PT Rifan Financindo Berjangka

BRI tetap buka 229 unit kerja pada hari libur

BRI) mengatakan pihaknya menjamin kebutuhan nasabah selama hari libur Lebaran | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

 PT Rifan Financindo Berjangka

Uang tunai ini nantinya akan disalurkan secara bertahap ke sejumlah kantor cabang BRI serta mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

“Untuk Lebaran tahun ini kami persiapkan uang kas Rp 62 triliun yang disebarkan di seluruh titik unit kerja, posko, dan 24.283 ATM,” ujar Suprajarto dalam rapat dengan pendapat dengan Komisi XI DPR RI, Jakarta, Selasa (5/6).

Selain itu, bank nomor wahid di Indonesia ini juga sudah mempersiapkan lebih dari 220.000 agen Laku Pandai BRI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dalam rencana persiapan libur Lebaran, bank bersandi emiten BBRI ini menyebut telah menyediakan uang tunai sebesar Rp 62 triliun yang akan didistribusikan selama libur Lebaran tahun ini.

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) mengatakan pihaknya menjamin kebutuhan nasabah selama hari libur Lebaran akan terpenuhi.

Direktur Utama BRI Suprajarto menuturkan pihaknya 229 unit kerja BRI tetap beroperasi saat cuti bersama yang dimulai pada 9 hingga 20 Juni 2018.

Lebih lanjut, jelang dua hari setelah hari raya Idul Fitri BRI Suprajarto memastikan seluruh unit kerja perseroan akan tetap buka.

 

Perbankan Mulai Antisipasi Kenaikan Biaya Dana | PT Rifan Financindo Berjangka

Direktur Konsumer PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) Budi Satria menuturkan, pihaknya masih melihat dulu pengaruh kenaikan suku bunga bank sentral. “Kalau 25 bps belum ada pengaruhnya. Kalau naik 50 bps kita masih lihat pengaruhnya dan kita bahas lagi. Kalau tidak banyak pengaruhnya mungkin masih kita tahan,” ungkap Budi.

Hal senada dikatakan Sekretaris Perusahaan Bank BNI Kiryanto. Menurut dia, kenaikan suku bunga acuan ke 4,75% tidak harus pasti diikuti dengan kenaikan bunga bank baik untuk simpanan maupun kredit. Demikian juga untuk BNI, kata dia, ada sejumlah faktor yang menahan kenaikan bunga simpanan, antara lain likuiditas bank yang masih baik, funding growth stabil 11%, loan growth 8,5% dan CASA bank yang masih 60% terhadap total DPK.

“Jadi untuk jangka pendek hingga akhir semester kedua nanti suku bunga bank relatif stabil. Dalam situasi ekonomi yang belum kuat saat ini, cukup berisiko bagi bank menaikkan bunga kredit karena akan menahan permintaan kredit dan juga berpotensi mendongkrak NPL karena pelaku usaha sedang konsolidasi,” ujar Kiryanto.

Sementara itu, Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Suwignyo Budiman mengaku, pihaknya mengkaji kenaikan suku bunga depositonya tahun ini seiring dengan naiknya repo rate. “Beberapa hari yang lalu, kita sudah rapat dan kita sudah mulai menaikkan deposito 0,25% dan penerapan mulai 1 Juni 2018 lah,” ujar Suwignyo.

Dia melanjutkan, kebijakan kenaikan suku bunga deposito tersebut guna mengantisipasi terbukanya ruang kenaikan suku bunga acuan pada RDG mendatang. “Kita mengantisipasi karena kan bunga acuannya naik, semuanya kan trennya naik jadi deposito kita sedikit naik. Namun likuiditas sih BCA masih bagus, tapi kan kita mengantisipasi saja, trennya naik ya naik,” papar Suwignyo.

Hingga akhir Maret 2018, penyaluran kredit ke segmen UMKM tercatat senilai Rp584,7 triliun atau sekitar 77,2% dari keseluruhan portofolio kredit. Sementara itu, penyaluran KUR perseroan sudah mencapai Rp22,3 triliun kepada lebih dari 1,1 juta debitur. Hingga akhir tahun, dia mengaku akan merevisi target pertumbuhan kredit menjadi 14%.

Menurutnya, revisi target tersebut dikarenakan hingga bulan Mei penyaluran kredit BRI telah mencapai 12%. “Tadinya kan kredit kita targetkan 12%, tapi pencapaian kuartal I sudah baik dan pencapaian Mei juga sudah 12%. Jadi, kita berharap sampai akhir tahun bisa meningkat di 14%,” papar dia.

Direktur Utama BRI Suprajarto mengatakan, kenaikan BI 7 day repo rate berdampak pada kenaikan deposito BRI sekitar 0,25%. Meski demikian, dirinya berharap kenaikan tersebut tidak terlalu berpengaruh ke kredit lantaran perseroan masih menjaga penyaluran kredit dilevel yang aman.

“Deposito sudah kita naikkan per 1 Juni 2018. Tapi kita usahakan (bunga) kredit untuk tidak naik dulu terutama di UMKM dan mikro. KUR kan sudah dipatok 7%,” ujar Suprajarto kepada KORAN SINDO, Selasa (5/6/2018).

Sejumlah bank mengaku telah mengantisipasi kenaikan suku bunga acuan atau BI 7 days reverse repo rate (7DRR) yang meningkat sebanyak 50 basis poin (bps). Bankir pun mengakui, kenaikan suku bunga akan berimbas terhadap kenaikan biaya dana alias cost of fund.

 

 

BRI Agro Batal Akusisi Bank Tahun Ini | PT Rifan Financindo Berjangka

Sebelumnya, BRI Agro dipastikan akan menerbitkan saham baru dengan memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) alias right issue tahun ini.

Bank BRI selaku induk usaha telah memberi restu kepada entitas itu untuk melakukan aksi korporasi tersebut. Sebab, perseroan juga ingin membuat BRI Agro naik kelas menjadi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) 2 menjadi BUKU 3 yang harus memiliki modal inti di atas Rp 5 riliun.

Aksi korporasi itu juga menjadi modal untuk melancarkan aksi akuisisi dua bank kecil tersebut.

BRI nggak ada rencana caplok bank, akusisi nggak ada, tahun ini yang pasti nggak ada ya,” kata Suprajarto.

( Baca : PT KAI Daop V Tambah Empat Kereta Api Lebaran )

Dia menceritakan, rencana BRI Agro mengakuisisi dua bank kecil pun belum menemui titik kejelasan. Bahkan, dirinya menyebut salah satu bank yang diincar sudah diambil alih pihak lain.

“Tadinya tapi sudah diambil orang lain. Saya malah nggak tahu. Kayaknya satunya sudah diambil,” ungkap dia.

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menyebutkan pada tahun 2018 tidak ada rencana untuk mencaplok bank kecil. Ini sejalan dengan rencana PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro) untuk mengakuisisi dua bank yang batal terlaksana.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Utama Bank BRI Suprajarto di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/6/2018).

PT Rifan Financindo Berjangka

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s