Rifan Financindo · Uncategorized

Penumpang Tak Bisa Sembarangan Masuk ke Kokpit Pesawat

Bagian kokpit adalah ruang bagi pilot dan kopilot | Rifan Financindo

foto_20170325_202946
Rifan Financindo 

Namun, kapankah penumpang boleh masuk ke dalam kokpit pesawat?Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan pada saat mengudara tak ada penumpang yang boleh masuk ke kokpit pesawat.Penumpang bisa masuk saat penerbangan telah selesai.
“Kapten dapat mengizinkan penumpang untuk melihat kokpit saat penerbangan selesai, ketika pesawat dalam kondisi parkir di apron,” kata Alvin saat dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).

Alvin mengatakan selama penerbangan berlangsung, pintu kokpit terkunci secara elektronik.Pintu menuju kokpit bisa dibuka oleh kapten pesawat menggunakan remote atau nomor kombinasi yang ditekan oleh kru kabin.Alvin menambahkan hanya orang-orang tertentu yang boleh masuk ke dalam kokpit pesawat saat mengudara. Orang-orang tersebut seperti personel yang berlisensi pilot atau instruktur pilot.

“Kedua (personel) berlisensi teknisi penerbangan, inspektur penerbangan, dan petugas maskapai yang ditunjuk,” kata Alvin.Alvin menuturkan aturan tersebut diatur ketat demi keselamatan dan keamanan saat penerbangan.Selain itu, lanjutnya, konsentrasi pilot dan kopilot diharapkan tidak terganggu.

Bagian kokpit adalah ruang bagi pilot dan kopilot saat mengemudikan pesawat udara.
Ruang yang sangat dijaga ketat saat mengudara tersebut tak jarang membuat penasaran penumpang pesawat.Di kokpit sendiri terdapat alat-alat Flight Instrumen dan Flight Control.Flight Instrumen adalah instrumen-instrumen yang terdapat di dalam kokpit pesawat yang memberikan informasi tentang situasi penerbangan dari pesawat yang sedang dikendalikan, seperti ketinggian, kecepatan, dan informasi lain.

PIlot dilarang bawa orang ke kokpit tanpa izin | Rifan Financindo

Agus menyatakan, sudah menginstruksikan kepada Direktur Kelaikudaraan dan Keselamatan Pesawat Udara (KPPU) untuk menyelidiki hal tersebut.Sementara itu, pihak Lion Air juga sudah melakukan grounded terhadap pilot tersebut sambil menunggu hasil investigasi selesai. Hari ini (26/5), seluruh kru akan diwawancari untuk mendapat keterangan lebih lanjut.Jika dari hasil penyelidikan ternyata ditemukan adanya pelanggaran dari peraturan keselamatan penerbangan , personil-personil yang terlibat harus diberikan sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Di sisi lain, Agus juga memberi apresiasi kepada masyarakat yang sudah gigih dan mau meluangkan waktunya untuk melaporkan hal-hal yang dirasa menyimpang dalam penerbangan.”Keselamatan penerbangan itu bukan hanya tanggung jawab personil pernerbangan. Namun juga tanggung jawab kita semua, termasuk masyarakat luas karena menyangkut nyawa manusia. Saya memberikan apresiasi dan berterimakasih kepada masyarakat yang telah melaporkan hal tersebut,” pungkasnya.

Pada saat sedang mengoperasikan pesawat, seorang pilot tidak diperbolehkan membawa masuk orang lain ke dalam kokpit tanpa izin.Izin yang dimaksud adalah yang sesuai dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) atau Civil Aviation Safety Regulation (CASR) 121.547 tentang “Admission to Flight Deck”.Dalam CASR tersebut disebutkan, seseorang tidak boleh memasukkan orang lain ke dalam kokpit kecuali kru pesawat, inspektur dari Ditjen Perhubungan Udara, orang yang mempunyai sertifikat khusus seperti personil navigasi penerbangan, atau yang telah mendapatkan izin dari pilot in command, AOC certificate holder management dan izin dari Dirjen Perhubungan Udara.

“Selain orang-orang yang sudah disebutkan di atas, tidak seorangpun boleh masuk ke dalam kokpit saat pilot sedang mengoperasikan pesawatnya,” tegas Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso hari ini, Kamis (25/5) di Jakarta.Penegasan Agus ini menanggapi adanya laporan masyarakat yang terkait penerbangan Lion Air JT015 pada tanggal 23 Mei 2017 dengan rute dari Denpasar menuju Jakarta.Sebelumnya seorang penumpang yang ikut dalam penerbangan tersebut, lewat akun Facebook Citra Rienanti menceritakan pengalamanya melihat keluarga kapten pilot dibolehkan masuk ke dalam kokpit.

Ini Penjelasan Pakar Penerbangan | Rifan Financindo

Pada bagian 121, pasal 547, dinyatakan bahwa yang bisa masuk ke dalam kokpit pesawat itu adalah: kru pesawat, pelaku inspeksi yang ditunjuk oleh maskapai, pegawai pemerintah, pemegang sertifikat khusus, atau siapapun yang diizinkan oleh pilot yang memegang kendali dan telah diberikan otorisasi dari manajemen dan perusahaan maskapai penerbangan.Di peraturan CASR 121 menjelaskan lebih detail orang-orang yang bisa masuk ke dalam kokpit pesawat seperti inspektur pengangkut udara atau perwakilan resmi yang sedang memeriksa atau mengamati operasi penerbangan, pengatur lalu lintas udara yang diberi wewenang untuk memperhatikan prosedur Air Traffic Control.

Perwakilan bagian teknis dari pabrik pembuat pesawat terbang atau komponennya yang tugasnya terkait langsung dengan pemantauan pesawat terbang atau peralatan operasi dalam penerbangan. Semua personel tersebut mesti memiliki sertifikat di bidang penerbangan dan mendapatkan izin dari pihak yang berwenang.”(Aturan kokpit) demi keselamatan dan keamanan penerbangan memang diatur ketat,” kata Alvin.
Ia menambahkan bahwa aturan ada karena menyangkut nyawa ratusan orang di dalam pesawat. Selain ini, lanjutnya, aturan tersebut diharapkan agar pilot dan kopilot jangan sampai terganggu konsentrasinya.

Kokpit adalah salah satu bagian pesawat yang biasa diisi oleh pilot dan kopilot. Di kokpit, pilot dan kopilot mengatur jalannya pesawat mulai dari proses lepas landas hingga mendarat di bandara tujuan.Baru-baru ini ada sebuah laporan mengenai pilot Lion Air yang membawa masuk keluarganya di kokpit pada penerbangan rute Denpasar-Jakarta, Selasa (23/5/2017) dengan nomor penerbangan JT 015. Bolehkah penumpang pesawat masuk ke dalam kokpit saat pesawat mengudara?

Pengamat penerbangan, Alvin Lie mengatakan hanya orang-orang tertentu yang boleh masuk ke dalam kokpit saat pesawat mengudara. Orang-orang tersebut seperti personel yang berlisensi pilot atau instruktur pilot.”Kedua (personel) berlisensi teknisi penerbangan, inspektur penerbangan, dan petugas maskapai yang ditunjuk,” kata Alvin saat dihubungi KompasTravel, Kamis (25/5/2017).Menurutnya, personel yang bisa masuk tersebut juga mesti mendapatkan izin dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. Aturan tentang kokpit tersebut juga diatur dalam Civil Aviation Safety Regulation (CASR) yang dikeluarkan oleh Departemen Perhubungan pada tahun 2009.

Rifan Financindo 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s