PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Harga Cabai Merah Mulai Pedas Lagi Jelang Ramadan

rifan financindo

Pasokan cabai yang mulai berkurang sejak empat hari yang lalu | rifan financindo

Harga cabai merah di Pasar Fanindo, Batuaji, Batam, Kepri, mulai mengalami kenaikan, Kamis (11/5).

“Sebelumnya harga cabai sekitar Rp 34 ribu, tapi sekarang di kisaran Rp 44 ribu hingga Rp 45 ribu perkilo,” kata Rini, pedagang di pasar Fanindo kepada Batam Pos (Jawa Pos Group), kemarin.

Bahkan kenaikannya jelang ramadan ini cukup signifikan yakni Rp 11 ribu dari harga normal.

Selain itu harga tomat dan bawang putih juga ikut merangkat naik.

Naiknya harga cabai ini, sambung Rini, disebabkan pasokan cabai yang mulai berkurang sejak empat hari yang lalu. “Kami dapat jatah sedikit, tapi alhmandulillah barangnya ada setiap hari,” katanya.

Sebelumnya harga bawang putih dibanderol Rp 40 ribu. Rini menuturkan, kenaikan harga bawang putih terjadi secara bertahap dalam beberapa pekan terakhir. “Semenjak bawang dilarang masuk (impor, red), harganya menjadi mahal,” sebutnya.

Selain cabai, sayuran lain juga naik, yakni tomat dan bawang putih. Saat ini, harga tomat dijualkan Rp 14 ribu, padahal sebelumnya tomat hanya dijualkan Rp 10 ribu perkilo. Sementara untuk bawang putih kini berada diangka Rp 54 ribu perkilo.

Mardiani, salah seorang pembeli mengaku kenaikan sejumlah bahan pokok ini sangat memberatkan warga. “Cabai merah dan bawang putih yang paling terasa,” ucap perempuan berkacamata ini.

Dia mengatakan, seharusnya pemerintah menekan lonjakan harga sembako menjelang datangnya bulan suci Ramadhan. Sehingga, masyarakat tidak makin terbebani dengan biaya hidup yang semakin tinggi. “Ramadhan belum masuk, apa-apa sudah naik,” keluhnya.

Colong Start Sebelum Puasa, Harga Bawang Putih Tembus Rp55 Ribu/Kg | rifan financindo

Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencapai Rp55.000 per kilogram (kg) atau kembali naik karena pasokan dari daerah sentra produksi terbatas.

Sementara itu, harga bawang merah masih bertahan Rp36.000 per kg dari harga normal Rp15.000 per kg.

“Saat ini harga bawang putih kembali naik menjadi Rp55.000 per kg jika dibandingkan harga sebelumnya Rp30.000 dari harga normal Rp12.000 per kg,” ujar pedagang sayur di Pasar Pembangunan Pangkalpinang, Ujang.

“Saat ini permintaan bawang mengalami penurunan yang cukup drastis, seiring harga sayur mayur lainnya seperti cabai merah, kentang, kol, dan bumbu masak lainnya masih bertahan tinggi,” ujarnya.

Ia berharap pasokan bawang merah dan putih kembali lancar, sehingga stok cukup dan harga bawang kembali turun ke harga normal.

Pedagang sayur lainnya, Bambang, mengaku bahwa untuk mengantisipasi kerugian terpaksa mengurangi stok bawang.

Ujang menambahkan, permintaan bawang didominasi pengusaha rumah makan sementara permintaan ibu rumah tangga jauh berkurang.

“Permintaan yang mengalami penurunan yang cukup drastis ini cukup merugikan pedagang karena jika bawang putih atau merah yang tidak laku terjual dalam waktu cukup lama akan memengaruhi kualitas bawang, akhirnya kami harus banting harga untuk mengurangi kerugian,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam beberapa pekan terakhir, pasokan bawang putih dan bawang merah berkurang drastis. Biasanya pedagang mendapatkan pasokan 500 hingga 600 kilogram per minggu turun menjadi 80 hingga 100 kg dan terkadang tidak ada sama sekali.

“Saat ini stok bawang hanya beberapa kilogram saja dan kualitas bawang yang dijual kurang baik karena stok yang dimiliki merupakan sisa pasokan bawang pekan lalu,” ujarnya.

Harga Bawang Putih Naik Rp 5.000 Jelang Ramadan | rifan financindo

Penurunan terjadi di beberapa jenis sayuran. Seperti halnya kentang, turun Rp 1.000 menjadi Rp 15 ribu per kg. Hal serupa juga terjadi untuk tomat, kini dijual seharga Rp 12 ribu per kg, turun Rp 2.000‎ per kg.

“Ya sebagai pedagang sih harapannya bulan puasa kali ini tidak ada kenaikan harga. Kalau mau naik ya sedikit saja, jangan tinggi-tinggi, yang wajar saja,” ucap‎ pedagang sembako, Joko (51).

Untuk harga beras medium, di Pasar Mampang dijual seharga Rp 10 ribu per kg dan beras premium seharga Rp 12 ribu per kg. Sementara untuk telur ayam, kini dijual seharga Rp 21 ribu per kg, gula pasir Rp 14 ribu per kg, dan tepung terigu Rp 8.000 per kg.

Sedangkan untuk jenis daging, daging ayam dibanderol Rp 30 ribu per ekor, daging sapi Rp 120 ribu per kg dan daging kambing seharga Rp 120 ribu per kg.

Sejumlah harga bahan pangan mulai menunjukkan kenaikan jelang masuk Ramadan pada akhir bulan ini. Seperti hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan.

Di sini, terlihat bahan pangan yang naik signifikan adalah untuk jenis bawang putih. Bawang putih kini di banderol Rp 65 ribu per kilogram (kg). Harga ini naik Rp 5.000 jika dibandingkan minggu lalu.

“Cabai rawit sudah turun, sekarang gantian bawang yang naik, ini sudah naik segitu dibandingkan minggu lalu,” kata salah satu pedagang, Heryati (45) Kamis (11/5/2017).

Kenaikan juga terlihat untuk jenis bawang merah. Hanya saja kenaikan bawang merah tak setinggi bawang putih. Harga bawang merah kini Rp 36 ribu per kg, naik Rp 2.000 dari sebelumnya.

Tak hanya dua jenis komoditas itu, kenaikan juga terlihat di minyak goreng. Minyak goreng curah ada kenaikan Rp 1.500 per ‎kg dari sebelumnya Rp 11.500 kini dijual dengan harga Rp 13 ribu per kg.

Untuk jenis cabai, harganya rata-rata stabil. Cabai merah keriting dijual dengan harga Rp 36 ribu per kg, cabai merah besar Rp 40 ribu per kg, cabai rawit merah Rp 80 ribu per kg, dan cabai rawit hijau Rp 60 ribu per kg.

rifan financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s