PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Begini Tampilan Rumah DP 1 Persen, Cicilan Rp 800.000 Per Bulan

pt. rifan financindo berjangka - medan sumatera utara

Jokowi meresmikan Vila Kencana Cikarang, Sukatani, Bekasi | pt. rifan financindo berjangka – medan sumatera utara

Ribuan rumah murah yang sudah terbangun dan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ada di Vila Kencana Cikarang, Sukatani, Bekasi.

Harga rumahnya mulai dari Rp 141 juta dengan luas bangunan 25 meter persegi dan lahan 60 meter persegi.

Perumahan yang dibesut PT Arrayan Bekasi Development (SPS Group) ini berada di lahan seluas 105 hektar.

Rumah ini terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tamu, dan kamar mandi. Salah kamar tidur di antaranya bisa difungsikan sementara sebagai dapur dan ruang makan.

Perumahan ini sudah dibangun sejak 2016. Hingga kini telah ada 4.734 unit yang berdiri. Sejumlah 3.612 di antaranya sudah akad Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi dari Bank BTN. Sementara 1.200 unit sedang dalam proses KPR.

Meski merupakan perumahan subsidi, pengembang melengkapi kawasan dengan berbagai sarana dan prasarana.

Di dalam kawasan perumahan tersebut sudah berdiri masjid dan juga lapangan olahraga. Rencananya, fasilitas lain yang akan dibangun adalah sarana pendidikan dan rumah sakit.

Karena termasuk rumah subsidi, masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dapat memanfaatkan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Fasilitas ini meliputi uang muka atau down payment (DP) 1 persen, bantuan uang muka Rp 4 juta, dan bunga fixed 5 persen dengan tenor 20 tahun.

Pasalnya rumah ini termasuk rumah tumbuh yang belum memiliki dua ruangan tersebut namun dimungkinkan untuk pelebaran melalaui renovasi baik ke depan maupun ke belakang.

Untuk kamar mandinya, sudah dilengkapi dengan kloset jongkok. Adapun lantai rumah ini menggunakan keramik homogenous tile ukuran 30×30 cm.

Jokowi: Gaji di Atas Rp3 Juta Lebih Baik Cicil Rumah | pt. rifan financindo berjangka – medan sumatera utara

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menyarankan, apabila memiliki gaji setidaknya di atas Rp3 juta, lebih baik menyicil rumah ketimbang mengontrak.

Banyak orang memilih untuk mengontrak ketimbang membeli rumah karena menganggap penghasilannya belum cukup untuk mencicil rumah. Padahal sudah banyak rumah yang cicilannya sama dengan biaya sewa kontrakan.

“Sudah akad (rumah)?” tanya Jokowi saat berbincang dengan salah satu masyarakat di Cikarang yang hendak membeli unit rumah di Vila Kencana Cikarang, Sukakarya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/5/2017).

Jokowi pun menyarankan karena rumah tapak tersebut belum memiliki ruang dapur sehingga calon pemilik rumah bisa menambahkan dapur di space yang masih tersisa.

“Nanti ke depan tambahi sendiri ya. Saya kira masyarakat pemilik-pemilik bisa mengatur keuangannya dengan baik. Gaji di atas Rp3 juta kalau dibayar per bulan Rp800 ribu cukup,” tambahnya.

“Sudah akad (rumah)?” tanya Jokowi saat berbincang dengan salah satu masyarakat di Cikarang yang hendak membeli unit rumah di Vila Kencana Cikarang, Sukakarya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (4/5/2017).

Jokowi pun kembali bertanya, “Apakah dia sudah membayar uang muka?” Kemudian perempuan tersebut menjawab sudah membayar uang muka. Khusus untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang diresmikan Jokowi, uang mukanya sebesar 1% dan kredit pemilikan rumah (KPR) dibayarkan lewat Bank BTN. “Nyicilnya berapa sebulan?” tanya Jokowi kembali.

Nevi pun menjawab, cicilan yang harus dibayar tiap bulan mencapai Rp800 ribu dengan tipe rumah 25/60. Padahal, sebelumnya dia mengontrak rumah dengan biaya Rp500 per bulan. Oleh karena itu, Jokowi menilai lebih baik mencicil rumah daripada mengontrak.

“Lalu gimana tiap bulan cara mencicilnya?” tanya Jokowi.

“Penghasilan suami Rp3,5 juta. Buat bayar kontrakan itu Rp500 ribu,” jawabnya.

“Kontrakan berapa?” tanya Jokowi memastikan. “Rp500 ribu,” jawabnya.

“Lah (lebih baik) pilih ini dong (kredit rumah tapak),” lanjut Jokowi.

Resmikan Dua Hunian Murah DP 1 Persen dalam Sepekan, Jokowi: Rumah Ini Lebih dari Layak | pt. rifan financindo berjangka – medan sumatera utara

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pembangunan rumah susun milik (rusunami), di Sarua, Tangerang Selatan, Kamis, (27/4/2017).

Hari ini, Kamis (4/5/2017), Jokowi kembali meresmikan rumah untuk MBR di Sukatani, Cikarang, Bekasi.

“Kemarin di Tangerang itu cicilannya Rp 1,2 juta, tapi itu rusunami. Ini kan rumah tapak. Saya sih milih rumah tapak,” ujar Jokowi saat sambutan.

Melalui Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah, pemerintah berupaya menyediakan rumah layak huni dengan harga terjangkau.

Hanya berjarak 7 hari, pemerintah meresmikan dua proyek perumahan yang dikhususkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Perumahan tapak bernama Villa Kencana Cikarang tersebut merupakan karya PT Arrayan Bekasi Development (SPS Group).

Pembangunan Villa Kencana Cikarang telah dimulai sejak 2016. Untuk akses KPR subsidi atau Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), masyarakat mendapat bunga acuan 5 persen dengan masa tenor 20 tahun.

Melalui FLPP, masyarakat hanya membayar uang muka atau down payment (DP) 1 persen, yakni Rp 1,41 juta dan cicilan sekitar Rp 800.000 per bulan.

Menempati lahan seluas 105 hektar, rumah yang dibangun sebanyak 8.749 unit dengan tipikal per unit 25/60.

“Rumah ini kan ada 2 kamar dan 1 kamar mandi. Lebih dari cukup (layak) menurut saya,” sebut Jokowi.

Saat ini, sebanyak 4.734 unit telah dibangun, dengan 3.612 di antaranya sudah akad Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi Bank BTN. Sementara 1.200 unit lainnya sedang dalam proses KPR.

Sementara rusunami untuk MBR di Sarua, Tangerang, dikhususkan bagi para buruh dengan nama PP Urban Town@Serpong.

Sebanyak 6.000 unit rusunami dibangun dalam 9 menara dan dibanderol seharga Rp 294 juta per unit atau Rp 8,4 juta per meter persegi. DP yang harus dibayar juga sebesar satu persen atau sekitar Rp 2,9 juta.

Proyek ini dibangun PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT PP Urban (PP Urban) dengan biaya dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

pt. rifan financindo berjangka – medan sumatera utara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s