Rifanfinancindo Berjangka

DLTA Cetak Laba Rp279,7 Miliar

PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berhasil membukukan kinerja keuangan yang moncer pada akhir tahun lalu | PT Rifan Financindo Berjangka

 Rifanfinancindo Berjangka

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan salah satu langkah menekan ongkos produksi ialah dengan cara kontrak pembelian bahan baku yang dilakukan secara jangka panjang. Dengan strategi tersebut produksi pabrikan tidak mengalami penurunan.

Sebagai catatan, produsen bir Anker, San Miguel, Carlsberg, Stout, dan kuda putih ini sebagian besar bahan bakunya disuplai dari luar negeri dan sangat dipengaruhi kurs mata uang. Sementara produksi dilakukan di di Bekasi, Jawa Barat dengan kapasitas produksi mencapai 1,1 juta hektoliter per tahunnya.

PT Delta Djakarta Tbk (DLTA) berhasil membukukan kinerja keuangan yang moncer pada akhir tahun lalu. Perseroan sukses membukukan keuntungan sebesar Rp279,7 miliar. Nilai ini meningkat 10,26% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp253,7 miliar.

Direktur Keuangan Delta Djakarta Alan D.V. Fernandez mengatakan pada tahun lalu margin gross profit perusahaan naik mengalamai peningkatan. Hal tersebut terjadi selain ditopang efisiensi juga dikarenakan beberapa faktor.

“Kami melakukan penyesuaian harga. Ongkos produksi kami juga ditekan,” katanya di Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Penjualan Anker Bir Turun Single Digit | PT Rifan Financindo Berjangka

Ronny menambahkan pihaknya fokus memperluas ekspansi dan meningkatkan pangsa pasar hingga ke Vietnam dan Thailand. Hal itu guna menggenjot volume penjualan pada kuartal I 2018.

“Kita maksimalkan kapasitas untuk genjot pasar ekspor,” pungkas dia.

Sekadar diketahui, PT Delta Djakarta berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp279,7 miliar pada 2017. Angka itu naik 10,25 persen dibandingkan dengan perolehan laba bersih di 2016 yang sebesar Rp253,7 miliar.

Penjualan bersih perusahaan naik tipis dari Rp774,9 miliar menjadi Rp 777,3 miliar. Namun beban pokok penjualan berhasil ditekan dari Rp234,08 miliar menjadi Rp 203,03 miliar.

Sementara jumlah aset perseroan juga naik dari Rp 1,19 triliun di akhir 2016 menjadi Rp 1,34 di akhir 2017. Sementara jumlah liabilitas naik dari tipis dari posisi akhir 2016 Rp 185,3 miliar menjadi Rp 196,19 miliar di akhir 2017.

“Volume sales industri turun 20 persen di kuartal I 2018. Kami low (turun) single digit,” ujar Direktur Pemasaran Delta Djakarta Ronny Titiheruw dalam paparan publik PT Delta Djakarta di Hotel Pullman, Jakarta, Rabu 25 April 2018.

Menurutnya banyak faktor yang mempengaruhi penurunan volume penjualan bir. Salah satunya adalah penurunan konsumsi masyarakat dan tumbuhnya Dana Pihak Ketiga (DPK) di perbankan. Namun Ronny optimistis profit Delta Djakarta tumbuh lebih baik seiring kenaikan harga pada November 2017 lalu.

“Tapi saya rasa profit lebih baik. Harus positif. Kami harap kinerja q1 2018 lebih baik dari tahun sebelumnya,” ungkap dia.

Produsen bir dan minuman ringan, PT Delta Djakarta Tbk mengalami penurunan penjualan hingga single digit pada kuartal I 2018. Penurunan volume penjualan perusahaan Anker Bir tersebut dibawah penurunan industri bir yang mencapai 20 persen.

( Baca : Wacana Pelepasan Saham dan Dividen Rp 40 Miliar dari Perusahaan Bir untuk DKI )

Perusahaan Bir Anker Ganti Komut, Sandi Belum Putuskan Lepas Saham | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Sandi menilai, status Sarman yang bukan berasal dari birokrasi diharapkan lebih leluasa dalam berinovasi. Dia bisa fokus mengembangkan perusahaan tanpa sibuk memikirkan tugas sebagai birokrat.
“Tentunya Pak Sarman punya network yang bisa digunakan dan kalau kami di birokrasi apalagi yang pegawai negeri sipil pasti kan tugas utamanya ada di Pemprov. Sedangkan, Pak Sarman di dunia usaha. Jadi ini juga bentuk dari kemitraan kami sesuai UU Nomor 1 Tahun 1987,” ucap Sandi.

Sementara, terkait sosok Sarman yang kini ditunjuk sebagai komisaris utama PT Delta Djakarta, Sandi merasa pilihan itu cukup tepat. Sarman yang dikenal dekat dengan dunia usaha diharapkan bisa berinovasi sehingga mampu menciptakan lapangan kerja hingga ekspor produk.
“Pak Sarman ini dekat dengan dunia usaha, Pak Sarman wakil ketua umum Kadin DKI Jakarta, Delta Jakarta menyatakan bahwa ada beberapa regulasi yang perlu diseleraskan untuk bagaimana mereka bisa bertumbuh menciptakan lapangan kerja, bisa mulai ekspor juga,” tutur dia.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno belum memutuskan pelepasan saham Pemprov DKI Jakarta di perusahaan bir Anker itu, meski pergantian komisaris utama telah dilakukan. Dia masih ingin mendengar masukan dan aspirasi dari warga soal pelepasan saham ini.
“Pemprov sudah sampaikan juga, kami sedang melakukan kajian dan keputusannya dalam waktu singkat. Apa yang akan kami lakukan dengan protofolio termasuk juga menampung aspirasi masyarakat dan elemen yang ingin kami mendivestasi saham kami. Tapi itu perlu langkah dan tahapan yang sesuai UU PT dan UU Pasar Modal,” kata Sandi di Hotel Grand Sahid Jaya, Kamis (26/4).

Pemprov DKI telah menunjuk Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman Simanjorang sebagai Komisaris Utama PT Delta Djakarta pengganti Michael Rolandi. Pergantian itu bedasarkan Ralat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar Rabu (25/4).

Rifanfinancindo Berjangka

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s