PT Rifan Financindo

Besok, Bandara Kertajati Mulai Beroperasi

(BIJB) di Kertajati akan mulai beroperasi pada Kamis (24/5/2018) | PT Rifan Financindo Berjangka

 

PT Rifan Financindo

Hal ini disebabkan pembangunannya melibatkan banyak pihak. Misalnya, dalam skema pendanaan ada pihak pemerintah dan swasta seperti halnya melalui mekanisme Reksadana Dana Penawaran Terbatas (RDPT). “Saya apresiasi semua pihak yang terlibat dalam pembangunan bandara ini. Pemda punya bandara yang begitu besar yang dikelola swasta, ditambah pendanaannya dengam RDPT, jadi lengkap,” kata Budi. “Karenanya, saya jadikan ini percontohan untuk bangun infrastruktur modern. Ini bandara besar yang dijadikan suatu contoh, masa depan besar. Ini bisa jadikan sebagai laboratorium untuk membangun infrastruktur di lain provinsi,” lanjutnya.

Di kompleks bandara juga akan dikembangkan sebagai aerotropolis. Kawasan industri penerbangan seperti industri pembuatan pesawat, industri perawatan dan perbaikan pesawat (maintenance repair and overhaul/MRO), dan beberapa industri lain yang terkait bakal dibangun. Budi mengatakan, pembangunan Bandara Kertajati tidak sepenuhnya menggunakan dana pemerintah. PT BIJB selaku BUMD milik Pemprov Jabar menggaet banyak pihak untuk membiayai proyek senilai Rp 2,6 triliun tersebut. Menurut dia, pembangunan bandara ini bisa menjadi proyek percontohan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Rencananya, landas pacu dipanjangkan hingga 3.200 meter x 60 meter agar bisa melayani operasional pesawat sipil terbesar di dunia seperti Airbus A380, Boeing B 747, maupun B 777. Bandara ini juga mempunyai apron seluas 397.890 meter persegi yang dapat menampung 10 parking stand pesawat jet narrow body. Selain untuk penumpang dan kargo, Bandara Kertajati juga akan menjadi embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati akan mulai beroperasi pada Kamis (24/5/2018) besok. Pengoperasiannya akan ditandai dengan adanya pendaratan perdana di bandara tersebut. “Kita rencanakan historical landing pada 24 Mei ini,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa hari yang lalu. BIJB disebut merupakan bandara kedua terbesar di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten. Adapun luas lahan BIJB mencapai 1.800 hektar. Bandara ini mulai dibangun pada 2014 dengan pembangunan runway (landas pacu) sepanjang 2.500 meter x 60 meter dan paralel taxiway sepanjang 2.750 meter x 25 meter yang sudah selesai dibangun pada akhir 2017. Dengan ukuran landas pacu tersebut, nantinya bandara ini akan mampu melayani operasional pesawat A330.

Ini Rute Penerbangan yang Dilayani Citilink dari Kertajati | PT Rifan Financindo Berjangka

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan sudah menawarkan kepada semua maskapai untuk membuka rute penerbangan reguler di Bandara Kertajati. Citilink merupakan maskapai pertama yang mendapat izin tersebut.

Kepala Bagian Humas Ditjen Perhubungan Udara Sigit Widodo mengatakan Kemenhub sudah memberikan penawaran ke semua maskapai untuk membuka penerbangan reguler di bandara tersebut. “Semua airline ditawarkan untuk melayani penerbangan domestik dan internasional ke dan dari Bandara Kertajati di Majalengka,” kata Sigit kepada Republika, Kamis (24/5).

Hanya saja, Ranty menegaskan rute penerbangan tersebut saat ini sifatnya merupakan extraflight selama mudik Lebaran 2018. “Manajemen akan terus melihat prospek ke depannyapenambahan jadwal penerbangan, frekuensi, bahkan rute-rute baru dari Bandara Kertajati,” ungkap Ranty.

Menurtnya, Citilink membuka rute di bandara baru tersebut untuk memberikan pilihan destinasi. Begitu juga untuk memudahkan akses transportasi udara bagi penumpang yang tinggal di Jawa Barat bagian timur dan Jawa Tengah bagian Barat selama musim mudik Lebaran 2018.

Dia mengatakan penerbangan Citilink denga rute tersebut akan mulai terbang pada 8 Juni 2018. “(Penerbangan) dengan menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas180 penumpang,” kata Ranty di Cengkareng, Kamis (24/5).

Penerbangan Surabaya-Kertajati Citilink Indonesia dengan nomor penerbangan QG 9820 dijadwalkan dari BandaraJuanda, Surabaya pukul 05.25 WIB dan tiba di Bandara Kertajati pukul 06.55 WIB setiap hari. Sedangkan, untuk penerbangan QG 9821 Kertajati-Surabaya dijadwalkan berangkat pada pukul 07.25 WIB dan tiba di Surabaya pada pukul 08.55 WIB.

Maskapai berbiaya hemat Citilink Indonesia resmi membuka penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat yang resmi dibuka hari ini, Kamis (24/5). Vice President Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman mengatakan Citilink membuka penerbangan di bandara tersebut dengan rute Kertajati-Surabaya.

( Baca : Citilink Siap Layani Penerbangan di Bandara Kertajati saat Musim Mudik )

 

Kertajati Beroperasi, Luhut: Tak Ada Infrastruktur yang Tersendat | PT Rifan Financindo Berjangka

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam kesempatan yang sama mengatakan, kehadiran Bandara Kertajati terhubung dengan infrastruktur lainnya seperti Pelabuhan Patimban hingga jalan tol.

“Kami laporkan Bandara Kertajati tidak berdiri sendiri. Direncanakan menjadi satu pertumbuhan baru ekonomi di Jawa Barat karena ada suatu Pelabuhan Patimban internasional,” kata Budi.

Ide akan hadirnya Bandara Kertajati sendiri sudah cukup lama didengungkan. Pada 2003 silam pembangunan bandara ini digagas warga Jabar khususnya dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jabar. Perjalanan untuk bisa menghadirkan bandara bertaraf internasional cukup panjang mulai dari perencanaan, penetapan lokasi, pengadaan lahan, sampai peletakan batu pertama.

Dengan adanya Bandara Kertajati, Luhut meyakini pertumbuhan ekonomi di Majalengka bisa meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

“Sekarang yang muda-muda 10 tahun lagi akan lihat perkembangan ini. Lihat daerahmu berkembang, lihat history hari ini,” ujar Luhut.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akhirnya resmi beroperasi. Beroperasinya bandara ini menandakan tidak ada proyek infrastruktur yang tersendat pembangunannya.

“Jadi kalau ada yang bilang infrastruktur tersendat, tidak ada. Semua yang ada di kerja sama Kemenko Maritim di bawah Pak Budi (Menteri Perhubungan) semua on the right track,” kata Menko Kemaritiman Luhut Panjaitan di Bandara Kertajati, Majalengka, Kamis (24/5/2018).

PT Rifan Financindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s