PT Rifanfinancindo

Buka dan Sahur Gratis di Kereta Mudik Lebaran

Memasuki pertengahan Ramadhan ini, kereta angkutan lebaran mulai dioperasikan | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

PT Rifanfinancindo

Sebanyak 27 KA tersebut memang beroperasi saat buka puasa hingga sahur atau sebaliknya, seperti Kertajaya Lebaran, rute Surabaya Pasar Turi-Pasar Senen. Menu yang disiapkan PT KAI untuk buka puasa dan sahur cukup variatif, mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya. Makanan yang disediakan pun dijamin oleh PT KAI mulai dari kebersihan dan kesehatannya karena makanan yang diterima penumpang pada saat itu adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga.

Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan selain ingin menyemarakkan Ramadan tahun ini, program ini juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api. “Dengan adanya program ini, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahurnya telah disediakan oleh PT KAI,” ujar Edi Sukmoro dalalm siaran tertulisnya.

Takjil gratis ini akan dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB. Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan kurang lebih 85.206 boks makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) yang pada saat waktu berbuka/sahur masih di keretanya. Total kereta api (KA) yang beroperasi saat jam buka puasa dan sahur ialah 142 KA. Dengan rincian penumpang di 65 perjalanan KA diberikan makanan berbuka, penumpang di 50 perjalanan KA diberikan makanan sahur, dan penumpang di 27 perjalanan KA akan diberikan makanan untuk berbuka dan sahur.

Memasuki pertengahan Ramadhan ini, kereta angkutan lebaran mulai dioperasikan. PT KAI akan mengadakan program pembagian takjil, buka puasa, dan sahur gratis kepada penumpang. Program berbagi dengan tema “Perjalanan Menuju Berkah” ini dilaksanakan mulai H-10 hingga H-1 Idul Fitri. Dikutip dari siaran persnya ke KompasTravel, Minggu (3/6/2018), PT KAI menyediakan 60.700 paket takjil gratis yang akan diberikan pada penumpang yang telah melakukan boarding dan memasuki area zona 1 di stasiun keberangkatan.

 

Mulai H-10 Lebaran, PT KAI bakal bagikan menu buka puasa dan sahur gratis | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Dalam program tersebut, tercatat 71 perjalanan KA yang masuk daftar takjil, berbuka atau sahur gratis. Sedangkan menu yang disiapkan PT KAI untuk buka puasa dan sahur penumpang KA, mulai dari nasi goreng, ayam goreng, nugget, nasi lemak, dan sebagainya.

“Makanan yang diterima penumpang pada saat itu adalah makanan yang dimasak pada hari itu juga,” kata Ixfan.

Selain ingin menyemarakkan Ramadan tahun ini, program ini juga dirancang untuk menyebarkan semangat berbagi kepada para pengguna jasa setia kereta api. Lewat program ini, penumpang yang waktu perjalanan KA-nya masuk dalam waktu berbuka puasa atau sahur tidak perlu repot menyiapkan bekal karena kebutuhan makan berbuka dan sahur telah disediakan oleh PT KAI.

Manajer Humas Daop 5, Ixfan Hendriwintoko mengatakan takjil gratis dibagikan pada saat menjelang berbuka puasa antara pukul 17.00-18.30 WIB. Sementara untuk pembagian buka puasa dan sahur gratis, PT KAI akan menyiapkan ribuan box makanan per hari yang akan dibagikan ke penumpang (kecuali penumpang infant) di berbagai stasiun keberangkatan.

“Pembagian makanan bervariasi ada yang hanya pada saat berbuka. Atau pada saat sahur. Atau keduanya tergantung dari relasi KA sesuai waktu tempuh yang dilaluinya,” kata Ixfan, Minggu (3/6).

PT KAI Daop 5 Purwokerto meluncurkan program Perjalanan Menuju Berkah dengan menyiapkan 60.700 paket takjil dan ribuan box menu berbuka dan sahur cuma-cuma untuk para pemudik. Hal ini akan dilakukan pada H-10 lebaran hingga Hari Raya Lebaran, mengingat di waktu tersebut akan mulai terjadi lonjakan arus mudik.

 

 

Kereta Mewah Sleeper PT KAI Tiba di Jakarta Minggu Depan | PT Rifan Financindo Berjangka

 

Agus menambahkan, satu Kereta Sleeper nantinya akan dirangkai dengan kereta lain, misalnya kereta Argo Anggrek, dan lainnya.

“Untuk tarif pastinya (kereta Sleeper), masih dalam perhitungan,” ujarnya.

Terpisah, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengaku, harga tiket Kereta Sleeper ini belum diputuskan. Namun, kemungkinan bisa mencapai lebih dari Rp 900 ribu per sekali jalan.

“(Harga tiket kereta api) belum diputuskan. Kemungkinan di atas Rp 900 ribu karena priority kan Rp 900 ribu, tapi ini masih dihitung,” kata dia.

PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) akan mengoperasikan kereta mewah dengan harga tiket Rp 900 ribu per sekali jalan. Dengan harga yang cukup mahal, kereta ini menawarkan kenyamanan serasa di pesawat kelas utama (first class).

VP Public Relation KAI Agus Komarudin menjelaskan kemewahan fasilitas di kereta Sleeper ini dibandingkan dengan kereta kelas eksekutif. Kereta kelas utama ini berkapasitas 18 kursi dalam satu kereta.

“Tentunya berbeda dibanding kereta kelas eksekutif. Kalau eksekutif, kapasitas 50 penumpang, tapi kereta Sleeper 18 penumpang dengan kursi bisa direbahkan 170 derajat, sehingga akan memberikan kenyamanan bagi penumpang untuk tidur atau istirahat selama perjalanan jauh,” kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, pada 16 April 2018.

Kita berharap saat Lebaran sudah bisa dipakai. Tapi janjinya INKA kemungkinan 8-10 (Juni) mungkin datang,” ujar dia di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (3/6/2018).

Edi menyjelaskan soal penjualan tiket, akan diumumkan setelah ada kepastian dari INKA. Namun PT KAI akan secepatnya mengumumkan penjualan tiket kereta mewah sleeper ini setelah keretanya siap dioperasikan.

( Baca : Kereta Sleeper KAI tiba di Jakarta pekan depan )

 

‎”Ini harus fix dulu dari INKA. Karena tiket dijual setelah kereta siap dioperasikan. Mungkin INKA Senin (besok) akan memberikan informasi pasti, kapan keretanya siap,” kata dia.

Menurut Edi, jika sudah siap, kereta tersebut akan bersifat sebagai kereta tambahan. Hal ini karena untuk tahap awal, PT KAI hanya memesan empat gerbong kereta sleeper.

“Iya tambahan (kereta sleeper). Tapi kan khusus,” tandas dia.

‎PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI (Persero) menyatakan, kepastian soal operasional kereta berfasilitas tempat tidur (sleeper) saat mudik Lebaran masih menunggu kabar dari PT INKA (Persero). Namun demikian, rencananya pada 8-10 Juni 2018, kereta tersebut sudah dikirim ke Jakarta.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, perusahaan masih menunggu informasi terbaru dari INKA terkait kesiapan kereta tersebut. Sebab, perusahaan BUMN yang bermarkas di Madiun tersebut yang memproduksi kereta sleeper yang dipesan KAI.

 

PT Rifanfinancindo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s