PT Rifan Financindo

Xpander Diyakini Masih Pikul Beban Berat

Mitsubishi Xpander berhasil menyalip penjualan wholesales Avanza | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

PT Rifan Financindo

Untuk diketahui, berdasarkan data Gaikindo 2017 untuk segmen low MPV memang masih terbilang gemilang ketimbang segmen lainnya. Sepanjang tahun 2017, penjualan low MPV tersebut mencapai 253.808 unit.

Sementara SUV, dari 12 bulan penjualan perolehannya sebanyak 73.374 unit. Sedangkan segmen sedan hanya berada di angka 7.970 unit untuk periode yang sama. Itu pun dijumlah dari tiga empat kelas sedan yaitu mini, small, medium dan high.

Alasan tersebut karena melihat pasar yang lebih besar masih didominasi segmen low MPV. Selain itu pasar yang dinilainya potensial juga terpantau berada pada mobil sport utility vehicle (SUV) dan pikap kabin ganda.

“Kami masuk di kuenya yang besar dulu itu kan SUV kuenya cukup besar, terus double cabin-nya juga,” ujar dia.

Sementara itu pihak MMKSI belum memutuskan kembali merangsek ke pasar sedan menyusul rencana pemerintah yang akan mengharmonisasi pajak sedan dalam negeri.

“Sedan ada potensi, tapi lihat data Gaikindo kecil sekali. Sekarang kan segmen tren kan SUV,” tegas Imam.

Mitsubishi sendiri memastikan hingga kini masih ingin memanfaatkan produk yang ada untuk meningkatkan pangsa pasar. Pabrikan Jepang itu sampai kini belum berniat menyegarkan Xpander, atau menghadirkan model baru di atas Xpander.

“Saat ini sih belum (untuk bermain di kelas medium MPV),” ucap Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran MMKSI Imam Choeru Cahya.

“Ya tapi itu baru satu bulan ya, masih panjang nih. Kalau cuma satu bulan kami wait and see, dan melihat bulan berikutnya,” tukas dia.

Dikatakan Irwan, Xpander yang mematahkan posisi puncak Avanza selama 14 tahun terakhir dalam kurun waktu enam bulan memang merupakan prestasi gemilang, namun untuk mempertahankan posisi puncak diperlukan strategi yang matang.

“Bahwa oke Xpander sukses. Tapi ini baru mulai, karena target kami tidak hanya sukses di awal. Dan tahun ini kami akan mulai mengoptimalkan sales (penjualan). Dan tidak kalah penting lagi adalah aftersales,” tegas Irwan.

Mudah-mudahan masih sama bagusnya (selama Maret 2018), kami usahakan naik. (Untuk kembali ungguli Avanza), kami belum tahu itu,” kata Irwan di Cikupa, Tangerang, kemarin.

Mitsubishi dijelaskan Irwan tidak ingin jemawa melihat MPV Xpander sukses malampui Avanza bulan lalu. Menurutnya, pencapaian tersebut belum bisa masuk hitungan mengingat ‘perang’ di segmen low MPV masih akan terus berlanjut.

Mitsubishi Xpander berhasil menyalip penjualan wholesales Avanza pada Februari 2018. Xpander mencapai 7.400 unit, sedangkan Avanza cuma 6.773 unit. Berdasarkan data Gaikindo, sejak pertama diluncurkan pada Agustus 2017 total surat pemesanan kendaraan (SPK) Xpander mencapai 55.000 unit per Maret 2018.

( Baca : Polri Tunda Penerapan Tilang Ganjil Genap di Gerbang Tol Bekasi )

Direktur Penjualan dan Pemasaran MMKSI Irwan Kuncoro berharap penjualan Xpander bulan ini lebih tinggi dari bulan lalu. Menurutnya, sukses menjegal Avanza di Februari 2018 belum bisa disimpulkan bahwa MPV ‘murah’ Xpander bakal kembali mengungguli rivalnya di bulan-bulan berikutnya.

 

Bertahan di Puncak Klasemen, Ini Target PSM dalam 5 Laga Awal | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Pelatih kepala PSM, Robert Rene Alberts mengaku tak ada masalah terkait target itu. Seluruh pemain dinyatakan Robert telah siap meski harus bermain sebagai tim tandang pada laga selanjutnya.

“Kita sudah punya modal awal kemenangan di kandang. Saya kira itu motivasi kita untuk pertandingan selanjutnya. Dan semua tim pasti menginginkan hasil terbaik,” ujar Robert.

Tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur kini bertengger di peringkat pertama klasemen sementara dengan torehan 3 poin. Di pekan selanjutnya PSM Makassar akan menghadapi Perseru pada Sabtu (31/3). Setelah itu, PSM kembali menjadi tuan rumah menghadapi Persela Lamongan pada Jumat (6/4).

Pada pekan selanjutnya, skuad Juku Eja bakal bertandang ke Papua untuk menghadapi Perseru Serui. Appi cukup optimistis, tim membawa pulang tambahan 3 poin.

“Target kita jelas menang. Kita sudah pernah melakukan itu. Tinggal tunngu waktunya nanti,” tegas dia.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin menargetkan tim harus bisa memperoleh 3 kemenangan awal untuk mengamankan posisi. Untuk itu, Munafri meminta tim pelatih PSM melakukan upaya maksimal dalam laga-laga selanjutnya.

“Ini belum di level terbaik kita. Saya pribadi masih butuh angka minimal 9 poin dalam 5 laga awal nanti. Itu minimal, harusnya,” ucap Munafri di Makassar, Senin (26/3).

Pria yang akrab disapa Appi ini memberikan ultimatum kepada tim pelatih untuk meraih hasil maksimal tersebut. Semua demi target posisi aman dalam klasemen sementara Liga 1.

Kemenangan atas PSIS Semarang dalam laga perdana, belum membuat PSM Makassar berada pada titik aman. Ketatnya persaingan dalam klasemen Liga 1 2018, membuat penggawa Juku EJa belum bisa tenang. Terlebih, manajemen menargetkan hasil maksimal dalam 5 laga awal Liga 1 musim ini.

 

2018, Mitsubishi Bangun 30 diler 3 S | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Sementara itu, Departement Head PT MMKSI Setia Hariadi mengatakan, pangsa pasar kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di area Jadebotabek adalah yang terbesar secara nasional yaitu 41 persen. Namun pasar masih berkembang. Karena itu, PT MMKSI dalam waktu dekat akan membangun lagi beberapa diler di Jadebotabek.

“Dalam waktu dekat kita akan bangun di Pondok Cabe, Cipondoh, dab Cileduk,” ujar Setia Hariadi, sambil menambahkan bahwa untuk pembangunan di Jawa akan difokuskan di Jawa Barat dan luar Pulau Jawa dipusatkan di Pulau Sumatera.

Setia Hariadi mengatakan bahwa untuk Jawa Tengah dan DIY yang memiliki pangsa pasar sekitar 10 persen dari total penjualan Mitsubishi secara nasional, jumlah dilernya sementara dirasa telah cukup.

Komitmen kami adalah untuk menjadikan Mitsubishi Motors sebagai Top of Mind Brand di pasar Indonesia dengan mengejar customer obsession. Merupakan suatu hal yang penting untuk memastikan para konsumen mendapatkan pengalaman terbaik dalam menggunakan produk Mitsubishi, tidak hanya dari sisi produk namun juga keseluruhan proses kepemilikan, mulai dari sales, service, dan spare parts” kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro di sela-sela peresmian diler Mitsubishi, PT Srikandi Diamond Motors yang ke-36, di Cikupa Tangerang, Banten, Senin (26/3/2018).

Iwan menjelaskan dengan diresmikannya diler ke-36 PT Srikandi Diamond Motors tersebut kini total diler yang dimiliki PT MMKSI menjadi 113 buah di seluruh Tanah Air.

Guna mengejar Top of Mind Brand, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) pada tahun 2018 ini sedikitnya akan membangun 30 jaringan diler di berbagai propinsi di Indonesia.

 

PT Rifan Financindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s