PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Tertekan, Rupiah Perdagangan Pagi Bergerak di Rp13.367/USD

Rupiah diperkirakan mempertahankan pelemahannya | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Mengutip Bloomberg, Kamis 2 Maret 2017, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka di posisi Rp13.367 per USD. Day range nilai tukar rupiah berada di kisaran Rp13.359 per USD sampai Rp13.368 per USD dengan year to date return di minus 0,82 persen. Sedangkan menurut Yahoo Finance, nilai tukar rupiah berada di posisi Rp13.359 per USD.

Gerak nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan pagi jelang akhir pekan terpantau tertekan atau melemah dibandingkan dengan penutupan sore di hari sebelumnya di Rp13.338 per USD. Perlu ada kewaspadaan mengingat nilai tukar rupiah diperkirakan mempertahankan pelemahannya.

Analis Samuel Sekuritas Rangga Cipta mengatakan, inflasi naik tajam dan nilai tukar rupiah melemah tipis. Inflasi yang naik tajam juga memberikan sentimen negatif terhadap nilai tukar rupiah walaupun tidak terlalu besar pengaruhnya melihat inflasi negara lain yang juga naik tajam dalam beberapa bulan terakhir.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap USD mengalami pelemahan dan mengikuti sentimen penguatan USD global tetapi relatif tipis. Tingginya cadangan devisa Bank Indonesia (BI) membuat pergerakan nilai tukar rupiah relatif stabil di tengah tekanan penguatan USD.

“Pelemahan nilai tukar rupiah berpeluang bertahan dalam jangka pendek dengan volatilitas tinggi hingga FOMC meeting Maret 2017,” kata Rangga, seperti dikutip dari riset hariannya, di Jakarta.

“Adalah komentar pejabat the Fed yang hawkish yang terus meminta penguatan USD,” kata Rangga.

Di sisi lain, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump belum berikan rincian sejumlah kebijakannya dan USD menguat tajam. Trump dalam pidatonya kembali janjikan insentif pajak serta belanja infrastruktur yang signifikan tetapi tanpa rinci.

Pelemahan Rupiah Diramal Bakal Berlanjut | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Pergerakan rupiah diperkirakan tidak jauh beda dengan sebelumnya, yakni masih belum dapat keluar dari tren sideways-nya. Pelemahan yang terjadi pun masih dalam kisaran terbatas.

“Tetap cermati dan antisipasi berbagai sentimen yang dapat berpengaruh pada berubahnya rupiah,” ujar Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Namun demikian, perlu dicermati berbagai sentimen yang ada terutama imbas dari penguatan USD pasca merespon pidato dari Presiden Trump dan kurang adanya imbas dari rilis inflasi yang lebih baik dari bulan sebelumnya.

Diperkirakan Reza, rupiah akan bergerak dengan kisaran pada kisaran support Rp13.386/USD dan resisten Rp13.315/USD. Sementara, tampaknya harapan akan adanya penguatan pada laju rupiah kemarin tidak terwujud dimana pelaku pasar kembali memburu USD, sehingga membuat laju USD kembali melanjutkan penguatan.

Rilis inflasi dalam negeri sebesar 0,23% lebih rendah dari bulan sebelumnya tampaknya belum cukup mengangkat laju rupiah. “Meski tercatat lebih rendah namun, inflasi tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan inflasi yang sama di bulan Februari di tahun-tahun sebelumnya dimana rata-rata tercatat deflasi,” paparnya.

Pidato Presiden Trump di hadapan kongres yang menitikberatkan pada upaya perbaikan ekonomi AS untuk kembali pulih dengan adanya rencana penambahan anggaran untuk beberapa pos yang dianggap dapat meningkatkan aktivitas ekonomi AS telah direspon positif oleh pelaku pasar dengan terapresiasinya laju USD.

Rupiah Rp13.361, Bergerak Mixed Tertekan Dolar AS | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Pekanbaru

Melansir Bloomberg Dollar Index, Kamis (2/3/2017), Rupiah pada perdagangan spot exchange rate di pasar Asia menguat tipis 2 poin atau 0,01% ke Rp13.361 per USD. Pagi ini, Rupiah bergerak di kisaran Rp13.358-Rp13.368 per USD.

Sementara Yahoofinance, mencatat Rupiah melemah 23 poin atau 0,17% ke Rp13.355 per USD. Rupiah tercatat bergerak di antara Rp13.336 per USD hingga Rp13.365 per USD.

Baca: Harga Emas di Padang Mulai Merembet Naik

Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan di hari kedua bulan Maret bergerak dua arah cenderung melemah. Rupiah pun masih di level Rp13.350-an per USD.

Presiden Fed New York William Dudley mengatakan alasan untuk pengetatan telah menjadi jauh lebih menarik. Sementara Presiden Fed San Francisco John Williams mengatakan ia memperkirakan kenaikan suku bunga akan dilakukan pada pertemuan kebijakan moneter Maret.

Kata-kata para pembuat kebijakan Fed membuat dolar menguat. Indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,54% menjadi 101,670 pada akhir perdagangan.

Sebelumnya, kurs dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang utama. Hal ini karena komentar-komentar hawkish para pejabat Federal Reserve mendukung spekulasi pasar untuk kenaikan suku bunga akhir bulan ini.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s