PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Presiden Resmikan Pabrik Pajero Sport dan MPV Pesaing Avanza

PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Presiden berjanji tidak mempersulit investasi di sektor otomotif | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) resmi membuka pabrik di Indonesia, Selasa 25 April 2017. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden Jokowi di Greenland International Industrial Center, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Saya sering mengatakan, investasi itu penting. Karenanya, investor jangan dipersulit. Ini supaya makin banyak investasi dilakukan,” ujar Jokowi di Cikarang, Selasa 25 April 2017.

Dalam kata sambutannya, Jokowi mengatakan bahwa adanya investasi seperti yang dilakukan oleh Mitsubishi sangat penting.

Seperti diketahui, pabrik baru Mitsubishi ini berdiri di atas lahan seluas 51 hektare dengan nilai investasi Rp7,5 triliun.

Pabrik ini nantinya tidak hanya memproduksi mobil untuk kebutuhan domestik, tetapi juga ekspor. Kendaraan yang diproduksi di pabrik ini yaitu Pajero Sport versi lokal, Colt, dan mobil keluarga terbaru Mitsubishi yang akan menjadi pesaing Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Orang nomor satu di Indonesia itu juga mengatakan, dengan banyaknya investor, maka lapangan kerja baru akan semakin terbuka luas.

“Karena, investasi bisa membuka lapangan pekerjaan. Seperti kita lihat, pabrik MMKI ini bisa membuka tiga ribu lapangan kerja,” tuturnya.

Resmikan Pabrik Anyar Mitsubishi di Cikarang, Jokowi: Jangan Ragu Libatkan SDM Lokal | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Mitsubishi Motors telah menginvestaskkan Rp 7,5 triliun untuk membangun pabrik berkapasitas produksi 160 ribu unit mobil itu. Jokowi mengatakan, Indonesia sekarang semakin kompetitif untuk industri otomotif.

Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik terbaru Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), di kawasan industri GIIC, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (25/4/2017).

“Tadi disampaikan pertumbuhan industri otomotif Indonesia rata-rata 10 persen. Saya meyakini akan lebih banyak lagi investasi di bidang otomotif yang akan masuk ke Indonesia, karena pasarnya yang sangat besar,” ujar Presiden saat pidato sambutan.

Tahun lalu, kontribusi subsektor industri alat angkut (termasuk di dalamnya industri otomotif) terhadap PDB sektor industri nonmigas mencapai 10,47 persen, terbesar ketiga setelah subsektor industri makanan dan minuman (32,84 persen), dan subsektor industri barang logam, komputer, elektronik, optik, dan peralatan listrik (10,71 persen).

Di kawasan industri GIIC Cikarang, Kabupaten Bekasi, ada tiga pabrik otomotif berskala besar, yakni dari Mitusbishi, Suzuki, dan Shanghai Wuling.

Jokowi mengingatkan perlunya alih teknologi di setiap investasi yang masuk ke Indonesia, dan berharap industri otomotif mulai melakukan pengembangan untuk pasar ekspor.

“Jangan ragu melibatkan SDM lokal untuk menghasilkan inovasi terbaru,” sambungnya.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, peresmian pabrik baru MMKI itu merupakan salah satu bukti komitmen Mitsubishi Motors Corporation dan mitra usahanya, yang telah ada di Indonesia sejak 1970.

Airlangga menambahkan, pasar kendaraan roda empat dalam negeri saat ini mencapai 1,1 juta unit per tahun, dengan jumlah ekspor 200 ribu unit per tahun. Sedangkan untuk roda dua sebanyak 6,5 juta unit dengan jumlah ekspor 228 ribu unit.

“Pemerintah menargetkan produksi otomotif mencapai 2,5 juta unit pada tahun 2020,” imbuh Airlangga.

Pabrik baru seluas total 51 hektare ini berkapasitas 160 ribu unit per tahun, dan bisa ditingkatkan menjadi 240 ribu per tahun. Pabrik ini mampu menyerap 3.000 tenaga kerja, serta melibatkan 212 suplier lokal tier-1 dan 369 tier-2.

Saat ini industri otomotif merupakan salah satu industri andalan dalam kebijakan industri nasional yang berperan besar terhadap PDB nasional.

“Penyerapan tenaga kerja untuk industri roda dua dan roda empat mencapai 3 juta orang,” ungkap Airlangga.

Titah Jokowi untuk Pabrikan Otomotif | PT Rifan Financindo Berjangka Cabang Medan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki sejumlah permintaan kepada Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dan pabrikan otomotif lain. Permintaan tersebut terutama terkait alih teknologi dan ekspor.

“Saya harap ada alih teknologi. Latih SDM lokal. Jangan ragu libatkan Indonesia dan meningkatkan inovasi karena aslinya (manusia) Indonesia itu pintar semua,” ujarnya dalam peresmian pabrik MMKI di Cikarang, Bekasi, Selasa (25/4/2017).

Presiden ketujuh Indonesia ini mengatakan bahwa semua pabrikan seharusnya tidak hanya berinvestasi saja. Pabrik juga diharapkan juga melakukan alih teknologi serta melatih sumber daya manusia Indonesia agar semakin kompetitif.

Industri otomotif merupakan salah satu industri andalan dalam kebijakan industri nasional. Ia berperan besar dalam produk domestik bruto (PDB) nasional.

Tahun lalu, kontribusi subsektor industri alat angkut ini menyumbang 10,47 persen terhadap PDB sektor industri nonmigas. Ini ketiga berbesar setelah industri makanan dan minuman, serta subsektor industri barang logam, komputer, elektronik, optik, dan peralatan listrik.

Khusus untuk pabrikan Jepang, Jokowi meminta agar etos kerja yang tinggi orang-orang Jepang juga “ditularkan” kepada anak bangsa. “Tularkan etos kerja Jepang ke Indonesia,” kata dia, diiringi oleh tepuk tangan seluruh hadirin.

Jokowi juga meminta kepada pabrikan agar juga giat ekspor. Pasalnya hal ini selaras dengan prioritas industri nasional yang tidak hanya fokus di dalam negeri, tapi juga meramaikan kompetisi di pasar internasional.

“Saya juga meminta industri otomotif untuk meningkatkan ekspor. Memang pasar domestik Indonesia besar, tapi agar seimbang ekspornya juga digiatkan, diperbaiki,” ia menambahkan.

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s