PT Rifanfinancindo Berjangka

Garuda Indonesia Juga Dukung Pramugari ke Aceh Gunakan Jilbab dan Busana Muslim

Pramugari Garuda berjilbab, khusus penerbangan Haji | PT Rifan Financindo Berjangka

PT Rifanfinancindo Berjangka

Surat yang ditanda tangani oleh Bupatu Aceh Besar tersebut ditujukan kepada GM Garuda Indonesia, GM Lion Air, GM citylink, GM Batik Air, GM Sriwijaya Air, GM Wings Air, GM Air Asia dan GM Firefly.

“Kepada pramugari diwajibkan mengenakan Jilbab/busana Muslimah yang sesuai dengan syariat Islam,” ujar Mawardi dalam surat yang kini beresar luas di dunia maya.

Kepada pihak maskapai juga diminta untuk mematahui peraturan dan undang-undang syariat Islam yang berlaku di wilayah Aceh secara umum dan Aceh Besar Khususnya.

Terkait dengan penerapan, Ihksan mengaku belum dapat memastikannya. “Kalau masalah itu kita belum tau kapan, karena menyangkut tehnis dan sedang dibahas. Prinsipnya kita tetap mendukung,” tegasnya.

Seperti diketahui, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, menyurati sejumlah maskapai penerbangan yang membuka rute ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar.

Dalam surat bertanggal 18 Januari 2018 itu, Mawardi Ali meminta kepada seluruh pramugari perusahaan penerbangan untuk menggunakan busana muslimah.

Kata dia, saat ini pihak Garuda Indonesia sedang membahas masalah tehnis untuk mengaplikasikan hal tersebut. “Saat ini kita sedang membahasnya. Kita tetap menyerap kearifan lokal,” tambah Ikhsan.

Penegasan itu disampaikan Senior Manager Public Relation Garuda Indonesia Ikhsan Rosan, saat dikonfirmasi pikiranmerdeka.co, Senin (29/1) malam, terkait imbauan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, yang meminta pramugari maskapai penerbangan yang membuka rute ke Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, untuk mengenakan jilbab.

“Kita sudah menerima surat beberapa hari lalu. Intinya kita tetap mendukung penuh apa yang menjadi kebijakan dan kearifan lokal,” kata Ikhsan Rosan, saat dihubungi via selularnya.

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia juga menyatakan dukungannya terhadap imbauan Bupati Aceh Besar Mawardi Ali, yang meminta pramugari setiap maskapai dari dan ke Aceh untuk mengenakan jilbab serta pakaian muslimah.

Garuda Taati Imbauan Bupati Aceh Besar soal Pramugari Diwajibkan Berbusana Muslimah | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Surat tersebur dikeluarkan Mawardi, berlandaskan ketentuan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Aceh, Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam di bidang Aqidah, Ibadah, dan Syiar Islam dan Undang-Undang 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Aceh Besar Mawardi Ali mewajibkan para pramugari di setiap maskapai penerbangan rute Aceh untuk mengenakan jilbab. Surat edaran itu bernomor 451/65//2018 yang ditandatangani Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, 18 Januari 2018.

Dikatakan Sugiyono, pada prinsipnya maskapai Garuda Indonesia akan menaati qanun yang berlaku di Negeri Serambi Mekkah ini. Namun, menyangkut pelaksanaa harus menunggu arahan dari Jakarta. Selama ini, baru pesawat mengangkut jamaah umrah yang pramugari berjilbab.

“Kalau yang reguler belum. Karena ini menyangkut beberapa unit yang terkait di Garuda,” ujarnya.

“Iya, surat (imbauan mengenakan jilbab) baru kita terima beberapa hari yang lalu dan langsung kita teruskan ke manajemen pusat Jakarta,” kata General Manajer Garuda Indonesia Cabang Aceh, Sugiyono saat dimintai konfirmasi, Selasa (30/1/2018).

Bupati Kabupaten Aceh Besar, Mawardi Ali mengeluarkan himbauan agar pramugari di setiap maskapai yang masuk ke wilayah Aceh Besar wajib mengenakan busana muslimah atau berhijab.

Menanggapi imbauan itu, pihak maskapai Garuda Indonesia akan menaati aturan yang belaku di daerah Aceh. Untuk pelaksanaannya, mereka harus menunggu terlebih dahulu arahan dari pusat.

( Baca : Di Aceh Pramugari Batik Air Sudah Kenakan Jilbab )

 

Bupati Imbau Pramugari Berbusana Muslim saat Masuk Wilayah Aceh Besar | PT Rifan Financindo Berjangka

“Sehubung dengan hal tersebut, dipandang perlu untik mensinergikan sekaligus mendukung serta kerjasama untuk mencegah segala tindakan yang tidak sesuai dengan syariat islam, adat istiadat, dan etika masyarakat Aceh,” bunyi surat bersifat panting tersebut.

Dalam surat itu beberapa maskapai yang ditujukan seperti general manajer Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya, Air, Lion Air, Wings Air, Air Asia, Firefly. Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Pemkab Aceh Besar, M Basir membenarkan tentang surat tersebut dikeluarkan oleh pemerintah Aceh Besar, melalui dinas syariat Islam.

“Iya benar. surat dari Pemda Aceh Besar melalui dinas syariat islam leading (lintas) sektornya,” katanya.

Kepada pramugari diwajibkan untuk mengenakan jilbab dan busana muslim yang sesuai dengan syariat Islam. Kepada semua pihak supaya dapat bekeja sama dan mendukung pelaksanaan syariat islam di wilayah Aceh Besar,” bunyi surat tersebut.

Surat tersebur dikeluarkan Mawardi, berlandasakan ketentuan Undang-Undang Nomor 44 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Keistimewaan Provinsi Daerah Aceh, Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 11 tahun 2002 tentang Pelaksanaan Syariat Islam di bidang Aqidah, Ibadah, dan Syiar Islam dan Undang-Undang 11 Tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh.

Pemerintah Kabupaten Aceh Besar mengeluarkan himbauan perihal pemakaian busana muslimah bagi pramugari. Surat edaran itu bernomor 451/65//2018 yang ditandatangani Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali, 18 Januari 2018.

Dalam surat itu, Mawardi Ali meminta seluruh maskapai yang memasuki wilayah Aceh Besar agar mentaati segala peraturan dan undang-undang syariat Islam yang berlaku di wilayah tersebut.

PT Rifanfinancindo Berjangka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s