PT Rifan Financindo

Bank Penerbit E-Money Diminta Antisipasi Lonjakan Transaksi

Bank penerbit uang elektronik atau e-money mengantisipasi meningkatnya transaksi nontunai pengguna jalan tol | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo

Ismet mengatakan, untuk di Jawa Barat, penambahan jumlah uang elektronik diperkirakan tidak besar. “Sementara ini sudah kami hitung, tambahannya sekitar 5.000 kartu, tapi tidak menutup kemungkinan jumlah ini bisa berkembang pada waktunya nanti. Kami akan lihat, kalau memang dibutuhkan, bank penerbit uang elektronik yang kerja sama dengan kami siap, mereka sudah menyiapkan,” ucapnya.

Bank Indonesia bersama 12 bank di Jawa Barat yang memiliki mobil layanan kas keliling menggelar layanan penukaran uang terpadu, layanan penukaran uang baru bagi masyarakat yang membutuhkan. Ismet meresmikan pengoperasian mobil layanan penukaran uang terpadu yang akan bergilir membuka layanan di pusat keramaian di seputar Bandung tersebut. Hari ini, Senin, 21 Juni 2018, dimulai di Monumen Perjuangan, selanjutnya berpindah ke Alun-alun Bandung, Alun-alun Cimahi, Balai Kota Bandung, Alun-alun Ujungberung, serta Lapangan Tegalega.

“Layanan penukaran uang tidak hanya di sini, tapi juga di kantor masing-masing. Kita bekerja sama dengan lebih dari 1.200, mulai dari kantor cabang sampai kantor cabang pembantu bank nasional dan seluruh BPR di Jawa Barat ini untuk melakukan layanan penukaran uang di kantor mereka masing-masing,” tutur Ismet.

Dia mencontohkan, bank penerbit diminta memastikan ketersediaan uang elektronik sesuai dengan kebutuhan, menyiapkan layanan top-up tunai dan nontunai di pintu masuk jalan tol, serta rest area. “Kami juga menyampaikan surat pada merchant, seperti di SPBU (stasiun pengisian bahan bakar), rest area, dan lain-lain, untuk dapat meningkatkan limit aksesnya mengantisipasi peningkatan masyarakat pengguna jalan tol terhadap layanan top-up. Pada perbankan juga diminta melakukan pengecekan limit kasnya,” ujarnya.

Bank Indonesia (BI) perwakilan Jawa Barat meminta bank penerbit uang elektronik atau e-money mengantisipasi meningkatnya transaksi nontunai pengguna jalan tol saat mudik Lebaran 2018.

“Kami sudah punya kesepakatan dengan BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) dan BUJT (Badan Usaha Jalan Tol) untuk memperhitungkan lalu lintas. Kami mencoba memproyeksikan kebutuhan-kebutuhan itu bisa dipenuhi bank penerbit,” kata Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Ismet Inono, selepas membuka mobil layanan penukaran uang terpadu di Monumen Perjuangan Jawa Barat di Bandung, Senin, 21 Mei 2018.

 

Mau Tukar Uang Baru di Monas? Begini Caranya | PT Rifan Financindo Berjangka

 

umlah Rp 3,7 juta itu terdiri dari berbagai pecahan yang bisa dipilih masyarakat, dengan jumlah maksimal 100 lembar setiap pecahannya.

“Jadi biar semua orang bisa kebagian,” kata petugas tersebut.

Setelah menyerahkan KTP, nantinya masyarakat bakal mendapat nomor antrean untuk menukarkan uang baru yang disediakan berbagai pihak perbankan yang ada.

Masyarakat bisa memilih untuk menukarkan uangnya di booth bank mana saja, tidak harus di bank di tempatnya menabung.

“Jadi dia walaupun nggak menabung di bank sini, tapi tetap bisa menukarkan uangnya di sini. Bebas terserah masyarakat mau tukar dimana uangnya,” kata salah seorang petugas penukaran uang kepada detikFinance di lokasi, Jakarta, Senin (21/5/2018).

Adapun pendataan perlu dilakukan untuk membatasi penukaran yang dilakukan setiap orang. Masing-masing orang yang menukarkan uang diberikan jatah maksimal untuk menukarkan sebesar Rp 3,7 juta.

Pada pekan kedua Ramadan tahun ini, sejumlah bank sudah mulai membuka layanan penukaran uang baru secara serempak. Penukaran uang dibuka di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.

Lantas, bagaimana caranya bila ingin menukarkan uang?

Pertama-tama perlu diketahui, bahwa setiap orang yang melakukan penukaran uang ini perlu didata terlebih dahulu. Masyarakat harus membawa Kartu Tanda Penduduk atau KTP untuk melakukan penukaran uang.

( Baca : BI siapkan Rp 188,2 triliun untuk kebutuhan uang tunai Lebaran )

 

Ada 1.000 Titik Layanan Tukar Uang Baru, di Bank hingga Rest Area | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Dalam melayani penukaran uang jelang Lebaran tersebut, tambah Rosmayani, Bi juga bakal mengajak serta pihak perbankan yang ada untuk terus membuka penukaran uang bagi masyarakat.

“Jadi kita gandeng pihak bank untuk pecahan kecil. Layanan penukaran itu kami buka sampai hari H Lebaran saja. Setelah itu masyarakat bisa ambil di ATM,” tuturnya.

Rosmaya menjelaskan pada saat H-3 Lebaran nanti layanan penukaran uang tersebut juga akan bergerak menuju titik-titik jalur mudik. Seperti di rest area jalan tol.

“Jadi 1.000 titik itu kita siapkan di kantor-kantor bank, kemudian setelah H-3 Lebaran, kita bergerak ke arah jalur mudik. Di rest area, kemudian kita bergerak ke kantor-kantor bank daerah. Jadi Kami juga bergerak,” katanya.

Jumlah penukaran uang ada di 160 titik di kantor bank Jabodetabek. Kalau untuk secara nasional seluruhnya ada 1.000 titik,” kata Rosmaya dalam konferensi persnya di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu (23/5/2018).

“(Penukaran uang ini) Dan ini kompak se-Indonesia. Tidak hanya di Jakarta tapi diseluruh kantor perwakilan BI. 46 kantor BI yang juga serentak menukarkan uang,” lanjut Rosmaya.

Dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri Bank Indonesia (BI) membuka 1.000 titik layanan penukaran uang di seluruh Indonesia. Layanan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menukarkan uang baru pecahan kecil.

Deputi Gubernur BI Rosmaya K. Hadi mengatakan khusus di wilayah Jabodetabek saja BI membuka layanan penukaran uang di 160 titik. Salah satunya yang berada di kawasan Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat.

 

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s