PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Bursa Saham Asia Lesu Tanggapi Pidato Donald Trump

Tidak ada kebijakan konkret yang dipaparkan Trump dalam pidato perdananya | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Baca: Trump Pamer Keberhasilan Ekonominya sejak Jadi Presiden

Hingga pukul 10.30 WIB, Indeks Nikkei 225 di Bursa Tokyo naik tipis 0,5% ke posisi 19.222,56 pada perdagangan. Indeks Hong Kong Hang Seng juga naik 0,4% menjadi 23.824,17, begitu juga Shanghai Composite yang naik 0,5% menjadi 3.257,53. Namun indeks S&P/APX 200 di Bursa Australia turun 0,6% begitu juga Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia turun 0,37% ke ;posisi 5.366,60.

Pidato Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang tidak spesifik membahas kebijakan pemotongan pajak, ditanggapi dingin para pelaku pasar di bursa saham Asia. Sejumlah indeks saham utama di bursa Asia bergerak lesu dan hanya naik tipis pada pembukaan perdagangan Rabu (1/3) pagi, karena tak ada kebijakan konkret yang dipaparkan Trump dalam pidato perdananya di hadapan Kongres AS.

Sejumlah pengamat menilai, lesunya perdagangan bursa Asia pagi ini karena investor beharap untuk kebijakan konkret untuk kebangkitan ekonomi seperti yang dijanjikan Presiden Trump dalam kampanyenya, terutama rencana untuk reformasi pajak, deregulasi dan menggenjot pengeluaran pada proyek pertahanan dan infrastruktur yang telah dipublikasikan sebelumnya

“Pidato Presiden Trump memicu volatilitas jangka pendek bagi sebagian besar bursa saham Asia pada perdagangan pagi karena pelaku pasar menunggu rincian konkret dari kebijakan fiskal pemerintahan Trump,” kata Jeffrey Halley, analis pasar senior di Oanda.

Sebelumnya pada penutupan perdagangan Selasa (28/1), indeks Dow Jones di Bursa Wall Street tergelincir 25,20 poin atau 0,1% ke posisi 20.812,24. Indeks Standard&Poor 500 juga melemah 0,3% ke level 2.363,64. Indeks Komposit Nasdaq juga terkoreksi 336,46 poin atau 0,6% ke posisi 5.825,44.

Dia menegaskan, tim ekonominya sedang mengembangkan reformasi pajak bersejarah yang akan mengurangi tingkat pajak perusahaan, sehingga perusahaan AS bisa bersaing dan berkembang di mana saja dan dapat bekerja sama dengan siapa saja.

Hal inilah yang membuat pelaku pasar menahan diri untuk bertransaksi sambil menunggu kebijakan konkret tim ekonomi Trump terkait pemotongan atau keringanan pajak yang diyakini akan mendorong bisnis perusahaan-perusahaan di negara itu

“Pada saat yang sama, kami akan memberikan keringanan pajak besar untuk kelas menengah,” kata Trump, tanpa menyebut besaran pemotongan pajak atau keringanan pajak yang akan diberikan kepada perusahaan dan masyarakat kelas menengah.

Dalam pidatonya, Presiden Trump mengatakan untuk memulai kembali kebangkitan perekonomian AS, pemerintah harus memudahkan perusahaan ungtuk melakukan bisnis di negara itu, antara lain dengan keringanan pajak.

“Saat ini, perusahaan-perusahaan Amerika menjadi salah satu yang paling tinggi dikenakan pajak di mana saja di dunia,” kata Trump.

Trump mengatakan dia ingin mendorong pembangunan infrastruktur guna menggairahkan kembali pembangunan dan perekonomian nasional, seperti yang dipelajarinya dari Presiden Dwight D. Eisenhower yang diusung Partai Republik.

Pada bagian akhir pidatonya, Trump juga mendesak Kongres AS untuk menyetujui paket infrastruktur senilai US$ 1 triliun yang akan domodali oleh dana publik dan swasta. Pernyataan Trump tersebut, memberi angin segar bagi pelaku pasar, sehingga bursa Asia perlahan bergerak positif.

“Presiden Dwight D Einsenhower telah memprakarsai program infrastruktur nasional yang benar-benar hebat, pembangunan sistem jalan raya antar negara. Waktunya telah tiba untuk program baru pembangunan nasional kembali,” ujar Trump.

“Dengan dana US$ 6 triliun, kita bisa membangun kembali negara kita, dua kali dan bahkan tiga kali lipat, jika kita memiliki orang-orang yang memiliki kemampuan untuk bernegosiasi. Untuk memulai pembangunan nasional, saya akan meminta Kongres untuk menyetujui undang-undang paket infrastruktur senilai US$ 1 triliun yang dibiayai melalui modal publik dan swasta,” kata Trump.

Dia mengungkapkan, Amerika telah menghabiskan sekitar US$ 6 triliun di Timur Tengah, sementara infrastruktur di dalam negeri runtuh. Dengan mengembalikan dana tersebut, Trump menilai AS bisa kembali membangun.

Pidato Trump Minim Petunjuk Cara Pembiayaan Infrastruktur | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Presiden AS Donald Trump menggunakan pidato pertamanya di depan kongres pagi ini WIB (malam waktu setempat) sebagai kesempatan untuk mengubah awal pemerintahannya yang terbilang semrawut serta menyuguhkan kejelasan atas agenda kebijakannya

Ia menggarisbawahi agenda yang dimulai dengan kuatnya pertahanan nasional, termasuk menindak militan ISIS secara keras maupun penegakan hukum-hukum imigrasi secara agresif.

“Apa yang kita saksikan hari ini adalah pembaruan semangat Amerika. Sekutu kita akan melihat bahwa Amerika sekali lagi siap untuk memimpin. Semua bangsa di dunia – teman maupun musuh – akan melihat bahwa Amerika kuat, Amerika bangga, dan Amerika bebas,” ujar Trump.

Pidatonya itu menawarkan sejumlah proposal baru, namun Trump tidak memberi petunjuk tentang bagaimana ia akan membiayai rencana-rencananya, termasuk investasi di bidang infrastruktur yang mencapai US$1 triliun, serta peningkatan besar dalam belanja pertahanan.

“Kehadiran saya malam ini untuk menyampaikan pesan persatuan dan kekuatan. Mulai saat ini, Amerika akan diberdayakan oleh aspirasi kita, tidak terbebani oleh ketakutan kita,” tegasnya.

Dalam pidatonya, Trump menghadapi pilihan untuk menegaskan pernyataan dalam pidato pelantikannya serta membakar rasa nasionalis dan konservatif, atau untuk mencapai arah pusat politik dan berkompromi dengan lawan-lawannya.

Pakai Blazer Berkilauan, Melania Trump Curi Perhatian Anggota Kongres AS | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Semarang

Sebagai ibu negara yang juga mantan model, Melania Trump tentu ingin setiap penampilannya maksimal. Kapan pun dan di mana pun, termasuk saat mendampingi suaminya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, berpidato di hadapan para anggota kongres AS.

Seluruh mata seolah tertuju pada Wanita 46 tahun asal Slovenia. Ia semakin mencuri perhatian berkat pilihan busananya. Untuk momen spesial tersebut, Melania menjatuhkan pilihannya pada setelan hitam Michael Kors yang dihiasi detail payet yang berkilauan.

Tepuk tangan yang meriah langsung menyambut Melania saat memasuki area duduk di balkon beberapa menit sebelum acara dimulai.

Tidak hanya Melania, atensi juga tertuju pada Ivanka Trump, putri pertama Donald dari perkawinan terdahulunya. Ivanka muncul dalam balutan sheath dress asimetris berwarna magenta karya desainer Prancis Roland Mouret. Terusan bersiluet lurus tersebut dibanderol seharga US$ 3.000 atau Rp 39 juta.

Bertempat di Gedung Capitol Hill, Washington D.C., Selasa (28/2/2017) malam atau Rabu pagi WIB, anggota kongres, para menteri, politikus berkumpul untuk mendengarkan pidato Trump.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s