PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Kadar Air Maksimal Gabah dinaikkan

Harga Gabah Kering Panen Rp3.700 per kg | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat Mayjend TNI. Komaruddin Simanjuntak menegaskan TNI akan membentuk Satgas Sergab guna mempercepat penyerapan gabah petani. Satgas ini juga akan menindak tegas pihak-pihak yang membeli gabah petani tidak sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

“Babinsa harus melaporkan apabila ada pihak yang permainkan harga gabah,” katanya

Direktur Perum Bulog Sumberdaya Manusia dan Urusan Umum, Wahyu Suparyono, menargetkan dapat menyerap gabah petani di Jawa Timur sebanyak 1 juta ton setara beras.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengeluarkan Permentan 03/2017 sebagai tindak lanjut Perpres 20/2017. Dengan Permentan tersebut, Gabah Kering Panen (GKP) dengan kadar air 25%-30% tetap dibeli dengan harga Rp3.700 per kg.

“Kami sudah keluarkan Permentannya. Kadar air 25% – 30% Gabah Kering Panen (GKP) tetap dibeli dengan harga Rp3.700 per kg dan fleksibilitas pembelian gabah hingga 30% kadar air diserap pemerintah dengan harga pembelian Pemerintah (HPP) GKP, yaitu Rp3.700 per kg,” tutur Amran saat menghadiri panen raya padi di Desa Tri Tunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Selasa (7/3), dalam keterangan resminya. Panen raya dan percepatan serapan gabah petani juga dilanjutkan ke Kabupaten Bojonegoro dan Ngawi, Rabu (8/3).

Sebelumnya, dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 5 Tahun 2015 tentang Kebijakan Pengadaan Gabah/Beras dan Penyaluran Beras oleh Pemerintah, diatur HPP gabah petani Rp3.700 per kg dengan ketentuan kadar air maksimum 25% dan kadar hampa maksimum 10%.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian melakukan panen raya padi di Jawa Timur dan Percepatan Serap Gabah Petani (Sergab). Panen raya padi dan Sergab ini dilakukan di Desa Tri Tunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan dan Desa Sugiwaras, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hal ini untuk mengejar penyerapan gabah minimal 4 juta ton setara beras dalam waktu 6 bulan yakni Maret hingga Agustus 2017 dengan harga gabah kering panen petani Rp3.700 per kg, sesuai intruksi Presiden Jokowi.

Terkait hal ini, Amran meminta Perum Bulog untuk membeli gabah petani dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang sudah ditetapkan pemerintah, yakni Rp 3700 per kg. Dia menjamin gabah yang dikirim ke Bulog pasti akan diterima sesuai dengan HPP.

“Tidak ada alasan Bulog tidak menerima. Tidak ada alasan beras tidak diterima, dan tidak ada lagi alasan petani dirugikan,” imbuhnya.

Mentan Kelilingi Daerah Pantau Penyerapan Gabah | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Menteri Pertanian Amran Sulaiman akan mengelilingi daerah-daerah demi memantau penyerapan gabah dari petani. Kunjungan tersebut, kata dia, guna merespons harga gabah yang jatuh di bawah harga pembelian pemerintah (HPP) Rp 3.700 per kilogram.

Amran menegaskan, berapapun harga gabah di lapangan wajib diserap oleh Bulog sesuai ketetapan HPP. Pemerintah, kata dia, telah mengeluarkan aturan hukummya.

“Presiden memerintahkan segera turun ke lapangan. Kami targetkan satu sampai dua bulan ke depan mengelilingi daerah dan tidur dengan petani. Kami mengecek langsung,” kata Amran saat melakukan kunjungan kerja di Desa Sugiwaras, Jenung, Tuban, Jawa Timur, Selasa (7/3).

Amran mengucapkan terima kasih kepada Bulog yang terus berupaya meningkatkan penyerapan gabah dari petani. Saat ini, penyerapan gabah bisa mencapai 14 ribu ton per hari dari sebelumnya hanya 2 ribu ton per hari.

“Kami sudah keluarkan Permentannya, mulai hari ini kami keliling,” ujar Amran.

“Naiknya 700 persen. 14 ribu ton per hari. Kami ingin tingkatkan lagi tidak boleh puas, bisa 20 ribu atau 30 ribu ton per hari,” tuturnya.

Pemerintah Terus Bantu Petani Kendalikan Harga Gabah | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Pada kunjungan kerja Mentan RI di Kabupaten Tuban merupakan tindak lanjut dari instruksi Presiden RI Ir. Joko Widodo untuk turun langsung di tengah-tengah para petani dan memberikan solusi. “Kami ingin merasakan apa yang dirasakan para petani, jangan kita sibuk diskusi dan sibuk membahas permasalahan, namun kita tidak bekerja,” ucapnya.

Kunjungan kerja Menteri Pertanian (Mentan) RI ke beberapa daerah dalam rangka membantu dan mencari solusi untuk mengendalikan harga gabah para petani. “Saya akan mempertaruhkan segalanya demi petani Indonesia karena kita ingin petani Indonesia bangkit”. Demikian dikatakan Mentan RI Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP pada acara Panen Raya Padi dan Serap Gabah yang diikuti seluruh petani se-Kabupaten Tuban, di Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu, Jawa Timur, Selasa (7/3/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Ir. Andi Amran Sulaiman mengharapkan peran aktif para Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk dapat membantu penyerapan gabah petani ke Badan Urusan Logistik (Bulog) sehingga harga gabah menjadi stabil. “Saya harapkan para Babinsa agar membantu penyerapan gabah para petani sebesar-besarnya,” katanya.

Baca: Krakatau Steel Siap Jalankan Sejumlah Proyek Strategis

Mentan RI mengatakan bahwa untuk meningkatkan swasembada pangan, pemerintah merencanakan menambah areal pertanian di daerah perbatasan sebagai lumbung pangan nasional. “Kita juga akan menambah luas lahan 80 ribu hektar di kawasan timur dan kawasan barat Indonesia,” tuturnya.

Ir. Andi Amran Sulaiman mengapresiasi peran para Babinsa yang selama ini sudah membantu proses kegiatan panen raya padi dan membantu penyerapan gabah petani di wilayah Tuban. “Babinsa itu anak kandungku, tentara itu kerjanya selain perang juga membantu rakyat,” tandasnya.

Sementara itu, dihadapan para awak media, Mentan RI Dr. Ir. Andi Amran Sulaiman, MP menyampaikan bahwa, kedatangannya ingin mendengarkan keluhan para petani dan berdiskusi untuk mencari solusi mengenai kestabilan harga gabah. “Kita ingin menyelesaikan masalah penyerapan gabah dan mengendalikan harga, sehingga petani tidak dirugikan,” ujarnya.

Rifanfinancindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s