PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Lepas Cipali, Saratoga Cari Proyek Baru

Perseroan akan menangkap peluang investasi baru di sektor infrastruktur dan konsumen | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Corporate Communications PT Saratoga Investama Sedaya Catharina Latjuba mengatakan, langkah divestasi tersebut akan memberikan ruang yang lebih besar bagi perseroan dalam menangkap peluang-peluang investasi baru di sektor infrastruktur dan konsumen.

PT Saratoga Investama Sedaya Tbk mencari peluang investasi baru dalam proyek infrastruktur setelah perseroan melepas 18% sahamnya di PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pengelola jalan tol Cikopo—Palimanan sepanjang 116 kilometer, kepada PT Astratel Nusantara senilai Rp2,5 triliun.

“Proyek jalan tol juga merupakan suatu pilar infrastruktur yang menarik. Oleh karena itu Saratoga akan menilik peluang baru jika ada kesempatan baik untuk ruas-ruas tol baru ke depannya,” ujarnya, Rabu (18/01).

Kedua sektor ini menjadi fokus utama ekspansi Saratoga dalam menyeimbangkan portofolio investasinya beberapa tahun terakhir, di samping sektor sumber daya alam.

Menurutnya, divestasi Saham PT Saratoga Investama Sedaya Tbk. (Saratoga) melalui PT Interra Indo Resources di PT Bhaskara Utama Sedaya, pemegang 45% saham tol Cipali, dilakukan pada momen yang tepat.

“Sebagai perusahaan investasi aktif, Saratoga merasa bangga dan bersyukur telah dapat melahirkan dan menghantarkan LMS menjadi operator jalan tol terpanjang di Indonesia yang memberikan manfaat tidak hanya kepada pengguna jalan tol namun juga turut mendorong pertumbuhan ekonomi di seluruh daerah-daerah yang dilewati tol Cipali,” ujarnya.

Tol terpanjang di Indonesia itu telah 1,5 tahun beroperasi dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan aksesibilitas penumpang dan logisitik di Pulau Jawa.

Jalan tol Cipali merupakan infrastruktur tol pertama yang dibangun Saratoga, bersama dengan perusahaan swasta lain yaitu PT Surya Semesta Internusa Tbk membentuk PT Baskhara Utama Sedaya (BUS).

Pembebasan lahan tol yang terdiri dari enam seksi ini memakan waktu enam tahun. Sementara proses konstruksi dimulai sejak seremoni peletakan batu pertama oleh Djoko Kirmanto, Menteri Pekerjaan Umum pada 2011, dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 2015.

BUS merupakan pemegang saham 45% tol Cipali, sementara 55% sisanya dikuasai PLUS Expressway Berhard, salah satu perusahaan jalan tol Malaysia.

TLKM Siap Terbitkan Obligasi, Astratel Incar Tol Cipali

Sejumlah emiten melakukan aksinya untuk terus menggenjot kinerja perusahaan, dan melakukan sejumlah langkah untuk merealisasikan target di tahun 2017.

TLKM Siap Terbitkan Obligasi, Astratel Incar Tol Cipali | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Mengkaji kemungkinan mengenai penerbitan obligasi senilai maksimal Rp5 triliun pada 2017 sebagai sisa dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Rp12 triliun. (Bisnis Indonesia)

Sentul City (BKSL). Emiten properti PT Sentul City Tbk. membidik perolehan prapenjualan sebanyak Rp1,2 triliun sepanjang tahun ini. Perseroan bakal mengandalkan produk properti baru yang menyasar tiga segmen berbeda. (Bisnis Indonesia)

PT Timah (TINS). Korporasi tambang milik negara, PT Timah (Persero) Tbk., berencana menganggarkan belanja modal senilai Rp2,2 triliun-Rp2,6 triliun sepanjang 2017. (Bisnis Indonesia)

Astra International (ASII). PT Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, PT Astratel Nusantara, berpeluang menguasai sebanyak 22,3% saham PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pemegang konsesi dan operator jalan tol ruas Cikopo-Palimanan (Cipali). (Investor Daily)

Delta Dunia Makmur (DOID). PT Delta Duna Makmur Tbk. melalui anak usahanya PT Bukit Makmur Mandiri Utama memulai roadshow dalam rangkan penerbitan surat utang senilai US$500 juta. (Kontan)

Astra Graphia (ASGR). Emiten yang menjadi distributor tunggal produk Fuji Xerox di Indonesia, PT Astra Graphia Tbk., menargetkan pertumbuhan kinerja penjualan mendekati 20% tahun ini. (Bisnis Indonesia)

Mayora Indah (MYOR). PT Mayora Indah Tbk. akan menerbitkan obligasi senilai Rp500 miliar. Obligasi ini menjadi bagian dari penawaran umum berkelanjutan (PUB) dengan target dana Rp2 triliun. (Kontan)

Aneka Tambang (ANTM). Dibukanya keran ekspor tambang nikel berpotensi mendongkrak kinerja keuangan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tahun ini. Pertumbuhan pendapatan akan datang dari peningkatan penjualan nikel, chemical grade alumina (CGA), dan bauksit. (Investor Daily)

Sandiaga Uno jual saham Tol Cipali ke Grup Astra | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

BUS adalah pemegang 45 persen saham di PT Lintas Marga Sedaya (LMS), di mana LMS merupakan pemegang konsesi ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Dengan demikian, Astratel mempunyai kepemilikan saham efektif di LMS sebesar 18 persen.

Perusahaan milik Sandiaga Uno, PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) menjual 40 persen saham PT Baskhara Utama Sedaya (BUS) yang dimiliki secara tidak langsung oleh Perseroan melalui anak perusahaannya, PT Interra Indo Resources. Saratoga menjual saham tersebut kepada PT Astratel Nusantara yang merupakan salah satu perusahaan yang tergabung di kelompok usaha Astra.

Kepala Divisi Hukum dan Sekretariat Perusahaan Saratoga, Sandi Rahaju mengatakan, bersamaan dengan pengalihan saham, Perseroan juga mengalihkan piutang konversi Perseroan terhadap Bhaskara Utama Sedaya dengan nilai transaksi Rp 900,11 miliar. Demikian dikutip dari keterangan Saratoga yang dipublikasikan secara resmi, kemarin.

Astratel juga memiliki saham dalam ruas tol Tangerang-Merak (72,45 Km) sebesar 79,3 persen, ruas tol Jombang-Mojokerto (40,5 Km) sebesar 100 persen, ruas tol Kunciran-Serpong (11,2 Km) sebesar 40 persen, ruas tol Semarang-Solo (72,6 Km) sebesar 25 persen, dan ruas tol Serpong-Balaraja (30 Km) sebesar 25 persen.

Informasi saja, dengan transaksi ini, Astratel bersama mitra bisnisnya memiliki 342,8 kilometer (Km) konsesi jalan tol. Ruas tol Cipali sendiri memiliki panjang 116 Km.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s