PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Sederet Prestasi BEI, dari Cetak Rekor Transaksi hingga Kapitalisasi Tertinggi

Rata-rata nilai transaksi harian sebesar 30,20% | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Melansir keterangan yang diterbitkan oleh BEI, Rabu (8/3/2017), rata-rata frekuensi transaksi harian tumbuh 19,20% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, serta terciptanya frekuensi transaksi harian tertinggi sepanjang sejarah BEI yakni 433 ribu kali transaksi di 11 November 2016.

Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat sepanjang 2016 telah terjadi peningkatan rata-rata nilai transaksi harian sebesar 30,20%. Selain itu, juga tercipta nilai transaksi harian tertinggi sepanjang sejarah BEI yakni Rp189 triliun pada 11 November 2016.

Rata-rata volume transaksi harian juga tumbuh 32,04% menjadi 7,83 miliar unit saham dari 5,93 miliar unit saham di 2015 dengan capaian volume transaksi tertinggi tercipta di 27 Oktober 2016 sebesar 36 miliar unit saham. Kapitalisasi pasar Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pun meningkat 18,07% dengan capaian kapitalisasi pasar tertinggi terjadi di 8 November 2016 sebesar Rp5.919 triliun.

Di sisi lain, jumlah dana yang berhasil dihimpun di sepanjang 2016 mencapai nilai tertinggi sepanjang sejarah Pasar Modal Indonesia. DJumlah tersebut mencapai Rp674,39 triliun dan USD247,50 juta. Dengan rincian, – Aktivitas Pencatatan Saham Perdana (Initial Public Offering/IPO) sebesar Rp12,11 triliun, – Pencatatan Saham dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (rights issue) sebesar Rp61,85 triliun, – Penerbitan waran sebesar Rp1,14 triliun, – 84 emisi baru obligasi dan sukuk korporasi yang diterbitkan oleh 56 Perusahaan Tercatat dengan nilai Rp113,29 triliun dan USD47,50 juta, – 1 Exchange Traded Fund (ETF) senilai Rp6,3 miliar, 2 emisi Efek Beragun Aset (EBA) senilai Rp1,37 triliun – serta 220 seri Surat Berharga Negara (SBN) yang dicatatkan di tahun ini dengan nilai Rp484,63 triliun dan USD200 juta.

Selain itu, Tingkat imbal hasil IHSG di sepanjang 2016 adalah yang kelima terbesar di antara bursa-bursa dunia dan yang kedua terbesar di antara bursa-bursa di kawasan Asia Pasifik. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir (2006-2016) tingkat imbal hasil IHSG adalah yang terbesar di antara bursa-bursa utama dunia.

BEI: 2 Klub Sepak Bola Nasional Jajaki IPO | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Manajemen Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan ada 2 klub sepak bola nasional menyatakan minatnya untuk meraih pendanaan dari pasar modal dengan melepas sebagian sahamnya ke publik melalui mekanisme penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO).

Meski begitu, ia menuturkan, ada sejumlah faktor masih menjadi kendala bagi klub sepak bola nasional melakukan IPO. Salah satunya mengenai penyusunan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK).

“Ada dua klub sepak bola nasional asal Jawa yang sudah datang,” ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio, seperti dikutip dari laman Antara, seperti ditulis Rabu (8/3/2017).

Tito menambahkan, pembukuan klub sepak bola di Indonesia masih menganggap pemainnya sebagai beban karena ada pengeluaran gaji. Hal itu berbeda dengan di luar negeri yang dicatatkan sebagai aset.

Ia menuturkan, sebagai sebuah perusahaan terbuka (Tbk), klub sepak bola juga harus memiliki pembukuan keuangan yang sesuai dengan standar yang ada sehingga mudah dipelajari investor.

“Persoalan mendasar di klub sepak bola itu pegawai atau pemain dianggap biaya, kalau di luar negeri pegawai itu aset, kita sudah minta Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) membuat aturannya,” ujar Tito.

Sementara itu, beberapa klub sepak bola yang telah mencatatkan sahamnya di berbagai bursa efek dunia, di antaranya Manchester United Plc yang sahamnya tercatat di Bursa Efek New York (NYSE) dengan kode perdagangan MANU, Juventus FC (JUVE), Societa Sportiva Lazio (SSL), dan AS Roma (ASR) yang tercatat di Bursa Efek Italia, dan Borussia Dortmund di Bursa Efek Frankfurt (BVB).

Sementara itu, Ketua Dewan Standar Akuntansi Keuangan (DSAK) IAI, Djohan Pinnarwan mengatakan akuntansi, tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG), dan transparansi merupakan salah satu infrastruktur penting bagi klub sepak bola.

“Selain tiga hal itu yang menunjang kepercayaan investor, tentu saja kefanatikan suporter bola. Bagaimanapun kinerja klub mungkin tidak masalah kalau fanatik. Fansclub dari suatu klub mungkin yang bisa menjadi basis investor. Walaupun tidak besar, akan membuat sustainable funding untuk klub,” ujar Djohan.

BEI Cetak Kenaikan Laba Bersih 192 Persen | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengatakan, BEI mencatatkan kinerja baik dengan laba bersih tahun 2016 tercatat Rp 344,8 miliar atau naik 192,37 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 118,78 miliar.

“Laba bersih kita sekarang Rp 118 miliar ke Rp 344 miliar, terbesar,” kata dia di Gedung BEI Jakarta, Rabu (8/3/2017).

Baca: Laba Bersih Bursa Efek Indonesia Melonjak 192%

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatatkan kinerja cukup positif pada 2016. Hal tersebut tercermin dari laporan keuangan BEI.

Laba BEI ditopang oleh kenaikan pendapatan di tahun 2016 yakni Rp 1,42 triliun atau naik 34,50 persen. Tahun lalu BEI mencatat pendapatan Rp 1,05 triliun.

Atas kinerja tersebut, Tito mengatakan BEI telah menjalankan dua fungsi utamanya. Pertama, memfasilitasi perusahaan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan sebagai sarana investasi. Kedua, berfungsi sebagai PT yang bertanggung jawab kepada pemegang saham. “Sebagai PT kita tetap memberikan hasil yang bagus kepada pemegang saham,” ujar dia.

Meski mencatat kenaikan laba dan pendapatan yang signifikan, beban usaha BEI hanya naik 11,10 persen atau sebesar Rp 1,03 triliun.

“Yang menarik adalah, karena pendapatan usaha naik 35 persen, tapi efisiensi kita naikkan, biaya cuma 11 persen,” ujar dia.

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s