Uncategorized

BPH Migas kumpulkan stakeholder bahas rencana penetapan harga gas di 6 kota

(BPH Migas) mengumpulkan berbagai stakeholder | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifan Financindo Berjangka

Keempat, Kabupaten Lampung, RT 1 dikaji pada angka Rp 4.450 per metrik dan RT 2 di angka Rp 6.200 per metrik dengan badan usaha penyedia adalah PGN. Kelima, Kabupaten Mojokerto untuk RT 1 akan dikaji pada angka Rp 4.350 per metrik dan RT 2 pada angka Rp 6.100 per metrik dengan badan penyedia Pertagas Niaga.

Sementara itu, Kabupaten Samarinda untuk RT 1 akan dikaji pada angka Rp 4.400 per metrik dan RT 2 pada angka Rp 6.200 dengan badan penyedia Pertagas Niaga. “Angka angka ini masih dievaluasi dengan memperhitungkan pembiayaan investasi dan pengembangan infrastruktur jargas,” jelas Hari.

Dalam kesempatan tersebut, BPH migas memberi evaluasi harga gas di 6 kota. Pertama, Muara Enim dikaji pada angka Rp 4.750 per metrik untuk Rumah Tangga kurang mampu (RT 1) dan untuk Rumah tangga mampu (RT 2) dikaji pada harga Rp 6.650 per metrik dengan Pertagas Niaga sebagai badan penyedia.

Kedua, Kabupaten Pali untuk RT 1 dikaji pada angka Rp 4.750 per metrik dan RT 2 dikaji pada angka Rp 6.650 per metrik dengan badan penyedia gas dilakukan oleh Pertagas Niaga. Ketiga, Kabupaten Musi Banyuasin untuk RT 1 dikaji pada angka Rp 4.900 per metrik dan RT 2 dikaji pada angka Rp 6.850 per metrik dengan badan penyedia PGN.

“Melalui pertemuan hari ini dalam rangka penetapan harga gas rumah tangga, kepentingan semua stake holder akan diakomodir,” ujar Hari di Gedung BPH Migas, Jakarta, Rabu (24/1).

Rapat dengar pendapat tersebut, dihadiri oleh perwakilan PT PGN (Persero), perwakilan PT Pertagas Niaga, perwakilan pemerintah daerah dari 6 Kota/Kabupaten serta komite BPH Migas.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mengumpulkan berbagai stakeholder terkait dalam mengkaji rencana penetapan harga gas bumi untuk rumah tangga di 6 Kabupaten/Kota, antara lain Muara Enim, Pali, Mojokerto, Samarinda, Musi Banyuasin dan Lampung.

Komite BPH Migas, Hari Pratoyo mengatakan, penentuan harga gas bumi bagi rumah tangga akan mempertimbangkan kepentingan seluruh pihak. Di antaranya kepentingan badan usaha, pengembangan jaringan pemerintah dan kemampuan daya beli konsumen (masyarakat).

BPH Migas Kaji Ulang Harga Gas Bumi di 6 Kota | PT Rifan Financindo Berjangka

BPH Migas mendengarkan masukan dari seluruh pihak. Selain mempertimbangkan kepentingan dari badan usaha, BPH migas juga menimbang kemampuan daya beli konsumen di masing-masing daerah.

“Pada prinsipnya semua operation maintenance di badan usaha nilainya sama yang membedakan adalah sumber gasnya. Jadi kita tidak melihat biaya operas, yang membedakan harga sumber gas di wilayah sumur yang berada di kabupaten,” kata dia.

BPH migas tupoksinya menetapkan harga. Harga sudah dievaluasi sedemikian rupa terkait dengan beberapa aspek variabelnya yang diharapkan mendapatkan nilai optimum bagi semua pihak. Karena gas bumi tidak mudah dibawa dan langsung digunakan. Sehingga perlu infrastruktur yang betul comfirm sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas,” ujarnya di Kantor BPH Migas, Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Dalam kesempatan tersebut, BPH Migas mengundang stakeholder terkait termasuk dari pemerintah kabupaten/kota, PT Perusahaan Gas Negara (PGN), PT Pertagas Niaga, dan lembaga perlindungan konsumen, YLKI.

Kemudian, usulan tersebut dievaluasi oleh BPH Migas mengacu kepada Peraturan BPH Migas No.22/P/BPH Migas/VII/2011 tentang perhitungan harga berbasis pembiayaan/investasi pembangunan dan pengembangan infrastruktur jaringan gas.

( Baca : Ini 4 Subholding yang Akan Dimiliki Holding BUMN Migas )

Komite BPH Migas Hari Pratoyo mengatakan bahwa sebelum menetapkan harga gas bumi untuk rumah tangga perlu adanya keterbukaan bagi seluruh stakeholder terkait, baik dari pemerintah kabupaten/kota, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun lembaga. Sebelumnya, tiap kabupaten/kota serta pihak BUMN mengajukan harga kepada BPH Migas.

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) telah mengeluarkan hasil evaluasi harga gas bumi untuk rumah tangga di enam kabupaten/kota. Adapun keenam kota tersebut meliputi Muara Enim, Pali, Mojokerto, Samarinda, Musi Banyuasin, dan Lampung.

 

Ini 4 Subholding yang Akan Dimiliki Holding BUMN Migas | PT Rifan Financindo Berjangka

 

“Kami sedang susun rencana jangka panjang Pertamina , nanti di sana akan ada gambarannya,” ujarnya.

Adapun, saat ini pembentukan holding BUMN Migas sudah tinggal menunggu rancangan peraturan pemerintah yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia.

Pada 25 Januari 2018, Perusahaan Gas Negara (PGN) juga akan melakukan rapat umum pemegang saham (RUPS) luar biasa untuk memutuskan pengalihan saham pemerintah di PGN kepada Pertamina.

Nanti, ada empat subholding BUMN Migas yang dibuat sesuai dengan bidang anak usaha Pertamina dan PGN,” ujarnya dalam jumpa media pada Selasa (23/1).

Nike mengatakan, empat subholding itu antara lain, bidang hulu upstream, bidang pengolahan yang terdiri dari refinery dan petrokimia, bidang pemasaran dan ritel, dan bidang gas.

“Nantinya, subholding yang pertama terbentuk adalah subholding gas,” ujarnya.

Dia melanjutkan, subholding lainnya masih belum ditentukan target bisa dirampungkannya.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara bersama PT Pertamina (Persero) mematangkan konsep holding BUMN Migas. Nantinya, dalam holding BUMN Migas akan terdiri empat subholding.

Direktur Sumber Daya Manusia Pertamina Nike Widyawati mengatakan, holding BUMN Migas nantinya bersifat strategis sehingga di bawahnya nanti akan ada beberapa subholding yang akan mengakomodir anak usaha perseroan dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

 

PT Rifan Financindo Berjangka

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s