PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Kemenkeu Anggarkan Rp 22,5 Triliun untuk Beasiswa LPDP

Anggaran tersebut untuk membiayai anak Indonesia untuk bisa bersekolah di luar dan dalam negeri | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menganggarkan dana sekitar Rp 22,5 triliun untuk program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Ia mengatakan total seluruh anggaran tersebut untuk membiayai anak Indonesia untuk bisa bersekolah di luar dan dalam negeri.

“Kita akan menggunakan total anggaran ini sebagai anggaran foundation adalah sebagai dana abadi dan bentuk penerimaannya itu yg akan dipake sebagai dana untuk membayar para siswa yg akan sekolah,” ujar Sri Mulyani saat ditemui usai membuka LPDP Edufair di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Selasa (31/1).

Sri mengatakan untuk menyehatkan dana tersebut dan terus bisa bertambah setiap tahunnnya, pihaknya mengelola dana tersebut agar terus berkembang dan bunga yang diperoleh dari olahan dana tersebut bisa dimanfaatkan bagi para penerima beasiswa. Ia mengatakan, dana tersebut akan masuk dalam kategori dana abadi dan bentuk penerimaannya dimanfaatkan untuk menambah manfaat bagi para penerima beasiswa.

Sri mengatakan pemerintah telah memilih untuk menempatkan dana beasiswa tersebut di lembaga yang aman dan minim resiko sehingga pengembalian dana tersebut juga bisa berjalan dengan baik dan bisa dimanfaatkan terus menerus.

“Karena animo masyarakat untuk sekolah sangat tinggi, tentu saja untuk mendapatkan scholarship. Saya terus minta kepada pengurus LPDP untuk efisiensi dan bagaimana berinovasi sehingga setiap rupiah yg kita belanjakan betul2 bisa menghasilkan maksimum dampak terhadap kualitas masy indonesia,” ujar Sri Mulyani.

Ia juga menghimbau pada pengurus LPDP agar bisa efisien dalam memanfaatkan dana LPDP ini. Ia meminta kepada pengurus LPDP untuk bisa terus berinovasi agar bisa menghasilkan dampak yang maksimum.

Impian Sri Mulyani: Sekolahkan Orang RI ke Kampus Terbaik Dunia | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

Menteri Keuangan Sri Mulyani pagi ini membuka pameran pendidikan yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Sri Mulyani menakankan betapa pentingnya investasi di sektor Sumber Daya Manusia (SDM). Hal ini sejalan dengan Nawacita Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke-8 terkait pendidikan.

“Pada saat yang sama pemerintah sangat serius melakukan investasi di bidang sumber daya manusia di Indonesia. Kita pahami bahwa Presiden Jokowi dengan nawacitanya ke-8 mengamanatkan pendidikan agar mampu menjadi salah satu solusi meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia,” kata Sri Mulyani saat membuka LPDP Edufair 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

Pameran ini sekaligus merayakan hari jadi LPDP ke-5. LPDP Edufair 2017 ini diikuti oleh 90 exhibitor yang terdiri dari kampus terbaik dalam dan luar negeri, kedutaan besar negara sahabat, lembaga pemberi beasiswa (scholarship provider), dan lembaga bahasa asing.

Sri Mulyani juga menceritakan bagaimana awal LPDP menjadi lembaga pembiayaan pendidikan yang awalnya bermodal Rp 1 triliun. LPDP juga menjadi salah satu impian Sri Mulyani agar masyarakat Indonesia mampu mendapatkan pendidikan yang lebih baik sehingga nantinya berkontribusi terhadap negara.

Dari penyediaam beasiswa LPDP di tahun pertama yang baru Rp 1 triliun, saat ini, LPDP menyediakan beasiswa hingga Rp 22,5 triliun yang bersumber dari berbagai penerimaan negara. “Dan Rp 22,5 triliun kita tidak gunakan anggaran itu habis. Kita investasikan sehingga dengan bunga yang dimiliki kita bisa menyekolahkan,” ujar Sri Mulyani.

“Salah satu impian saya waktu itu bayak negara di Asean mampu menyekolahkan masyarakat secara umum maupun jajaran birokrasinya ke sekolah-sekolah terbaik di dunia membuat negaranya menjadi negara hebat,” terangnya.

Ratusan Orang Padati Kantor Sri Mulyani, Daftar Beasiswa LPDP | PT Rifan Financindo Berjangka Pusat

lpdp-2017

Sedari pagi, ratusan orang memadati pelataran Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat. Tak lain, karena hari ini tengah digelar pameran pendidikan tinggi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Edufair 2017.

Juniantoro, salah satu peserta yang hadir dalam pameran kali ini sudah mengantre sejak pukul 8.00 WIB. Di awal kedatangannya, antrean untuk masuk ke Gedung Dhanapala sudah panjang.

“Antre udah dari jam 8,” jelas Juniantoro saat berbincang dengan wartawan di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2017).

Dalam perhelatan ratusan peserta tampak memadati pintu masuk Gedung Dhanapala. Berdasarkan pantauan wartawan, pukul 08.30 antrean peserta tampak mengular hingga ke halaman parkir Kementerian Keuangan.

“Mau nyari Tokyo University cuma enggak ada, tadi ada Hiroshima. Tadi juga lihat ada di UK (United Kingdom) mau ambil Teknik Sipil lagi, Structural Engineering,” kata Juniantoro.

Mahasiswa yang duduk di semester 8 jurusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) berniat untuk mengambil beasiswa LPDP untuk melanjutkan studinya di Universitas yang berada di Jepang ataupun Inggris.

LPDP Edufair 2017 digelar di tiga lokasi, antara lain di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Jakarta Pusat, Airlangga Convention Center, Universitas Airlangga di Surabaya, dan Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

LPDP Edufair 2017 ini diikuti oleh 90 exhibitor yang terdiri dari kampus terbaik dalam dan luar negeri, kedutaan besar negara sahabat, lembaga pemberi beasiswa (scholarship provider), dan lembaga bahasa asing. Pameran kali ini sekaligus merayakan ulang tahun yang ke-5 melalui kegiatan LPDP Edufair 2017.

Rifanfinancindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s