PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Menkominfo Gembira Jika Go-Jek Gaet Investasi Tencent

pt rifan financindo berjangka pekanbaru

Go-Jek mendapat kucuran dana dari Tencent dengan angkanya cukup fantastis | pt rifan financindo berjangka pekanbaru

Kabar Go-Jek mendapat kucuran dana dari Tencent memang belum terkonfirmasi kebenarannya. Kendati demikian, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara merasa gembira jika hal tersebut benar terjadi.

“Saya sendiri mengapresiasi apa yang sudah bisa dilakukan oleh Go-Jek. Jadi ini membawa tidak saja Go-Jek di dalam negeri, tapi membawa potensi digital ekonomi ke pasar internasional. Artinya jika ada perhatian yang sedemikian besar, apalagi rumor angkanya cukup fantastis, kita harus bangga,” kata Menkominfo.

Hal tersebut diungkap pria yang kerap disapa Chief RA itu ketika ditemui di markas utama Go-Jek, Selasa (9/5/2017). Dia mengatakan jika kabar itu benar maka patut diapresiasi.

Sebab itu Rudiantara lantas berharap apa yang terjadi di Go-Jek dapat menular ke yang lain. Dia meminta stratup atau yang mereka sudah placement series A atau B dapat meningkatkan kinerjanya.

“Jadi yang namanya unicorn bertambah, tidak hanya Go-Jek saja,” pungkas Menkominfo.

Soal banyaknya pihak asing yang masuk ke Indonesia, Chief RA menghimbau tidak perlu dipermasalahkan. Karena negara kita memang membuka kesempatan bagi asing berinvestasi.

Menteri Komunikasi Brasil Kepincut Go-Jek | pt rifan financindo berjangka pekanbaru

Ada cerita menarik yang diungkap Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara dari lawatannya ke Jerman. Katanya Menteri Komunikasi Brasil kepincut dengan Go-Jek.

“Memberikan ekonomi yang lebih baik itu seperti apa. Salah satu contoh kasus yang saya bawa adalah Go-Jek. Saya paparkan bagaimana seseorang sebelum dan sesudah menjadi mitra driver,” tutur Rudiantara ketika ditemui di markas utama Go-Jek, Selasa (9/5/2017).

Jadi awal April lalu, Menkominfo menghadiri pertemuan G20 Digital Ministers Meetings di Dusseldorf, Jerman. Adapun kajian yang dibawa Rudiantara bagaimana fokus Indonesia dalam pemerataan ekonomi agar gap antara miskin dan kaya makin menyempit.

Rupanya pemikiran yang disampaikan Menkominfo mendapat respon positif dari Menteri Komunikasi Brasil. Sebab ketika dibahas situasi di Jakarta, rupanya mirip dengan di negaranya.

“Hal ini cukup membanggakan. Karena dapat menunjukan sebetulnya banyak inovasi yang dilahirkan di Indonesia,” imbuhnya.

“Dia bilang kondisinya tidak jauh berbeda dengan Rio de Janeiro. Lalu bertanya mungkin tidak (Go-Jek) diterapkan di sana. Saya bilang, kalo tertarik saya akan kirim orang ke sana,” kata pria yang kerap disapa Chief RA itu.

“Belum ada. Itu tercetus ketika saya ketemu dengan Menteri Brasil saat G20 Digital Ministers Meetings di Dusseldorf. Mungkin mereka juga agak kaget-dengan Go-Jek. Ya kita tahulah Rio itu kan kota yang hampir seperti Jakarta,” pungkas pria berkacamata itu

Saat ditanya kelanjutan minat Menteri Komunikasi Brasil, Rudiantara mengatakan belum ada pembahasan lagi.

Langkah Cepat Bos Go-Jek Hindari Wartawan… | pt rifan financindo berjangka pekanbaru

Kaki CEO Go-Jek Nadiem begitu cepat melangkah mencoba menghindari wartawan. Ceritanya, setelah acara penandatanganan nota kesepahaman antara Go-Jek dengan tiga bank selesai dilaksanakan, beberapa wartawan mencoba mendekati Nadiem.

Seusai berfoto, wartawan langsung mendekati Nadiem. Wartawan memberondong Nadiem dengan pertanyaan yang sama, yakni kabar suntikan dana dari raksasa internet asal China, Tencent.

Sambil tersenyum, Nadiem enggan menjawab pertanyaan tersebut. “No comment,” kata Nadiem sambil melangkahkan kakinya dengan cepat keluar dari ruangan, di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (9/5/2017).

Saat itu, Nadiem tengah berfoto dengan Ketua Dewan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad. Sementara beberapa panitia acara berkaos berwarna hitam terlihat sudah mengatur barisan untuk mengamankan tamu VIP keluar ruangan.

“Kalau (jawabannya) no comment, berarti (kabar itu) benar?” tanya seorang wartawan lainnya. “No comment,” kata Nadiem tanpa melihat ke arah wartawan yang ada di sebelah kanannya.

Di belakang Nadiem, ada Muliaman. Nadiem sempat menemani Muliaman ketika wawancara dengan wartawan. Namun, Nadiem tak menemani Muliaman hingga akhir sesi acara.

Ia sempat kembali masuk ke dalam lokasi acara dan diikuti beberapa wartawan. Namun, dia keluar kembali dan bungkam seribu bahasa tak menjawab pertanyaan wartawan.

Sementara kepala Nadiem terus menengok ke arah lain, seolah tengah mencari sesuatu. Ia kembali menjawab “no comment” ketika wartawan bertanya mengenai total pendanaan yang didapat Go-Jek selama ini.

Kali ini, ia juga meminta maaf kepada wartawan dan mengaku akan menerima tamu. Ia juga tak menjawab mengenai hal lain selain kabar pendanaan dari Tencent. Seperti contohnya permasalahan pembayaran Go-Jek menggunakan Go-Pay.

Wartawan ingin mencoba mengonfirmasi adanya pengemudi yang lebih menerima penumpang dengan pembayaran uang tunai dibanding non tunai, seperti Go-Pay.

“Mohon maaf, saya harus ngegaet para tamu dulu keluar ya. Sebentar ya,” kata Nadiem.

Sebelumnya, pada Agustus 2016, Go-Jek menerima pendanaan senilai 550 juta dollar AS atau Rp 7,3 triliun dari investor kolektif.

Beberapa di antaranya adalah investor lama alias existing, yakni Sequoia India, Northstar Group, DST Global, NSI Ventures, Rakuten Ventures dan Formation Group.

Sementara itu sisanya adalah investor baru, yakni KKR, Warburg Pincus, Farallon Capital and Capital Group Private Markets.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (4/5/2017) dari TechCrunch, Go-Jek dikabarkan menerima suntikan dana 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 16 triliun dari raksasa internet China, Tencent.

Jika kabar ini benar, valuasi Go-Jek disebut-sebut naik hingga 3 miliar dollar AS atau sekitar Rp 40 triliun.

Dua sumber yang familiar dengan hal ini mengatakan penandatanganan antara Go-Jek dan jejeran investor yang dipimpin Tencent terjadi pekan lalu.

profil pt rifan financindo surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s