PT Rifan Financindo · Rifan Financindo · Rifanfinancindo

Kemenhub Siapkan Dana Rp 90 Miliar Untuk Mudik Gratis

rifanfinancindo

Pemerintah menargetkan 208.435 pemudik dari Jakarta | rifanfinancindo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Mudik gratis ini juga merupakan kerjasama Kemenhub dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Sosial (Kemensos).

Tahun ini, pemerintah menargetkan bisa memulangkan 208.435 pemudik dari Jakarta. “Tahun lalu sekitar 132.943 orang berhasil diberangkatkan,” ujar Budi Karya di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

Tahun ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelontorkan dana sebesar Rp 90 miliar untuk memfasilitasi mudik gratis 2017 bagi masyarakat.

Anggaran terbesar dialokasikan untuk transportasi laut, sedangkan terbesar ke dua adalah untuk transportasi darat dan kemudian adalah kereta api.

Alokasi dana untuk menyelenggarakan mudik gratis bagi moda transportasi laut tahun ini mencapai Rp 32 miliar. Untuk angkutan darat sebesar Rp 30 miliar. Sedangkan sisanya Rp 28 miliar untuk angkutan kereta api.

Pendaftaran offline bisa langsung mengunjungi Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Depok, Stasiun Bogor, Stasiun Cikarang, Stasiun Kiara Condong, dan Stasiun Purwakarta.

Untuk transportasi laut, pendaftaran dapat dilakukan mulai 29 Mei hingga 2 hari sebelum keberangkatan dengan melakukan pendaftaran online melalui situs http://www.mudikgratis.dephub.go.id.

Kemudian untuk moda kereta api pendaftaran dibagi menjadi dua tahap. Pendaftaran online 15 Februari hingga 17 Juni 2017 melalui situs http://www.mudikgratis.dephub.go.id.

Untuk mengikuti mudik gratis khusus angkutan darat pendaftaran dimulai 18 Mei hingga 16 Juni 2017, yaitu lewat pendaftaran online pada situs http://www.mudikgratis.dephub.go.id dan offline di GOR Bulungan (Blok M), enam kantor Dishub yakni Bekasi, Depok, Tangerang Kota,Tangerang.
Sedangkan untuk angkutan penyeberangan pendaftaran dibuka mulai 1 Juni 2017 sampai 2 hari sebelum keberangkatan dengan melakukan pendaftaran offline di Kantor Dishub Depok, Bekasi, Tangerang, dan Kantor PT ASDP Pusat.

Menhub Janji Tertibkan Pelanggaran untuk Dukung Standardisasi Pelabuhan | rifanfinancindo

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn G Massasya menyebut apabila seluruh pelabuhan besar di Indonesia menerapkan standar operasional yang sama maka biaya logistik dapat turun sekitar 3,6 persen. Elvyn menyebut, pihaknya sudah melakukan simulasi penyamaan standar operasional dan menemukan bahwa standardisasi pengelolaan dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas.

Adapun standar yang harus disamakan mulai dari operasional pelabuhan, sistem keuangan hingga pola pembukuan. Standar yang sama tersebut akan segera diterapkan di tujuh pelabuhan utama yang berada di bawah Pelindo I sampai Pelindo IV.

Menurut Elvyn, pihaknya sudah menjalin kerja sama dengan Pelindo I dan IV untuk menyeragamkan standar operasional pelabuhan demi mengurangi ongkos logistik. Dalam waktu dekat, ia menargetkan juga dapat segera menjalin kerja sama serupa dengan​ Pelindo III.

“Tahun ini diharapkan selesai sehingga tahun depan sudah mulai kelihatan efisiensinya,” kata Elvyn, di sela-sela gelaran World Ports Conference di Nusa Dua, Bali.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendukung program standardisasi operasional tujuh pelabuhan utama di Indonesia yang dicanangkan oleh Pelindo II. Untuk mendukung agar penyelarasan sistem tersebut cepat tercapai, ia berjanji memberantas aktivitas ilegal di pelabuhan yang melanggar aturan.

“Pertama kali yang kita lakukan adalah penertiban segala tindakan-tindakan yang tidak patuh di sana,” ujar Menhub, usai menghadiri Konferensi Pelabuhan Dunia di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/5) kemarin.

Perbaikan sistem operasional di pelabuhan, kata dia, harus dibarengi dengan bersih-bersih aktivitas liar. Sebab, jika tidak, Budi meyakini standardisasi pelayanan yang diharapkan mustahil dapat tercapai. “Karena kalau ada orang-orang tertentu yang campur tangan di pelabuhan-pelabuhan, sulit bagi kita untuk meningkatkan standar baru,” ujarnya.

Kemenhub sediakan mudik gratis untuk 208.435 orang | rifanfinancindo

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi pers Program Angkutan Motor Gratis Kemenhub di Jakarta, Kamis, mengimbau agar masyarakat memanfaatkan mudik gratis tersebut.

“Kita ingin mudik gratis ini dimanfaatkan secara maksimal karena tahun lalu (pelaksanaanya) kurang maksimal,” ucapnya.

Kementerian Perhubungan kembali menggelar mudk motor gratis untuk Angkutan Lebaran 2017 dengan menyediakan kuota hingga 208.435 penumpang dan 44.471 sepeda motor untuk semua moda baik darat, laut, dan kereta api.

Sementara itu, untuk kepasitas penumpang, yaitu 208.435 atau meningkat 69,83 persen dari mudik gratis 2016 sebanyak 122.733 penumpang.

Untuk truk pengangkut sepeda motor, yaitu tersedia 124 truk dan tidak ada perubahan atau sama jumlahnya pada mudik gratis tahun lalu.

Adapun kapasitas motor yang diangkut, yaitu mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 154,72 persen dari 44,721 motor menjadi 17,557 motor.

Budi menambahkan program mudik gratis tersebut merupakan kesempatan yang harus dimanfaatkan masyarakat untuk mengurangi tingkat kecelakaan yang sebagian besar dialami pemudik bersepeda motor.

“Kita imbau yang bawa motor itu dikurangi, apalagi untuk jarka jauh,” ujarnya.

Dia menyebutkan untuk angkutan mudik gratis masa Angkutan Lebaran 2017 mengalami peningkatan, yaitu untuk bus sendiri tersedia 3.409 bus atau naik 24.46 persen dari mudik gratis 2016 yaitu 2.739 bus.

Budi menyebutkan untuk anggaran angkutan motor gratis tahun ini sebesar Rp90 miliar, yaitu untuk angkutan darat Rp30 miliar, Rp32 miiar dan sisanya yaitu untuk kereta.

Selain diangkut lewat moda darat, motor juga akan diangkut lewat moda laut, yaitu dengan kapasitas penumpang 32.000 orang dan motor 16.000 unit.

“Untuk motor yang dingkut dengan kereta, motornya saja yang gratis, sementara penumpangnya tidak,” ujarnya.

Kapasitas untuk motor yang diagkut oleh kereta, yaitu 18.096 unit pada Angkutan Lebaran 2017 atau naik 56,57 persen dibandingkan dengan tahun lalu, yaitu 11.558 motor.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto Iskandar, menyebutkan kota-kota tujuan mudik gratis tersebu di antaranya Semarang, Solo, Yogyakarta, Tasikmalaya, Cirebon dan kota-kota lainnya, terutama di Jawa Tengah.

Dia mengatakan untuk pemberangkatan dengan bus, yaitu di Taman Mini Indonesia Indah, untuk kereta api di Stasiun Jakarta Gudang dan untuk laut di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pudji juga mengatakan partisipasi dari Badan Usaha Milik Negara juga meningkat dalam menyediakan angkutan motor gatis, yait 16 pada 2016 menjadi 22 pada 2017.

“Ini yang menjadi harapan kita, Bu Menteri BUMN dan Pak Menteri juga bahwa lebih banyak BUMN yang ikut serta dalam mudkk gratis ini,” tuturnya.

rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s