PT Rifanfinancindo Berjangka

Presiden Jokowi terima delegasi Managing Director IMF

IMFNewes menyampaikan kegembiraannya bisa berkunjung kembali ke Indonesia | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo Berjangka

 

Lagarde melalui akun Twitter resmi IMF, @IMFNewes menyampaikan kegembiraannya bisa berkunjung kembali ke Indonesia. Sebelumnya, dia berkunjung ke Indonesia pada September 2015 lalu.

“Saya sangat senang kembali ke Indonesia untuk mengunjungi negara anda yang indah, berjumpa dengan masyarakat dan menikmati budaya yang sangat kaya dan beragam. Karena saya suka Indonesia,” ujar Lagarde pada Kamis (22/2).

Dia menambahkan kunjungan kali ini sangat penting mengingat Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, pada Oktober mendatang. “Ini adalah momen penting bagi Indonesia dan IMF,” ucapnya.

Adapun delegasi IMF yang hadir adalah Managing Director IMF Christine Lagarde, Director Asia Pacific Department IMF Changyong Rhee, Director Communication Department IMF Gerard Thomas Rice, Secretary of the IMF Jianhai Lin, Senior Resident Representative for Indonesia, John G. Nelmes, dan Division Chief for Indonesia Asia Pacific Department IMF Luis E. Breuer.

Hingga saat ini, pertemuan masih dilakukan. Namun belum diketahui apa yang dibahas.

Jokowi didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima delegasi Managing Director International Monetary Fund (IMF) di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/2). Pertemuan keduanya dilakukan pada pukul 10.00 WIB.

 Jokowi akan Ajak Direktur IMF Blusukan ke Pasar Hari Ini| PT Rifan Financindo Berjangka

 

Tak hanya bertemu, Presiden Jokowi rencananya akan mengajak Christine Lagarde bersama-sama meninjau pasar secara langsung alias blusukan.

“Blusukannya setelah pertemuan,” jelas Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi IstanaKepresidenan Bey Mahmudin saat dikonfirmasi wartawan, Senin (26/2/2018).

Namun tak dijelaskan lokasi pasti blusukan Jokowi dan Lagarde. Kabar yang beredar, keduanya akan blusukan ke Pasar Mayestik dan Tanah Abang.

Pastinya, ini bukan pertama kali Jokowi mengajak tamu negara blusukan ke pasar. Sebelumnya Jokowi pernah mengajak Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull dan Presiden Republik Filipina ‎Rodrigo Roa Duterte blusukan ke Pasar Tanah Abang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan bertemu dengan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund/IMF) Christine Lagarde di Istana Merdeka, Jakarta pada hari ini.

Pada pertemuan itu, Jokowi dan Lagarde akan membahas sejumlah hal terkait persiapan Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan tahunan IMF-Bank Dunia. Rencananya, acara besar ini akan diselenggarakan di Nusa Dua, Bali, pada Oktober nanti.

( Baca : Jokowi Ajak Bos IMF Blusukan ke Pasar dan Rumah Sakit )

 

Jokowi Terima Kunjungan Direktur IMF Christine Lagarde Hari Ini | PT Rifan Financindo Berjangka

Sebelumnya,Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pertemuan tahunan IMF-World Bank 2018 di Bali akan memakan anggaran sebesar Rp 868 miliar. Jumlah itu terdiri dari beberapa rincian seperti sewa hotel. “Dari jumlah tersebut yang digunakan betul adalah Rp 555 miliar, sedangkan Rp 243 miliar untuk menyewa hotel,” kata Luhut saat ditemui di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat, 25 Agustus 2017 lalu.

Luhut menuturkan sebenarnya pemerintah mengeluarkan uang sebesar Rp 655 miliar untuk infrastruktur dan cultural event. “Untuk hotel kan nanti pakai dana BI, nanti di-reimburse oleh orang yang menginap,” katanya.

Pertemuan yang akan diselenggarakan pada Oktober 2018 ini merupakan pertemuan rutin IMF-World Bank, di mana para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari 189 negara akan hadir, dan membicarakan tentang sektor keuangan dan perekonomian dunia. Diperkirakan pertemuan ini akan menghadirkan 15 ribu orang selama penyelenggaraan.

Kedatangan Lagarde turut mendapat komentar dari Wakil Ketua DPR dari Partai Gerindra, Fadli Zon. Melalui akun Twitter-nya, Fadli mengatakan pemerintah bermental Inlander. “IMF adalah institusi yg bikin hancur ekonomi RI 20 th lalu. Kini pemerintah menjamu besar2an IMF dg biaya Rp 1 Trilyun. Mental Inlander?,” ucapnya, kemarin.

Angka Rp 1 triliun yang disampaikan Fadli merupakan anggaran negara yang dikeluarkan untuk membiayaai pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia nanti.

Selain itu, kata dia, kunjungannya kali ini menjadi penting lantaran Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia, Oktober mendatang. “Ini adalah momen penting bagi Indonesia dan IMF,” ucap Lagarde.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menerima kunjungan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde di Istana Merdeka, Jakarta, hari ini, Senin, 26 Februari 2018. Lagarde pernah datang ke tanah air pada September 2015 lalu.

Lewat akun Twitter resmi IMF @IMFNewes, Lagarde menyampaikan kegembiraannya bisa datang kembali ke Indonesia. “Saya sangat senang kembali ke Indonesia untuk mengunjungi negara anda yang indah, berjumpa dengan masyarakat dan menikmati budaya yang sangat kaya dan beragam. Karena saya suka Indonesia,” katanya, Kamis, 22 Februari 2018.

 

PT Rifan Financindo Berjangka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s