Rifanfinancindo

Jokowi bersyukur Rupiah menguat

Presiden Joko Widodo bersyukur nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sempat menguat | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

Rifanfinancindo

Seperti diketahui, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), pada awal pekan ini Rupiah ada di level Rp 14.065 per Dolar AS. Angka itu menguat dibandingkan posisi pada akhir pekan lalu, Jumat (25/5), yang sebesar Rp 14.166 per Dolar AS.

Pada awal perdagangan pekan ini, Senin (28/5), nilai tukar rupiah pun berhasil terus menguat. Rupiah ditutup menguat 130 poin atau 0,92 persen di Rp 13.995 per Dolar AS.

Dia berharap dengan kebijakan moneter yang telah diantisipasi oleh Bank Indonesia (BI) dapat berjalan dengan baik. Jokowi mengklaim selalu mengingatkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar menyiapkan langkah konkret.

“Langkah konkret tersebut agar bisa ikut membantu BI dalam mengendalikan Rupiah. Ini fenomena global. Semua negara mengalami,” ungkap Jokowi.

“Ya Alhamdulillah. Kemarin kita lihat sudah mulai di bawah Rp 14.000,” kata Jokowi di Universitas Uhamka, Jakarta Timur, Selasa (29/5).

Presiden Joko Widodo bersyukur nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat sempat menguat. Dia mengatakan, kini Dolar AS sudah di bawah Rp 14.000.

( Baca : Dibangun 2019, Bandara Kediri Muat Pesawat Boeing 777 )

 

Jokowi Ucap Syukur Dolar AS Kembali di Bawah Rp14 Ribu | PT Rifan Financindo Berjangka

Rencana Bank Amerika Serikat terus mengerek suku bunga acuannya memaksa negara berkembang untuk ikut menyesuaikan diri dengan kebijakan tersebut. Perry mengatakan pasar tidak perlu khawatir kalau suku bunga dinaikkan.

“Karena dampaknya ke pertumbuhan ekonomi baru dirasakan 1,5 tahun mendatang, rata-rata empat sampai delapan kuartal dan tidak harus linear dengan permintaan kredit, semua tergantung kondisi domestik,” katanya, Senin (28/5).”Memang ini fenomena global, semua negara mengalami,” tegas Jokowi.

Bank Indonesia rencananya akan menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) tambahan, besok (30/5). Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan sinyal kemungkinan kembali dinaikkannya suku bunga acuan BI, kendati telah menaikkan bunga 25 bps pada pertengahan bulan ini.

“Alhamdulillah kemarin kami lihat sudah mulai di bawah Rp14 ribu,” ujar Jokowi, Selasa (29/5), seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet.

Jokowi menilai kebijakan moneter yang telah dikeluarkan Bank Indonesia sudah sangat baik. Kendati demikian, ia mengaku telah meminta Menteri Koordinator Perekonomin Darmin Nasution dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyiapkan langkah-langkah yang ada di wilayah pemerintah guna membantu BI mengendalikan nilai tukar.

Presiden Joko Widodo mengucapkan syukur lantaran nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat hingga kembali berada di bawah Rp14 ribu.

Alhamdulillah, Dolar Sudah di Bawah Rp 14.000 | PT Rifan Financindo Berjangka

Kepala negara juga mengingatkan bahwa depresiasi terhadap dolar AS tidak hanya dialami oleh rupiah. Menurut dia, mata uang negara lain juga mengalami hal yang sama. “Ini fenomena global. Semua negara mengalami. Semua negara mengalami,” kata dia.

Menurut Jokowi, ia terus memerintahkan jajaran menteri terkait untuk menyiapkan langkah konkret untuk membantu Bank Indonesia (BI) agar bisa mengendalikan gejolak rupiah. Jokowi berharap kebijakan yang telah diambil oleh BI bisa membuat rupiah stabil dan memberikan ketenangan bagi pasar. “Kita harapkan dengan kebijakan-kebijakan moneter yang telah diantisipasi dan dilakukan oleh BI, saya kira sangat baik,” kata dia.

Presiden Joko Widodo bersyukur lantaran nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sempat menguat dan meninggalkan Rp 14.000. Pada Senin kemarin, nilai tukar rupiah ditutup menguat 130 poin atau 0,92 persen di Rp 13.995 per dolar AS. “Ya, alhamdulillah. Kemarin kita lihat sudah mulai di bawah Rp 14.000,” kata Jokowi di Jakarta, Selasa (29/5/2018).

 

Rifanfinancindo

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s