Rifan Financindo

Pembalap AHM Kian Berprestasi untuk Indonesia

Astra Honda Motor (AHM) memperkuat komitmennya mencetak pembalap kelas dunia | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 Rifan Financindo

Kontribusi AHM dalam dunia balap Tanah Air juga diberikan dengan menggelar Honda Dream Cup di 7 kota dan One Make Race sport kelas 150cc dan 250cc. Di ajang balap nasional, dukungan AHM diberikan kepada 11 tim pada Kejurnas sport Indospeed Race Series dan 23 tim balap di ajang Motoprix.

Pada level Nasional, Astra Honda Racing Team (AHRT) berpartisipasi pada kejuaraan nasional balap 250cc. Mengandalkan performa tinggi Honda CBR250RR yang berhasil mengantarkan Rheza Danica juara Nasional pada tahun lalu, AHRT berupaya mempertahankan kebanggaan tersebut bersama
Awhin Sanjaya, Mario Suryo Aji dan Mohammad Adenanta Putra.

Dalam memulai pembinaan balap sejak dini, AHM meneruskan komitmen pembinaan paling dasar dalam mencari dan mendidik bibit-bibit balap usia di bawah 16 tahun melalui program Astra Honda Racing School (AHRS). AHM juga memperkuat program latihan pebalap dengan menghadirkan Honda CBR250RR dan Honda CBR150R sebagai sarana pembelajaran.

Tahun ini, AHM juga turut memperkuat pembinaan dasar tersebut dengan melengkapi fasilitas dan mendukung proses pembelajaran bagi para siswa AHRS di kelas 250cc. Fasilitas diberikan mulai dari transportasi keberangkatan dan akomodasi mereka sampai dengan kebutuhan pelatihan di lintasan selama pelatihan berlangsung seperti motor balap, seragam balap, sepatu balap, helm balap dan sarung tangan.

“Pembinaan balap berjenjang AHM memberikan langkah strategis bagi pembalap mencapai tujuannya dan menjadi kebanggaan bangsa di dunia balap. Kami senang hingga saat ini mampu menemani dan memaksimalkan potensi pembalap muda Tanah Air serta mencetak beragam prestasi membanggakan. Kami harap, semangat Satu Hati untuk Indonesa juara dapat menginspirasi generasi muda lain tidak hanya di dunia balap saja namun juga hal lainnya untuk berprestasi sampai level dunia,” ungkap Thomas dalam keterangan tertulisnya kepada Uzone.id pada Senin (26/2/2018).

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan upaya mencetak pembalap level dunia memerlukan langkah terstruktur dan sistematis, mulai dari pencarian bakat sampai dengan memberikan pelatihan untuk memperkuat potensinya. Untuk itu, AHM menyediakan sarana melalui berbagai program balap, mulai dari sekolah balap untuk talenta di usia dini hingga mencapai kejuaraan balap bergengsi seperti CEV International Championship.

Dengan mengusung semangat Satu Hati untuk Indonesia juara, pembinaan balap berjenjang menjadi komitmen besar AHM yang diimplementasikan secara berkesinambungan sejak 2013. Hingga kini, pembinaan tersebut telah berhasil melahirkan pembalap-pembalap berbakat yang mengukir prestasi maupun sejarah baru yang membanggakan bagi Indonesia di berbagai kejuaraan. Hal ini merupakan hasil tempaan para pembalap baik dalam kompetensi balap, kekuatan fisik dan mental di berbagai kejuaraan balap tingkat nasional maupun internasional.

PT Astra Honda Motor (AHM) memperkuat komitmennya mencetak pembalap kelas dunia melalui dukungan di berbagai kejuaraan balap dan peningkatan kompetensi pembalap pada program penjenjangan terstruktur. Program ini merupakan konsistensi strategi AHM dalam mempercepat terwujudnya mimpi generasi muda Indonesia mengukir prestasi di arena balap dunia.

 

Penjualan New Kawasaki Ninja 250 Meroket di Januari 2018! | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Nah, peringatan keras nampaknya didapatkan oleh pihak Yamaha, karena produk mereka agaknya selalu berada di posisi akhir dalam penjualan di segmen ini. Yamah R25 hanya mampu membukukan 78 unit saja pada bulan Januari 2018 ini. Catatan ini bisa berarti dua hal, memang produk Yamaha ini sepi peminat atau malah pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah mempersiapkan jalan bagi sang suksesor dari Yamaha R25 yang kini masih dijual. Yang jelas menurut data AISI, memang penjualan motor di segmen sport 250cc ini masih belum sebaik tahun – tahun sebelumnya yang menembus angka diatas 1.500 unit di bulan pertama setiap tahunnya.

Lalu apakah New Kawasaki Ninja 250 yang hadir dengan harga yang termahal dengan fitur yang diusungnya mampu bertahan di bulan – bulan berikutnya? Kita nantikan saja bagaimana perjalanannya. Tetapi yang jelas pastinya pihak Honda dan Yamaha tak mau diam saja dengan kondisi ini kan? Bagaimana menurut kalian, Yuk sampaikan pendapat kalian kawan.

Mungkin iya, mungkin tidak. Bagaimana kami bisa berbicara seperti itu? Yang jelas, memang produk ini masih baru, namun memang kenyataannya brand image yang tertanam pada Kawasaki Ninja 250 sebagai motor kencang di segmen 250cc memang masih kuat. Oiya, secara umum, New Kawasaki Ninja 250 sendiri terkirim sebanyak 890 unit di bulan januari 2018 silam, naik sebanyak 36% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya walaupun belum bisa mengungguli tahun 2015 dan 2016 silam. Nah, di posisi kedua ada Honda CBR250RR yang tercatat 307 unit, alias turun drastis dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1.408 unit kala itu.

Nah, kala kami mengabarkan perkara Inden New Kawasaki Ninja 250 yang cuma 150-an unit, pihak KMI memang baru memulai produksi dan distribusi dari New Kawasaki Ninja 250. Dan begitu produksi dan distribusi dari motor 250cc andalan mereka ini dimulai, penjualan (wholesales) dari motor ini sendiri bak sebuah boost yang membuatnya kembali bertengger di posisi satu dalam hal penjualan motor sport berkubikasi 250cc. Bahkan sang lawan terdekat yaitu Honda CBR250RR yang sebelumnya mampu bersaing ketat dengan Kawasaki Ninja 250 lawas kini harus menyerah dengan selisih penjualan mencapai 500 unit lebih. Apakah ini hanya euforia karena New Kawasaki Ninja 250 masih baru?

Pada awal tahun 2018 kemarin kami sempat sangsi dengan kondisi penjualan dari New Kawasaki Ninja 250, karena angka indennya yang kecil jika dibandingkan dengan pamor dari nama Kawasaki Ninja 250. Nah, namun nampaknya pihak Kawasaki Motor Indonesia (KMI) bisa menjawab dengan capaian yang impresif di bulan Januari 2018 kemarin.

Ditanyakan Soal CBR250RR yang Digeser Ninja 250, Honda Bungkam | PT Rifan Financindo Berjangka

 

“Hal ini dikarenakan kondisi ekonomi dan perpajakan yang cukup memengaruhi di segmen ini, untuk melakukan pembelian, penggantian atau penambahan motor sport high baru, sehingga cenderung bertahan atau menunda pembelian motor sport high,” kata Thomas, Minggu (25/2/2018).

Sementara Michael Chandra Tanadhi, Deputy Head Sales & Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengatakan di awal tahun 2018 kalau mereka optimistis bakal semakin dominan di kelas fairing 250cc dengan modal baru, generasi ketiga Ninja 250.

Model tersebut sudah mulai diproduksi pada Januari 2018. Kawasaki Indonesia bahkan mematok target penjualan sampai 15.000 unit pada tahun ini atau naik dua kali lipat dari hasil 2017.

Produknya digebuk habis Kawasaki Ninja 250, pihak Astra Honda Motor ( AHM) yang diwakili Thomas Wijaya, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM), tidak mau mengeluarkan pernyataan atau menjawab pertanyaan terkait hal tersebut.

( Baca : All New Honda CB150 Verza Segera Hadir di Makassar )

Dirinya hanya berkomentar terkait pasar sport yang kondisinya yang sedang mengalami pelemahan mulai 2017. Sementara pada 2018, Thomas memproyeksi kalau performanya juga cenderung stabil rendah.

Cerita pasar sport fairing 250 cc di awal tahun ini dimulai dengan kembalinya Ninja 250 duduk di kursi “raja”. Produk andalan Kawasaki ini berhasil membukukan distribusi mencapai 890 unit. Perolehan ini jauh melampaui CBR250RR besutan Honda yang hanya memeroleh 307 unit dan Yamaha R25 sebanyak 78 unit saja.

Bahkan, kedua merek tersebut mengalami penurunan lebih dari 50 persen dibanding Januari 2017, masing-masing 78,20 persen dan 71,94 persen.

Rifan Financindo

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s