PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Dolar AS Loyo, Harga Emas Mengilap

etrade rifan

Emas untuk pengiriman Juni meningkat US$5,3 | etrade rifan

Dolar AS yang diukur dengan Indeks Dolar AS diperdagangkan kurang dari 0,1 persen atau lebih rendah pada pukul 18.25 GMT. Namun, diperkirakan akan mencatat kenaikan mingguan sekitar satu persen. Sementara itu, pasar ekuitas AS dan Eropa memperlihatkan kerugian yang luas.

Jeda dalam penguatan greenback, serta penurunan di pasar saham, membantu membuat emas lebih menarik bagi para investor.

Kontrak emas berjangka di COMEX New York Mercantile Exchange ditutup menguat pada Kamis waktu Amerika Serikat (AS). Penguatan ditengarai karena pelemahan dolar AS, serta penurunan pasar ekuitas di AS dan negara-negara di Eropa.

Mengutip Xinhua, Jumat (12/5), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni meningkat US$5,3 atau 0,43 persen menjadi US$1.224,20 per ons troi.

Adapun, perak untuk pengiriman Juli bertambah 5,8 sen atau 0,36 persen ditutup pada US$16,265 per ons troi. Platinum untuk pengiriman Juli naik US$7,8 atau 0,86 persen menjadi ditutup pada US$917,7 per ons troi.

Logam kuning sempat memangkas kenaikannya setelah data kemarin menunjukkan harga produsen AS naik 0,5 persen pada April, yang lebih baik dari ekspektasi para ekonom.

Dolar AS ‘Istirahat’ Harga Emas Merangkak Naik | etrade rifan

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni, naik USD5,3 atau 0,43% menjadi menetap di USD1.224,20 per ounce.

Kontrak emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange ditutup lebih tinggi pada Kamis (Jumat pagi WIB), karena dolar AS mengambil istirahat sejenak dari penguatan baru-baru ini serta pasar ekuitas AS dan Eropa menurun.

Logam kuning sempat memangkas kenaikannya setelah data pada Kamis (11/5) menunjukkan harga produsen AS naik 0,5% pada April, yang lebih baik dari ekspektasi para ekonom. Perak untuk pengiriman Juli bertambah 5,8 sen atau 0,36% menjadi ditutup pada USD16,265 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik USD7,8 atau 0,86% menjadi ditutup pada USD917,7 per ounce.

Dolar AS, yang diukur dengan Indeks Dolar AS, diperdagangkan kurang dari 0,1% lebih rendah pada pukul 18.25 GMT, namun diperkirakan akan mencatat kenaikan mingguan sekitar 1%. Sementara itu, pasar ekuitas AS dan Eropa memperlihatkan kerugian yang luas. Jeda dalam penguatan greenback, serta penurunan di pasar saham, membantu membuat emas lebih menarik bagi para investor.

Bursa Amerika Serikat Berakhir Melemah Imbas Jatuhnya Saham Ritel | etrade rifan

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 23,69 poin atau 0,11% menjadi 20.919,42, dengan saham Microsoft mengalami tekanan tertinggi dan saham Apple memimpin penguatan.

S & P 500 turun 5,19 poin atau 0,22% berakhir menjadi 2.394,44, dengan delapan saham konsumer melemah. Dan Nasdaq berkurang 13,18 poin atau 0,22% ditutup ke level 6.115,96.

Pasar saham Amerika Serikat ditutup melemah pada Kamis imbas jatuhnya saham ritel. CEO Ladenburg Thalmann Asset Management Phil Blancato mengatakan jatuhnya saham ritel akibat rendahnya belanja eceran dan konsumen sehingga menimbulkan kembali kekhawatiran soal konsumen. “Salah satu pertumbuhan ekonomi AS didorong oleh konsumen,” ujarnya

Kepala Investasi di BMO Private Bank Jack Ablin mengatakan tren ritel yang rendah sejatinya tidak mengejutkan investor. Karena belakangan, konsumen semakin banyak dan nyaman membeli barang secara online dan merasa nyaman berbelanja melalui internet dari pada langsung ke toko.

Kejatuhan saham ritel Macy’s dan Nordstrom sebesar 0,2% menyeret indeks S & P 500 lebih rendah. Perusahaan ritel mengalami tekanan sepanjang tahun ini, dan masuk ke sesi hari Kamis, turun 18,07%.

Para investor pun mengawasi perusahaan ritel karena mereka menunggu rilis penjualan ritel bulan April. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan kenaikan sebesar 0,6%.

etrade rifan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s