PT Rifan Financindo Berjangka · PT Rifan Financindo Berjangka

Honda CR-V, Primadona SUV Indonesia

PT Honda Prospect Motor (HPM) ini menarik minat pecinta otomotif SUV di Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo Berjangka

Selain CRV, penjualan yang tak kalah moncernya adalah di segmen Low SUV , hatchback dan city car. Honda HR-V, BR-V dan CR-V telah terjual 76.918 unit (2017) dan menguasai pasar hingga 46,2 persen (LSUV+SUV) di Indonesia. HR-V 1.5 market leader di LSUV dengan penjualan 33.386 unit dan BR-V 21.932 unit. Sementara CR-V mencatatkan 15.905 unit dan HR-V 1.8 5.695 unit untuk SUV.

Untuk segmen hatchbac, Honda Jazz dan Civic terjual 17.574 unit atau 52 persen dari total pasar hatchback. Jazz jadi market leader dengan raihan 16.100 unit, sedangkan Civic 1.474 unit. Sedangkan di segmen city car, Brio RS menyumbangkan 10.580 unit dengan pangsa pasar 33 persen. Sedangkan Brio Satya dominan dengan 43.378 unit, menguasai 18 persen pasar LCGC 5 seater. Brio Satya juga mendapat status sebagai produk terlaris Honda tahun lalu. Penjualannya meningkat 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Apa saja keunikan generasi kelima Honda CR-V ini? Untuk pertama kalinya Honda memperkenalkan varian yang mengusung mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dream Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm, serta torsi maksimal 24.8 Nm pada 2000 – 5000 rpm. Mesin VTEC Turbo adalah penyempurnaan dari versi konvensional, di mana mesin memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam cylinder head, sehingga kemampuan pembakaran meningkat dan menghasilkan tenaga maksimal dengan bahan bakar efisien.

Dalam siaran persnya di Jakarta (23/1/2018), HPM menyebutkan bahwa sejak generasi pertama Honda CR-V diluncurkan di Indonesia tahun 2000 hingga kini telah mencatat total penjualan terbanyak di kelasnya, yaitu 188.281 unit. “Sejak generasi pertama hingga generasi kelima, Honda CR-V telah diakui sebagai mobil global yang memiliki reputasi baik di seluruh dunia karena menawarkan desain tangguh namun penuh gaya, teknologi terdepan di kelasnya, hingga mesin dengan tenaga besar namun tetap efisien,” kata Jonfis Fandy, Marketing and After Sales Service Director HPM.

Penjualannya cukup bagus dan tahun lalu.. Honda CRV generasi ke-5 ini diluncurkan pada April 2017 dan berhasil membukukan penjualan sebanyak 15.095 unit atau naik dua kali lipat dari penjualan tahun sebelumnya (2016) sebesar 7.853 unit. Torehan penjualan ini cukup signifikan dalam menyumbang total penjualan Honda sebesar 186.859 unit. Capaian tersebut tidaklah mengherankan bila Honda CR-V merupakan primadona SUV dicatat sebagai mobil SUV dengan penjualan tertinggi sepanjang masa di Indonesia.

Sejak kemunculannya pertama kali tahun 2000, Honda CRV– mobil sport kompak serba guna — andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini menarik minat pecinta otomotif SUV di Indonesia.

( Baca : Belum Resmi Di-recall, Pengguna Mobil Honda Tidak Ditelepon )

Honda CR-V Jadi SUV Paling Laris | PT Rifan Financindo Berjangka

Karena menawarkan desain tangguh namun penuh gaya, teknologi terdepan di kelasnya, hingga mesin dengan tenaga besar tapi tetap efisien. Kehadiran Honda CR-V di Indonesia merupakan bentuk komitmen kami untuk menghadirkan produk SUV kelas dunia,” ungkap Jonfis Fandy dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/1/2018).

Sementara itu, New Honda CR-V yang mengaspal jalan pada April 2017 juga mendapat apresiasi positif. Terjadi peningkatan penjualan model tersebut hingga dua kali lipat dibanding 2016, yaitu dari 7.853 unit menjadi 15.905 unit di tahun 2017. Jumlah penjualan 2017 ini semakin memantapkan posisi Honda CR-V sebagai SUV dengan jumlah penjualan tertinggi sepanjang masa di Indonesia.

Selain diakui di tingkat nasional, Honda CR-V juga mendapatkan penghargaan di beberapa negara, di antaranya 2017 Wardsauto Award for High Quality Interior di Australia, Car of the Year dari Carsifu di Malaysia dan Utility Vehicle of the Year dari Autoguide di Amerika.

Marketing and After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy mengatakan, sejak generasi pertama hingga generasi kelima, Honda CR-V telah diakui sebagai mobil global yang memiliki reputasi sangat baik di seluruh dunia.

Mesin VTEC Turbo adalah penyempurnaan dari versi konvensional, di mana mesin memanfaatkan gas buang untuk memadatkan udara masuk ke dalam cylinder head. Sehingga kemampuan pembakaran meningkat dan menghasilkan tenaga maksimal dengan bahan bakar efisien.

Teknologi mesin turbo yang membuat bobot mesin lebih ringan dan lebih bertenaga telah diakui dengan meraih penghargaan Innovation Award 2017 dari SINDO untuk kategori Inovasi Teknologi.

Sejak diperkenalkan di Indonesia, Honda CR-V juga telah meraih banyak penghargaan, termasuk dinobatkan sebagai Car of The Year 2017 oleh Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT).

Generasi pertama Honda CR-V meluncur di Indonesia pada tahun 2000 dan hingga kini telah mencatat total penjualan terbanyak di kelasnya, yakni 188.281 unit. Sebagai model global, Honda CR-V juga telah tercatat sebagai produk Sport Utility Vehicle atau SUV terlaris di berbagai negara.

Salah satunya, Honda CR-V merupakan SUV dengan penjualan tertinggi di Amerika Serikat selama 20 tahun berdasarkan total penjualan kumulatif sejak tahun 1997 hingga September 2017. Hingga saat ini, Honda CR-V telah dipasarkan di 130 negara dengan penjualan lebih dari 8,7 juta unit di seluruh dunia.

Generasi kelima Honda CR-V untuk pertama kalinya memperkenalkan varian yang mengusung mesin 1.5 Liter DOHC Direct Injection VTEC Turbo with Earth Dreams Technology yang menghasilkan tenaga maksimal 190 PS pada 5600 rpm. Sekaligus torsi maksimal 24.8 Nm pada 2000-5000 rpm sebagai yang terbesar di kelasnya.

 

‘Recall’ Honda Gara-gara Master Rem Pernah Terjadi di 2013 | PT Rifan Financindo Berjangka

Kondisi terburuk saat pedal rem diinjak, namun bagian brake pad malah tidak ‘mengigit’ disc (lempengan besi). Mobil pun melaju tanpa bisa dihentikan.

Pihak Honda sendiri tidak menerima laporan kecelakaan terkait dengan masalah tersebut. Saat itu Honda mengatakan bahwa pihaknya mengganti seluruh komponen yang rusak mengutip abc7.com.

Sementara sekitar 70.000 unit dijual di Jepang, dan di luar pasar AS lain, Honda harus melakukan penarikan untuk Honda Edix 2006-2007, Honda Mobilio 2006, Honda Spike 2006, Honda Air Wave 2005-2006, Honda Stream 2006 dan Honda Integra 2005-2006.

Perusahaan mengatakan beberapa bagian master rem tidak dibuat sesuai spesifikasi sehingga potensi menimbulkan kecelakaan. Rem memang komponen vital pada kendaraan.

Pada sistem rem hidrolik ini relatif kompleks dan perlu perawatan. Apabila terjadi kebocoran pada selang atau sambungan-sambungan penyalur fluida, maka akan menggangu kinerja dari sistem rem hirolik.

Honda pernah dihadapi dengan masalah rem pada 2013. Kasus itu sendiri meliputi booster rem atau master rem yang belakangan menjadi fokus utama pihak PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia.

Akibat masalah master rem tersebut, merek asal Jepang itu harus menarik sebanyak 104.500 unit di dunia, selanjutnya diperbaiki.

Di Amerika Serikat, perusahaan berlogo ‘H’ itu harus menarik lebih dari 18.000 unit Acura RSX mulai pembuatan tahun 2006-2007, dan mobil sport Honda S2000 mulai 2006 sampai 2007.

 

PT Rifan Financindo Berjangka

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s