PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Stok AS Capai Rekor Tertinggi, Harga Minyak Tertekan

Peningkatan berturut-turut telah memicu kekhawatiran | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Meskipun lebih rendah dari perkiraan, namun stok minyak mentah Amerika Serikat (AS) naik 1,5 juta barel pekan lalu, dan menyentuh rekor tertinggi dalam delapan pekan pada 520,2 juta barel.

Sementara itu, patokan minyak Brent berjangka ditutup 15 sen lebih rendah ke level 56,36 dollar AS per barel. Peningkatan berturut-turut telah memicu kekhawatiran bahwa pertumbuhan permintaan mungkin tidak cukup untuk menyerap kekenyangan minyak global.

Harga minyak pada perdagangan Rabu pun terbenam. Dikutip dari CNBC.com pada Kamis (2/3/2017) patokan minyak West Texas Intermediate (WTI) berjangka untuk pengiriman April turun 18 sen ke level 53,83 dollar AS per barel.

Meskipun, ada kesepakatan produsen minyak utama untuk memangkas produksi di paruh pertama tahun ini. Peningkatan produksi minyak AS telah menyeimbangkan realisasi OPEC dalam mengurangi produksi.

Rusia berjanji untuk memangkas produksi minyak sebesar 300.000 barel per hari.

“Kurangnya permintaan akibat cuaca akan diimbangi dengan permintaan dari pertanian dalam beberapa pekan mendatang. Tetapi, dengan kilang yang kembali ke level semua, pasar terlihat cukup mudah memenuhi permintaan,” kata David Thompson, wakil presiden eksekutif di Powerhouse.

Dalam sebuah survei yang dilakukan Reuters, kepatuhan OPEC hingga bulan Februari mencapai sekitar 94 persen. Namun, dua sumber Reuters juga menunjukkan kepatuhan yang lemah dari Rusia.

Harga Minyak Dunia Turun Imbas Pasokan AS | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Persediaan minyak mentah AS naik 1,5 juta barel dalam pekan yang berakhir 24 Februari menjadi 520,2 juta barel, atau naik 6,9% dari periode sama tahun lalu, data yang dirilis oleh Badan Informasi Energi AS (EIA).

Harga minyak dunia turun karena persediaan minyak mentah AS meningkat untuk Minggu kedelapan.

Peningkatan berturut-turut stok minyak AS telah memicu kekhawatiran bahwa upaya produsen-produsen utama dunia untuk menurunkan produksi mereka mungkin tidak cukup untuk mengurangi kelebihan pasokan minyak global.

Sementara itu, patokan global, minyak mentah Brent Noth Sea untuk pengiriman Mei, turun USD0,15 menjadi ditutup pada USD56,36 per barel di London ICE Futures Exchange.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April, turun USD0,18 menjadi menetap di USD53,83 per barel di New York Mercantile Exchange.

Respons Stok AS Berlanjut, WTI & Brent Tetap Melemah | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman April pada pk. 13.00 turun 0,54% ke US$53,54 per barel.

Harga minyak mentah masing melemah hingga siang ini, Kamis (2/3/2017).

Baca: Ini Cara Impor Obat untuk Penyakit Langka agar Tak Tertahan di Bea Cukai

Brent untuk pengiriman mei melemah 0,50% ke US$56,08 per barel di ICE Futures Europe exchange yang berbasis di London.

Meski demikian, negara anggota OPEC bersikap tetap mematuhi kesepakatan untuk membatasi produksi guna mengerek harga di pasaran.

“Pelemahan (harga minyak) saat ini merupakan kelanjutan dari respons data statistik persediaan AS yang mencapai rekor tinggi kemarin,” kata Virendra Chauhan, Analis Minyak Energy Aspects seperti dikutip Reuters, Kamis (2/3/2017).

Harga minyak kembali melemah setelah naiknya stok AS membebani pasar.

Pemangkasan produksi tersebut mengimbangi kenaikan cadangan minyak AS.

Stok minyak mentah di Amerika Serikat, konsumen minyak terbesar dunia, naik 1,5 juta barel pekan lalu. Memang berada di bawah perkiraan, tetapi menyentuh rekor di 520.200.000 barel.

Seperti diketahui Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengurangi produksi minyaknya untuk bulan kedua di bulan Februari. Survei Reuters, menunjukkan kelompok eksportir telah meningkatkan kepatuhan sekitar 94%.

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s