PT Rifan Financindo Berjangka

Ayo Mudik dengan Kereta Terpanjang di Indonesia

Ada yang berbeda dalam layanan transportasi kereta api Lebaran 2018 |PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

 

 PT Rifan Financindo Berjangka
Pada tahun ini, area tunggu Stasiun Tawang terlihat berbeda. Disediakan fasilitas arena bermain bagi anak-anak, sehingga dapat mengurangi rasa jenuh saat menunggu kereta api Lebaran 2018.

“Untuk keamanan, petugas ditambah menjadi 586 personel. Dibagi tiga, yakni yang bertugas di staisun, di dalam rangkaian kereta api, dan yang bertugas di sepanjang jalur kereta api,” kata Suprapto.

Lonjakan penumpang kereta api Lebaran 2018 untuk arus kembali ke Jakarta, diperkirakan pada H+3 dan H+4 Lebaran.

Ada yang berbeda dalam layanan transportasi kereta api Lebaran 2018. Kali ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 4 Semarang, Jawa Tengah, menyiapkan rangkaian kereta terpanjang. Kereta tersebut mencapai 16 gerbong, hal yang tak pernah ada sebelumnya.

Menurut Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, rangkaian terpanjang ini karena diprediksi kenaikan penumpang mencapai 4,6 persen atau 662.000 penumpang.

“Rute perjalanan kereta api Semarang menuju Jakarta. Kita juga siapkan peron tambahan di beberapa stasiun Daop 4 Semarang, salah satunya Stasiun Poncol,” kata Suprapto, Rabu (6/5/2018).

 

Daop 6 Ikut Sosialisasikan Asian Games | PT Rifan Financindo Berjangka

Kami di Daop 6 nantinya akan membranding rangkaian kereta dengan logo Asian Games 2018 tujuannya agar semakin banyak masyarakat melihat kemudian ikut mendukung atlet Indonesia yang bertanding di rumah sendiri. Sampai saat ini kereta apa saja yang akan dibranding masih dirapatkan tapi dalam waktu dekat akan direalisasikan,” ungkapnya kepada KRJOGJA.com, Selasa (05/06/2018) petang.

Sembari menanti branding rangkaian kereta api, Daop 6 Yogyakarta sendiri kini telah memasang banner logo Asian Games di titik-titik strategis stasiun. Salah satu yang cukup terlihat adalah area pembatas proyek revitalisasi di Stasiun Tugu Yogyakarta sebelah selatan.

“Ini upaya Daop 6 mensosialisasikan Asian Games, sesuai prinsip pemerintah harus sukses baik secara prestasi, administrasi maupun ekonomi. Semoga semakin banyak masyarakat yang menaruh perhatian dan mendukung Asian Games,” sambungnya.

Asian Games 2018 sendiri bakal digelar di Palembang dan Jakarta 18 Agustus hingga 2 September mendatang. Indonesia sebagai tuan rumah ditargetkan masuk 10 besar secara keseluruhan perolehan medali.

Event Asian Games 2018 tinggal menghitung hari untuk dilaksanakan. Jakarta dan Palembang akan jadi venue utama persaingan sportif insan olahraga se Asia untuk mencari siapa yang terbaik membawa pulang medali emas.

Meski demikian ternyata tak hanya dua daerah tersebut yang menyambut event bersejarah ini dengan gegap gempita. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional 6 yang notabene berada di wilayah Yogyakarta-Surakarta dan sekitarnya turut serta mensosialisasikam event tersebut.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Purwanto mengungkap saat ini pihaknya terus berupaya ikut mensosialisasikan event Asian Games 2018. KAI sebagai salah satu perusahaan negara wajib memastikan event akbar olahraga di Asia tersebut bisa berjalan dengan sukses dan mendapatkan perhatian dari masyarakat banyak.

 

 

Menhub Siapkan 393 KA Angkutan Lebaran | PT Rifan Financindo Berjangka

Lebih lanjut, Menhub menguraikan telah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan mudik yang aman di antaranya melakukan rampcheck kereta api, mendirikan beberapa posko di berbagai lokasi terutama di daerah yang rawan longsor, dan adanya kerja sama yang erat dengan TNI dan Polri.

“Kami juga telah melakukan rampcheck terhadap keseluruhan prasarana dan sarana perkeretaapian, juga mendirikan Posko Angkutan Lebaran baik Posko Tingkat Nasional di Kementerian Perhubungan dan Posko Angkutan Lebaran di daerah, termasuk Posko di Pusat Pengendalian Operasi Kereta Api (Pudalopka) di lingkungan KAI. Tak lupa, untuk memaksimalkan keamanan, kami juga telah melakukan kerja sama yang erat dengan TNI dan Polri,” jelas Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Menhub menjelaskan bahwa akan melakukan perencanaan terkait penambahan kapasitas kereta di Jabodebek sehingga kapasitas penumpang bisa meningkat sebesar 40%.

“Beberapa hal yang juga sedang kami rencanakan yaitu kami juga akan menambah kapasitas di Jabodebek dengan meningkatkan teknologi moving block dan sinyal. Sehingga, nantinya bisa meningkatkan jumlah penumpang sebesar 40%,” imbuh Menhub.

( Baca : Kereta Wisata Ludes Terjual untuk Lebaran, Purwokerto Tujuan Favorit )

Turut menghadiri Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran adalah Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, beserta pejabat di lingkungan Ditjen Perkeretaapian. Menhub menjelaskan, persiapan yang dilakukan merupakan upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan untuk memberikan level of service yang baik bagi masyarakat. Adapun pertumbuhan penumpang KA tahun ini meningkat sebesar 3%.

“Tahun ini, pertumbuhan penumpang akan meningkat sebesar 3%, memang peningkatan yang terjadi tidak signifikan. Namun, bila dilihat dari jumlah penumpangnya diperkirakan akan melayani 4,5 juta penumpang, dan ini suatu jumlah yang banyak. Saya sempat berbincang dengan penumpang, Alhamdulillah penumpang memberi respons yang baik terhadap service dari kereta api dan kepercayaan ini harus terus dijaga dengan baik,” ungkap Menhub.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah menyiapkan 393 kereta api baik kereta regular maupun tambahan untuk mendukung penyelenggaran Angkutan Lebaran untuk Moda Kereta Api Tahun 2018.

“Kereta api adalah angkutan yang paling diminati oleh masyarakat. PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian sudah menyelesaikan persiapan dengan baik. Kami telah menyiapkan 393 kereta api baik kereta reguler maupun tambahan,” kata Menhub saat memimpin Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran di Lapangan Stasiun Gambir, Jakarta, Selasa (5/6).

PT Rifan Financindo Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s