agar sadar akan kewajibannya kepada negara. Hal ini diungkapkan Daryanto, usai mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty di kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak.

“Saya dari Inspektur Pendidikan, sangat berharap ada kesadaran membayar pajak. Ini menjadi sebuah keniscayaan bagus. Karena kita tahu, 20 persen alokasi dana APBN untuk program pendidikan,” jelas Daryanto, Kamis 29 Desember 2016.

Porsi pendapatan negara terbesar bersumber dari sektor penerimaan pajak. Apabila penerimaan pajak tidak teroptimalisasi dengan baik, maka kucuran belanja ke sektor pendidikan pun bisa terhambat. Program pemerintah pun ikut terkena imbasnya.

Hal senada turut diungkapkan oleh Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama. Ia mengatakan, masih ada waktu untuk ikut serta dalam program tax amnesty sebelum masa periode pelaksanaan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang.

“Tinggal tiga hari tarif masih rendah. Ini kesempatan untuk memanfaatkan,” ujarnya.

Menurutnya, program pengampunan pajak merupakan fasilitas yang seharusnya dimanfaatkan oleh seluruh elemen masyarakat, untuk memperbaiki kepatuhannya kepada negara. Penerimaan pajak, kata dia, merupakan instrumen penting untuk membangun negara.

Konsultan Panen Saat Tax Amnesty, Sri Mulyani: Jangan Lupa Bayar Pajak Juga | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengetahui para konsultan pajak banyak menerima permintaan jasa dari wajib pajak yang mengikuti program pengampunan pajak atau tax amnesty. Sudah seharusnya konsultan juga ikut menyelesaikan kewajibannya.

Banyaknya penggunaan jasa konsultan diketahui Sri Mulyani ketika mengecek langsung pelaksanaan program pengampunan pajak atau tax amnesty di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Jakarta.

“Konsultan juga bayar pajak dari penerimaan itu. Karena saya sudah minta Pak Ken (Dirjen Pajak) agar diperiksa NPWP-nya. Karena mereka kan panen,” terangnya di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu malam (28/12/2016).

“Jadi buat kami nggak masalah, karena di sini memang disediakan sebagai empat alternatif untuk melayani lebih baik,” paparnya.

Konsultan banyak terlihat di Kantor Pusat Ditjen Pajak karena melayani permintaan wajib pajak yang berbeda lokasi. Sri Mulyani tidak mempersoalkan penggunaan jasa konsultan.

Masih Pagi, Antrean Tax Amnesty Sudah Membludak | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Jakarta STC

Berdasarkan pantauan di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak), Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (29/12/2016), sejak pukul 07.00WIB para wajib pajak telah memenuhi lokasi.

Program pengampunan pajak atau tax amnesty periode kedua hampir berakhir. Di akhir periode II ini, para wajib pajak berbondong-bondong ikut daftar.

Di lantai 2 Gedung Utama dan lantai 1 Gedung A. Puluhan pegawai pajak disebar untuk memfasilitasi kebutuhan dari wajib pajak.

Memasuki pukul 08.00WIB, pendaftaran pun mulai di buka. Tampak ratusan wajib pajak, baik itu pribadi maupun ahli kuasa telah antre dan siap untuk menunggu nomor panggilan.

Diketahui, masa program pengampunan pajak atau tax amnesty periode II berakhir pada Sabtu (31/12/2016). Para wajib pajak masih memiliki waktu tiga hari lagi untuk dapat mengikuti program tax amnesty di periode II ini.

Di meja pendaftaran pun, para wajib pajak ramai memenuhi dan mengelilingi meja. Para petugas tampak sibuk untuk melayani para wajib pajak. Hingga saat ini, kegiatan tersebut masih berlangsung.

PT Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s