PT Rifan Financindo Berjangka

Mobil di Eropa dan Jepang Tak Butuh Ban Serep Lagi

Ban serep di mobil-mobil yang beredar di Indonesia masih menjadi perdebatan | PT Rifan Financindo Berjangka

 

 

PT Rifan Financindo Berjangka

Koito sendiri tak mau mengomentari perihal gugatan yang dilayangkan konsumennya. “Saya baru saja membaca (gugatan) itu di media massa hari ini. Jadi saya belum bisa memberikan komentar,” kata Koito.

“Maaf sekali lagi saya baru saja membaca beritanya hari ini jadi maaf saya belum bisa kasih komentar,” jawab Koito sekali lagi saat didesak pertanyaan lain terkait gugatan tiga orang pemilik Nissan Elgrand itu.

Karena tidak adanya ban serep yang berpotensi melanggar undang-undang lalu lintas, tiga pemilik Nissan Elgrand menggugat PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Mereka menganggap langkah Nissan menjual Elgrand tanpa ban serep merupakan perbuatan melawan hukum karena melanggar peraturan yang berlaku.

“Nissan Indonesia selalu mengikuti regulasi di Indonesia, itu pasti. Tentang ban serep, banyak negara sekarang menuju ke mobil tanpa ban serep. Banyak mobil di negara lain seperti di Jepang dan Eropa, mereka sudah tidak memiliki ban cadangan,” kata Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Eiichi Koito menjawab pertanyaan detikOto saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (6/6/2018) semalam.

Di beberapa negara yang disebut Koito memang sudah menuju kendaraan tanpa ban serep. Langkah penghilangan ban serep ini dimaksudkan agar mengurangi bobot kendaraan. Ujung-ujungnya bisa meningkatkan efisiensi BBM serta untuk mengurangi cost.

( Baca : Siapa Operator Seluler di Indonesia Punya 4G LTE Paling Kencang? )

 

Meski begitu, ada beberapa pabrikan yang menjual mobilnya tanpa menyertakan ban serep. Mobil-mobil itu biasanya menggunakan ban berjenis run flat tire, yaitu ban yang kalau sudah bocor masih bisa digunakan dengan jarak dan kecepatan maksimal tertentu. Ada pula pabrikan mobil yang pakai ban biasa dan tidak menyertakan ban serep, tapi terdapat peralatan penambal ban (repair kit).

Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 57 mengatur, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dengan perlengkapan kendaraan bermotor. Salah satu perlengkapannya adalah ban cadangan.

Kalau tidak ada perlengkapan tersebut, ada sanksinya menurut undang-undang itu. Di Pasal 278 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor beroda empat atau lebih di jalan yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berupa ban cadangan, segitiga pengaman, dongkrak, pembuka roda, dan peralatan pertolongan pertama pada kecelakaan dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling paling banyak Rp 250.000.

Ban serep di mobil-mobil yang beredar di Indonesia masih menjadi perdebatan. Mengikuti teknologi yang lebih maju, beberapa pabrikan mobil sudah tidak melengkapi produknya dengan ban serep. Sebaliknya, peraturan di Indonesia masih mengharuskan tiap mobil membawa ban serep.

 

Soal Gugatan Elgrand, Apa Kata Nissan Indonesia? | PT Rifan Financindo Berjangka

Dalam petitiumnya, para penggugat meminta kepada Majelis Hakim, antara lain menyatakan para tergugat telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum. Lalu, memerintahkan Menteri Perhubungan untuk membatalkan Sertifikat Uji Tipe terhadap Mobil Merek Nissan Tipe Elgrand 2.5 Highway Star (4×2) A/T.

Selain itu, menghukum Nissan indonesia secara tanggung renteng untuk mengembalikan kepada Penggugat I, Penggugat II, dan Penggugat III berupa uang masing-masing sebesar Rp 830 juta, dan memerintahkan kepada para penggugat untuk mengembalikan mobil tersebut kepada Nissan Indonesia.

Terkait hal ini, PT Nisan Motor Indonesia (NMI) belum bisa memberikan konfirmasi lebih lanjut. Bahkan, melalui Head of Communication PT NMI, Hana Maharani, jenama asal Jepang ini belum bisa berkomentar lebih banyak.

“Kita baru tahu dari media, jadi belum bisa berkomentar lebih lanjut,” jelas Hana kepada I, Rabu (6/6/2018)

Gugatan tiga konsumen Nissan Elgrand soal ban cadangan telah terdaftar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan itu terdaftar dengan Nomor Registrasi 317/PDT.G/2018/PN.JKT.PST.

Nissan Indonesia Bungkam Soal Gugatan Konsumen |PT Rifan Financindo Berjangka

Meski tidak ada tempat untuk ban serep ketika mobil diimpor, tapi sebelum dijual di dalam negeri, pihaknya menginstal ban cadangan di tempat yang memungkinkan di dalam mobil, khususnya Elgrand. “Regulasi di Indonesia, tentu saja mewajibkan itu (memasang ban cadangan). Jadi memang tidak ada tempatnya dari sana, jadi kami instal itu di tempat lainnya di bagian mobil,” ujar Koito. “Jadi bangku baris ketiga di belakangnya masih ada tempat. Jadi ketika kami kirim mobilnya maka ban cadangan kami letakkan di situ,” ujar Koito. Sebenarnya terkait dengan ban cadangan, merek-merek Eropa seperti BMW dan Mercedes Benz juga pernah menjadi objek perbincangan. Namun sampai saat ini diskusinya seolah lenyap, mungkin karena mereka sudah memenuhi aturan yang ada soal ban cadangan.

Namun di komentar lainnnya, Koito menyebut Nissan menjunjung tinggi regulasi yang ada di masing-masing negara, tentu saja salah satunya Indonesia.

Kabar mengejutkan tiba-tiba mencuat di industri otomotif dalam negeri, lantaran pengguna merek Nissan melakukan gugatan hukum, terhadap PT Nissan Motor Indonesia (NMI), Nissan Motor Distributor Indonesia, dan Menteri Perhubungan. Tiga orang tersebut pemilik Nissan Elgrand 2.5 HIGHWAY STAR (4X2) A/T, David Tobing, Agus Soetopo, dan Dessy Tiurlan, di mana melakukan upaya hukum karena tidak tersedianya tempat dan ban cadangan.

Berkesempatan menemui Presiden Direktur NMI Eiichi Koito, pertanyaan terkait masalah tersebut kemudian dilontarkan. Namun dirinya masih belum mau berbicara banyak terkait masalah tersebut. “Saya baru saja membaca itu di media massa hari ini. Jadi saya belum bisa memberikan komentar. Maaf sekali lagi saya baru saja membaca beritanya hari ini,” ujar Koito, Rabu (6/6/2018).

PT Rifan Financindo Berjangka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s