PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Minat Jadi DK OJK? Penuhi Syarat Ini

Sri Mulyani sebagai ketua pansel seleksi DK OJK | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Sri Mulyani mengatakan, pendaftaran calon anggota DK OJK untuk periode 2017-2022 akan dibuka pada Selasa, 17 Januari 2017. Pendaftaran dilakukan secara daring (online) pada laman http://www.seleksi-dkojk.kemenkeu.go.id.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) Periode 2017-2022. Jokowi menunjuk Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai Ketua Pansel.

“Pendaftaran dilakukan selama 12 hari kerja terhitung mulai 17 Januari 2017. Pendaftaran ditutup 2 Februari 2017 pukul 24.00 WIB,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin (16/1/2017).

Seleksi terhadap calon anggota DK OJK terdiri atas empat tahap, yakni Tahap administrasi, Tahap penilaian makalah, rekam jejak, dan masukan masyarakat, Tahap penilaian asesmen dan tes kesehatan, Tahap afirmasi/wawancara.

“Setelah proses afirmasi, Pansel akan memilih 21 calon anggota DK OJK untuk disampaikan kepada presiden. Setiap posisi kami pilih tiga kandidat sehingga jumlahnya 21.13 Maret 2017 sudah akan disampaikan ke Presiden, pengumuman peserta yang lulus seleksi,” paparnya.

“Kemudian DPR akan melakukan fit and proper test pada 29 Maret hingga 6 Juni 2017. Usai uji kepatutan dan kelayakan oleh DPR, Presiden ajan menetapkan tujuh calon anggota DK OJK periode 2017-2022. Diharapkan pelantikannya dapat dilaksanakan pada 21 Juli 2017,” tutup Sri Mulyani.

Dari tangan Jokowi, lanjutnya, nantinya akan diseleksi kembali menjadi 14 nama. Nama-nama tersebut nantinya akan diserahkan Presiden kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI pada 29 Maret 2017.

Pendaftaran sendiri dibuka untuk mengisi tujuh jabatan anggota DK OJK selain anggota ex-officio dari Bank Indonesia (BI) dan Kemenkeu. Adapun syarat untuk mendaftar sebagai calon anggota DK OJK, yakni:

1. Warga Negara Indonesia.
2. Memiliki akhlak, moral, dan integritas yang baik.
3. Cakap melakukan perbuatan hukum.
4. Tidak pernah dinyatakan pailit atau tidak pernah menjadi pengurus perusahaan yang menyebabkan perusahaan tersebut pailit.
5. Sehat jasmani.
6. Berusia paling tinggi 65 tahun pada saat ditetapkan.
7. Mempunyai pengalaman atau keahlian di sektor jasa keuangan.
8. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan hukuman lima tahun atau lebih.

Sri Mulyani Pimpin Pansel Calon Dewan Komisioner OJK | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membentuk panitia seleksi (pansel) untuk memilih calon Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru, periode 2017-2022. Presiden Jokowi telah menetapkan pada tanggal 10 Januari 2017 lalu melalui Keputusan Presiden Nomor 5/P Tahun 2017 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Periode 2017-2022.

Anggota dari unsur pemerintah adalah Menko Perekonomian, Darmin Nasution, dan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto. Kemudian Gubernur BI Agus Martowardojo dan Deputi Gubernur BI, Erwin Rijanto.

Tony Prasetiantono mewakili masyarakat akademisi, Gunarni Soeworo mewakili masyarakat industri perbankan, Margaret Mutiara Tang mewakili masyarakat pasar modal dan Ariyanti Suliyanto mewakili masyarakat industri keuangan non bank.

Pansel ini berjumlah 9 orang, yang keanggotannya terdiri atas unsur Pemerintah, Bank Indonesia, serta perwakilan dari masyarakat industri jasa keuangan. Pansel diketuai oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yang juga merangkap sebagai anggota dan mewakili pemerintah.

Seperti diketahui, sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 21 tahun 2011, OJK dibentuk agar keseluruhan kegiatan jasa keuangan di dalam sektor jasa keuangan terselenggara secara teratur, adil, transparan, akuntabel, mampu mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, serta mampu melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.

Dalam menjalankan fungsi, tugas, dan wewenangnya, OJK dipimpin oleh Dewan Komisioner yang bersifat kolektif dan kolegial. Tugas anggota Dewan Komisioner meliputi kewenangan pengaturan dan pengawasan sektor perbankan, pasar modal, perasuransian, dana pensiun, lembaga pembiayaan, dan lembaga jasa keuangan lainnya, serta bidang tugas terkait edukasi dan perlindungan konsumen, etik, dan pengawasan internal.

Panitia Seleksi ini mempunyai tugas utama untuk memilih dan menetapkan calon anggota Dewan Komisioner, yang kemudian akan disampaikan kepada Presiden melalui mekanisme seleksi yang transparan, akuntabel, serta melibatkan partisipasi publik.

“Panitia Seleksi telah mulai bekerja sejak diberlakukannya Keputusan Presiden dan terus melaksanakan tugasnya sampai dengan ditetapkannya anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Periode 2017-2022,” ujar Sri Mulyani dalam jumpa pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (16/1/2017).

Lowongan jadi Dewan Komisioner OJK dibuka | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Solo

Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) menyatakan per tanggal 23 Juli 2017 masa jabatan anggota Dewan Komisioner (DK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2012-2017 akan berakhir. Atas hal tersebut, pada tanggal 10 Januari 2017 pemerintah telah menetapkan Keputusan Presiden Nomor 5/P Tahun 2017 tentang Pembentukan panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota DK OJK periode 2017-2022.

Gunarni Soeworo mewakili masyarakat industri perbankan, Margaret Mutiara Tang mewakili masyarakat pasar modal dan Ariyanti Suliyanto mewakili masyarakat industri keuangan non bank (IKNB). “Sesuai peraturan Undang-Undang OJK, hari ini kami umumkan pansel, tanggal 17 Januari 2017 ini juga kami umumkan pembukaan pendaftaran sebagai calon anggota DK untuk periode 2017-2022,” ujar Menteri keuangan, Sri Mulyani, Senin (16/1).

Adapun panitia seleksi yang telah ditetapkan berjumlah sembilan orang yang dipimpin oleh Sri Mulyani Indrawati merangkap anggota mewakili pemerintah. Kemudian Agus D.W Martowardojo sebagai anggota mewakili Bank Indonesia, Darmin Nasution, Hadiyanto, Erwin Rijanto, A. Tony Prasetiantono mewakili masyarakat akademisi.

Adapun seleksi calon anggota DK OJK terdiri dari empat tahap antara lain, tahap administrasi, penilaian makalah, rekam jejak serta masukan masyarakat, penilian asesmen dan tes kesehatan serta wawancara. Setelah proses wawancara selesai, panitia seleksi akan memilih 21 calon anggota DK untuk disampaikan kepada presiden selambat-lambatnya tanggal 13 Maret 2017.

Pendaftaran ini dibuka untuk mengisi tujuh jabatan anggota DK selain ex-oficio dari Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Sebagai informasi, seluruh pendaftaran akan dilakukan secara daring selama 12 hari terhitung mulai 17 Januari 2017 dan berakhir pada 2 Februari 2017.

Dari 21 calon tersebut, presiden akan mengajukan 14 nama ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menjalani proses uji kepatuhan dan kelayakan (fit and proper test) pada tanggal 24 Maret 2017. “Kami gunakan format persis seperti dulu, setiap posisi (pansel) tiga kandidat, lalu Presiden akan sampaikan setiap posisi 2 kandidat ke DPR,” tambahnya.

Asal tau saja, tujuh jabatan yang akan diganti antara lain Ketua DK OJK, Wakil Ketua DK OJK, Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non-Bank, Ketua Dewam Audit, serta Kepala Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Sementara itu uji kepatuhan dan kelayakan dimulai dari 29 Maret sampai 6 Juni 2017 oleh DPR, diharapkan pelantikannya dapat dilaksanakan tanggal 21 Juli 2017.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s