PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Seorang Pria Tipu Google dan Facebook Rp 1,33 Triliun

pt rifan financindo berjangka

Evaldas menipu perusahaan agar membayar biaya komponen komputer | pt rifan financindo berjangka

Perusahaan teknologi raksasa Amerika Serikat, Facebook dan Google tertipu lebih dari US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,33 triliun. Penipuan tersebut dilakukan seorang pria asal Lithuania Evaldas Rimasauskas dalam jangka waktu dua tahun lebih.

Evaldas membantah dakwaan dari Departemen Kehakiman AS tersebut. Saat ini dia tengah menghadapi proses ekstradisi di Lithuania.

Bagi Google dan Facebook, dua perusahaan tersebut masih cukup beruntung karena berkat kerja sama Departemen Kehakiman AS dan pihak berwenang internasional, uang hasil penipuan Evaldas itu sebagian besar masih dapat diselamatkan.
Evaldas mengawali penipuannya terhadap Google dan Facebook pada tahun 2013. Pria berumur 40an itu berhasil melakukan skema untuk melakukan penipuan terhadap dua raksasa teknologi dunia itu. Menurut Departemen Kehakiman AS, Evaldas membuat email palsu, faktur dan stempel perusahaan dan berperan sebagai perusahaan manufaktur Asia yang kerap berbisnis dengan Google dan Facebook.

Evaldas melakukan skemanya dengan menipu perusahaan agar membayar biaya komponen komputer.

Selama jangka waktu dua tahun, penipu tersebut berhasil meyakinkan departemen finansial Google dan Facebook untuk melakukan pembayaran bernilai puluhan juta dolar. Ketika perusahaan menyadari penipuan yang dilakukan Evaldas, penipu tersebut sudah berhasil mengeduk lebih dari US$ 100 juta dari hasil pembayaran.

Berita Hari Ini: FB dan Google Dilaporkan Jadi Korban Penipuan Online, Begini Kronologinya! | pt rifan financindo berjangka

Tak terduga rupanya FB dan Google juga sempat menjadi korban penipuan pishing. Memang penipuan online semacam itu sudah tak asing lagi ditelinga pelaku bisnis dunia maya.

Akan tetapi kejahatan yang satu ini biasanya menimpa pengguna sosial media baru. Akan tetapi kecanggihan teknologi rupanya sudah bisa membuat sejumlah raksasa di dunia maya telah menjadi korbannya.

Pasalnya penipuan cyber model phising itu memang biasa dilakukan ketika pelakunya menyamar. Tersangka mengaku sebagai seseorang yang bisa saja berkepentingan dengan korban.

Kasus tersebut bermua pada tahun 2013 lalu saat Evaldas Rimasauskas memalsukan e-mail. Didalam email tersebut ada nama invoice dari perusahaan elektronik Quanta Computer di Taiwan.

Tak hanya memalsukan surat elektronik itu saja akan tetapi lengkap dengan stempel sejumlah perusahaan lainnya. e-mail yang berisikan bisnis palsu itu dikirimkan ke FB dan Google.

Dari hasil penipuan yang dilakukan terhadpa Facebook dan Google itu, pelaku bisa mendapatkan uang sebesar Rp 1,3 triliun. Uang yang didapat itu tentunya berasal dari kedua korbannya.

Dari kasus tersebut akhirnya pelaku didakawa telah menjalankan bisnis palsu dengan menggunakan e-mail bodong. Hingga akhirnya berhasil menipu perusahaan besar sekelas dua situs terbesar itu.

Dan isi dari pesan itu adalah soal permintaan atas pembayaran barang serta jasa dari perusahaan. Hingga akhirnya memang benar ada ada pengiriman uang yang dilakukan oleh pelaku.

Pelaku sempat mengirimkan uang ke sejumlah bank di beberapa negara di Eropa. Setidaknya sudah dua tahun kasus penipuan itu dilakukan oleh Rimasauskas.

Kali ini yang menjadi korban penipuan dengan modus operandi phising adalah FB dan Google. Kedua penguasa teknologi itu harus tertipu dengan cara yang memang sudah ada sejak beberapa waktu lalu.

Dilansir dari Tech Times, pelakunya adalah seorang pria berkebangsaan Lithuania. Ia telah didakwa karena terbukti memiliki bisnis palsu yang membawa nama besar dari Facebook dan Google.

Berita Hari Ini: Google dan FB Jadi Korban Penipuan Online! | pt rifan financindo berjangka

Penipuan yang dilakukan secara online sekarang ini memang kerap terjadi, salah satunya adalah penipuan cyber dengan model phising, dinama pelaku dalam penipuan yang menyamar sebegai pihak resmi yang berkepentingan yang telah menyasar kepada pengguna internet yang masih awam.

Kejadian penipuan tersebut telah berlangsung selama 2 tahun hingga pada tahun 2015 lalu. Dari rentang waktu tersebut, Rimasauskas yang diperkirakan berhasil melakukan pencurian uang sebesar 100 juta dollar AS , atau lebih dari Rp 1,3 triliun dari FB dan Google.

Sedangkan juru bicar FB mengatakan, pihaknya telah berhasil mengembalikan sejumlah uang yang telah dibawa lari oleh Rimasauskas dengan cara penipiuan tersebut, hal yang sama juga telah dilakukan oleh pihak dari Google.

“Kami mendeteksi penipuan terhadap tim manajemen vendor kami dan langsung memberitahu pihak yang berwenang. Kami mengambil kembali dananya dan merasa senang masalah ini telah selesai,” ujar juru bicara Google, dikutib dari KompasTekno yang merangkum dari dari CNBC, Selasa (2/5/2017).

Sedangkan, Rimasauskas sendiri sekarang ini sudah berhasil dilakukan penangkapan dan berada di Lithuania, hal ini untuk menunggu diadili di Amerika Serikat akibat dari tindakannya tersebut. Dalam pengakuannya, dia membantah telah melakukan kejahatan phising kepada kedua perusahaan tersebut.

E-mail tersebut berisikan sebuah invoice dari perusahaan manufaktur elektronik dengan nama Quanta Computer yang berada di Taiwan, tidak hanya itu dalam isinya juga telah dilengkapi dengan sampel perusahaan dan lainnya.

Melalui e-mail tersebut, pelaku mengirimkan kepada staf FB dan Google. Dalam keterangan yang telah dituliskannya dia meminta pembayaran dari beberapa barang dan jasa yang telah dibeli dari pihak Quanta.

Pihak FB dan Google kemudian telah terjebak dalam penipuan tersebut, lantaran mereka yang sudah melakukan pengiriman uang yang kemudian telah disalurkan oleh Rimasauskas dari beberapa bank di sejumlah negara yang berbeda di Eropa.

pt rifan financindo berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s