Rifan Financindo

Terus Merugi, Distributor Clarks Tutup Semua Gerai Tahun Ini

Penggemar merek sepatu asal Inggris Clarks siap-siap kecewa | PT Rifan Financindo Berjangka

  Rifan Financindo

 

Anjloknya penjualan hingga 60% per bulan disertai dengan peningkatan biaya operasional menyebabkan kinerja keuangan perusahaan terus tertekan. Selain itu, jumlah gerai perusahaan juga terus mengalami penyusutan dari semula berjumlah 25 gerai menjadi tinggal 10 gerai per Januari 2018.

“Dengan melihat kondisi tersebut, maka jajaran direksi memutuskan untuk stop. Baik untuk penjualan toko offline maupun online tidak akan kami lakukan, karena online pun hanya berkontribusi sekitar 10% terhadap penjualan,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan Katadata, sejumlah gerai Clarks di mall dan pusat perbelanjaan sudah menggelar berbagai diskon untuk semua produknya. Diskon diberikan dengan persentase antara 20% hingga 70% untuk menarik minat pembeli.

Ruby menuturkan pada tahap awal, sebanyak 3 unit gerai Clarks akan mulai ditutup per akhir Februari 2018. Gerai tersebut antara lain berlokasi di Mall Paris Van Java Bandung, Tunjungan Plaza Surabaya dan Mall AEON Serpong. Kemudian menyusul penutupan 3 gerai Clarks lainnya di Grand Indonesia, Senayan City serta Mall Kelapa Gading pada Maret 2018.

Adapun enam gerai lain yang antara lain berlokasi di Sumarecon Bekasi, Pondok Indah Mall, Galaxy Surabaya dan Puri Indah hingga kini masih dalam proses negosiasi dan dipastikan akan segera tutup sebelum akhir tahun.

Ruby mengungkapkan alasan dibalik penutupan gerai Clarks ini disebabkan oleh kerugian yang terus menerus dialami perusahaan sejak akhir 2015.

PT Anglo Distrindo Antara, distributor tunggal Clarks di Indonesia saat dikonfirmasi Katadata membenarkan perihal kabar tersebut. Manajemen menuturkan akan menutup seluruh gerai sepatu tersebut mulai 28 Februari 2018.

“Betul, kami akan tutup semua gerai secara bertahap di 2018. Hanya saja masih ada beberapa gerai hingga saat ini masih dalam proses negosiasi dan pembicaraan awal dengan pihak mall tapi semuanya akan berakhir di tahun ini,” ungkap Manajemen PT Anglo Distrindo Antara Ruby kepada Katadata, Selasa (30/2/2018).

Penggemar merek sepatu asal Inggris Clarks siap-siap kecewa. Distributor resmi Clarks Indonesia memastikan akan menghentikan kegiatan penjualan serta menutup seluruh gerainya di Indonesia pada tahun ini secara bertahap.

Kabar mengenai penutupan gerai bisnis sepatu premium ini sebelumnya sudah tersebar lewat akun Instagram Clarks.id. Dalam akun tersebut, tertulis postingan berlatar hitam dengan kalimat “Sorry We’re Permanently Closed!”.

 

Jelang Tutup Lapak, Konsumen Berburu Sepatu ‘Diskonan’ Clarks | PT Rifan Financindo Berjangka

 

“Diskon ini dalam rangka clearance (cuci gudang) dan closing (penutupan) kan,” terang Aldi, salah satu pelayan toko Clarks di Grand Indonesia.

Gelaran diskon ini dimulai sejak awal Januari dan akan berakhir pada 28 Februari 2018 nanti.

“Kalau ada diskon pasti saya mampir,” terang Armein.

CNNIndonesia.com sempat menyambangi gerai sepatu Clarks di Grand Indonesia. Dari pantauan, Clarks membanderol harga sepasang sepatu wanita mulai dari Rp350 ribu hingga Rp1,45 juta setelah diskon.

Sementara, untuk sepatu laki-laki, harganya dibanderol mulai dari Rp800 ribu – Rp1,75 juta setelah diskon.

Sementara itu, pengunjung lainnya, Armein (49 tahun) mengaku berburu sepatu di gerai Clarks setelah mengetahui informasi diskon cuci gudang. Ia membeli sebanyak empat pasang sepatu untuknya dan anaknya.

( Baca : Diskon Besar-besaran, Gerai Sepatu Clarks Akan Tutup di Indonesia? )

Armein mengaku, penggemar setia Clarks. Ia sudah memakai sepatu bermerek Clarks sejak lama. Hanya saja, ia lebih sering memanfaatkan berbelanja di saat-saat diskon saja.

Iya saya memang suka beli di Clarks kalau ada disko. Saya sudah tahu dari dua pekan lalu soal diskon ini. Cuma baru sempat sekarang kesininya (gerai di GI),” ujarnya.

Jelang menyetop operasionalnya di Indonesia, gerai sepatu Clarks mulai ramai diburu sejumlah konsumen. Sepatu berlabel asal Inggris tersebut menggelar diskon besar-besaran hingga 50 persen.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Selasa (30/1), gerai sepatu Clarks di Grand Indonesia ramai dikunjungi konsumen sejak siang hari.

Tri (45 tahun), salah satu pengunjung mengaku sengaja berkunjung untuk memanfaatkan gelaran diskon cuci gudang Clarks. Dari perburuannya hari ini, ibu rumah tangga ini berhasil membawa pulang tiga pasang sepatu dan sepasang sandal.

 

Jelang Tutup Lapak, Gerai Sepatu Clarks Diskon ‘Gede-gedean’ | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Melalui sambungan telepon, salah satu petugas call center Anglo Distrindo Antara mengakui perusahaannya akan menghentikan operasional Clarks di Indonesia.

“Belum tutup semua. Baru sebagian,” imbuhnya singkat.

Saat ini, beberapa gerai yang masih melayani pelanggan, yaitu Pondok Indah Mall 2, Puri Indah Mall, Grand Indonesia, Senayan City, dan Kelapa Gading Mall 3.

Gelaran diskon ini telah dimulai sejak awal Januari dan akan berakhir pada 28 Februari 2018 nanti. Terkait penutupan, Aldi mengaku telah menerima informasi sebelumnya dari pihak manajemen.

Namun, ia sendiri belum menerima tawaran apapun terkait penyelesaian kewajiban dari manajemen apabila seluruh gerai setop beroperasi.

Sebagai informasi, hak merek sepatu bermodel konservatif ini dipegang oleh PT Anglo Distrindo Antara, sekaligus sebagai distributor. Perusahaan ini memegang hak Clarks sejak 2004 silam.

Di Indonesia, Clarks tercatat beroperasi melalui 10 gerai di berbagai pusat perbelanjaan di Indonesia, termasuk Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Namun, pembeli hanya bisa membayar seluruh transaksi menggunakan kartu debit, karena Clarks tidak melayani pembayaran tunai.

Jelang menutup lapaknya di Indonesia, Clarks menggelar diskon besar-besaran untuk seluruh barangnya. Pesta diskon gerai sepatu asal Inggris tersebut sekaligus dalam rangka cuci gudang.

“Diskon ini dalam rangka clearance dan closing (penutupan) kan,” ujar Aldi, salah satu pelayan toko Clarks di Grand Indonesia Mall, kepada CNNIndonesia.com, Selasa (30/1).

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, suasana gerai sepatu Clarks di Grand Indonesia relatif ramai. Di depan toko juga terpampang gelaran diskon hingga 50 persen.

 

Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s