PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Transaksi Non Tunai Tol Akan Dibuatkan Aturan

pt rifan financindo berjangka solo

Oktober 2017 semua gerbang tol sudah bisa melakukan non tunai | pt rifan financindo berjangka solo

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry Trusaputra Zuna memastikan Oktober 2017 layanan transaksi non tunai bisa dilakukan di seluruh gerbang tol. Hal ini didukung oleh semua gerbang tol yang sudah bisa melayani transaksi non-tunai.

Herry mengatakan secara alat, seluruh gerbang tol sudah siap. Hanya, perlu ada beberapa perbaikan lagi mengingat hingga saat ini penggunaan tol elektronik baru 23 persen sejak diberlakukan pada 2008 lalu. Selain edukasi, pemerintah juga akan melakukan sosialisasi kepada pengguna terkait penggunaan tol elektronik.

“Sementara ini masih hybrid ada tunai dan non tunai, tapi Oktober nanti semua gerbang tol sudah bisa melakukan non tunai,” kata Herry, Jumat 5 Mei 2017.

Selain itu, kata Herry, pihaknya juga tengah menyiapkan standar operasi prosedur penggunaan tol elektronik untuk memastikan seluruh pengguna jalan tol bisa melakukan transaksi non tunai. Hal ini juga agar menjadi kewajiban bagi setiap pengguna untuk menggunakan kartu tol elektronik.

“Fasilitas sudah siap, edukasi, nanti juga akan ada SOP yang dibuat oleh BI sehingga prosesnya seragam. Juga nanti ada aturan yang mewajibkan semua pengguna tol menggunakan tol elektronik, jadi sesuai dengan keputusan Peraturan Menteri PUPR,” jelas Herry.

Herry menduga, masyarakat yang belum mau beralih ke transaksi non tunai disebabkan karena lokasi top up kartu tol elektronik yang tidak terjangkau dan keterbatasan bank penerbit.

“Ke depan mungkin kita tambah lokasi top up dan tol elektronik tidak boleh lagi dikuasai bank tertentu, harus semua bank, dan berlaku untuk semua kartu,” katanya.

Bayar Tol Non Tunai Ditarget 100% di Oktober, Bagaimana Kondisinya Sekarang? | pt rifan financindo berjangka solo

Saat ini nilai transaksi kartu prabayar Mandiri secara keseluruhan mencapai Rp 1,2 triliun tumbuh 55,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp 779,3 miliar.

Kemudian untuk jumlah transaksi mencapai 114,8 juta transaksi tumbuh 43,3% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya 80,1 juta.

Namun, e-money milik Bank Mandiri mencatatkan pertumbuhan yang baik. Direktur Digital Banking dan Teknologi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan, penetrasi penggunaan e-money di jalan tol sudah mencapai 38%. “Pertumbuhannya sudah lumayan tinggi, itu di luar pengguna TapCash BNI dan Brizzi nya BRI ya,” ujar Rico, Kamis (4/5/2017)

Pada Oktober 2017 mendatang, pembayaran di ruas jalan tol diwajibkan menggunakan uang elektronik 100%. Namun, saat ini pembayaran non tunai diklaim masih rendah yakni sekitar 23% karena masih banyaknya masyarakat yang belum menggunakan uang elektronik.

Rico mencontohkan, di gerbang tol Pondok Ranji bisa mencapai 50% untuk arah Jakarta. Kemudian tol Jelambar 50%, gerbang tol Cililitan 40% dan Tomang 44%.

Dia menyebutkan, per kuartal I 2017, penggunaan uang elektronik di gerbang tol yang berlalu lintas padat sudah di atas 40%.

Transaksi E-toll Mandiri Capai Rp 2,58 T/Tahun | pt rifan financindo berjangka solo

Direktur Digital Banking dan Teknologi Bank Mandiri, Rico Usthavia Frans mengatakan, dari sisi nilai transaksi pada akhir 2016 tercatat mencapai Rp 2,58 triliun per tahun atau tumbuh 92% dibandingkan periode tahun sebelumnya Rp 1,34 triliun.

“Saat ini pengguna e-money memang naik banyak dan mendorong nilai transaksi, tapi total kendaraan juga terus bertambah karena itu penetrasinya agak susah naik,” kata Rico, Jumat (5/5/2017)

PT Bank Mandiri Tbk mencatatkan peningkatan transaksi penggunaan uang elektronik untuk pembayaran jalan tol.

Rico menjelaskan, berdasarkan data perseroan, total GTO Bank Mandiri saat ini mencapai 587 unit dengan total gardu 1.458 unit di sejumlah ruas jalan tol. Dia mengatakan jumlah ini akan terus bertambah seiring penambahan GTO atau konversi.

Saat ini bank Mandiri telah menerbitkan sekitar 9,2 juta kartu e-money. Tahun ini, Bank Mandiri menargetkan jumlah kartu menjadi 11 juta keping.

Dia menyebutkan, jumlah transaksi e-Toll Bank Mandiri tercatat 362 juta transaksi tumbuh 84% menjadi 197 juta transaksi.

pt rifan financindo berjangka solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s